Windows 10 Lemot di RAM 2GB, Apa Sebabnya?

Beranda / Tips & Trik / Windows 10 Lemot di RAM 2GB, Apa Sebabnya?

Windows 10 adalah salah satu sistem operasi buatan Microsoft yang cukup banyak digunakan setelah Windows 7. Namun sayangnya, banyak orang mengeluhkan bahwa Windows 10 lemot di RAM 2GB.

Lalu apakah benar bahwa sistem operasi Windows 10 itu memang terasa berat ketika anda gunakan di laptop ataupun PC dengan RAM 2 GB? Kenapa hal tersebut bisa terjadi?

Dan kira-kira berapakah RAM yang wajib anda pasang di laptop ataupun PC jika ingin menjalankan sistem operasi Windows 10 secara lancar?

Untuk anda yang ingin mengetahui semua hal mengenai Windows 10, anda bisa pelajari hal tersebut di dalam artikel ini.

Kenapa Windows 10 Terasa Lemot Dengan RAM 2GB?

Windows 10 Lemot di RAM 2GB

Sebenarnya kenapa sistem operasi Windows 10 itu akan terasa berat atau lemot ketika anda gunakan dengan RAM 2GB saja?

Semua itu karena memang sistem operasi Windows 10 membutuhkan minimal RAM sebesar 4 GB untuk bisa berjalan secara lancar. Dan RAM sebesar 4 GB itupun sebenarnya masih belum bisa mendukung kinerja Windows 10 secara optimal.

Jika ingin menggunakan Windows 10 secara optimal, maka anda harus memasang RAM 8 GB di PC maupun di laptop anda.

Lalu sebenarnya kenapa Windows 10 akan terasa lemot jika anda pasang di laptop ataupun PC dengan RAM 2GB? Alasannya adalah karena Windows 10 memiliki lebih banyak background task.

Karena background task Windows 10 lebih banyak dari sistem operasi Windows 7, maka RAM yang dibutuhkan juga lebih banyak.

Oleh sebab itu, jika PC maupun laptop anda hanya menggunakan RAM 2 GB, maka RAM tersebut tidak akan cukup untuk menyimpan file-file background task di sistem operasi Windows 10.

Syarat PC atau Laptop Lancar Menjalankan Windows 10

Lalu apakah syarat PC maupun laptop bisa lancar menjalankan sistem operasi Windows 10 itu? Sebenarnya syarat untuk bisa menjalankan Windows 10 dengan lancar itu tidak banyak. Berikut ini adalah beberapa syarat yang harus ada di PC maupun laptop anda:

  • Sudah menggunakan SSD

Syarat pertama untuk bisa menjalankan sistem operasi Windows 10 dengan lancar di PC maupun laptop adalah minimal sudah menggunakan SSD.

Apa itu SSD? SSD merupakan tipe storage yang memiliki kecepatan baca dan tulis yang lebih tinggi daripada HDD.

Karena memiliki banyak background task, maka sudah pasti laptop maupun PC yang menjalankan OS Windows 10 itu juga membutuhkan storage yang bisa membaca dan menulis dengan cepat.

Dengan begitu, maka pengolahan data di dalam laptop maupun PC tidak terhambat karena kecepatan storage rendah.

  • Sudah menggunakan RAM minimal 4 GB

Selain sudah menggunakan SSD, laptop maupun PC yang akan anda pasang dengan sistem operasi Windows 10 juga wajib harus memiliki minimal RAM berkapasitas 4 GB.

Jika memungkinkan, anda bahkan disarankan untuk menggunakan RAM sebesar 8 GB untuk bisa mendukung pengolahan data yang lebih banyak di sistem operasi Windows 10.

Selain kapasitasnya, RAM yang anda gunakan juga disarankan minimal sudah tipe DDR4. Dan jika memungkinkan, anda bisa menggunakan RAM tipe DDR5 yang terbaru.

Cara Khusus Untuk Menggunakan OS Windows 10 Dengan RAM 2 GB

Meskipun memang OS Windows 10 itu disarankan untuk anda gunakan di laptop maupun PC dengan RAM 4 GB, namun sebenarnya anda masih bisa menjalankan sistem operasi tersebut dengan lancar di PC maupun laptop dengan RAM 2 GB.

Hanya saja, memang ada beberapa hal yang harus anda lakukan agar OS Windows 10 tersebut tidak berjalan lemot dengan RAM 2GB.

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus anda lakukan jika ingin bisa menjalankan Windows 10 di PC atau laptop dengan RAM 2 GB:

  • Gunakan Windows 10 versi lama

Jika anda ingin menjalankan OS Windows 10 dengan RAM 2 GB dengan lancar, maka anda disarankan untuk menggunakan OS Windows versi lama.

Jangan mencoba menggunakan Windows 10 versi 20H2 dan seterusnya. Karena versi Windows 10 tersebut sudah sangat berat untuk anda jalankan di laptop maupun PC dengan RAM 2 GB.

  • Gunakan Windows 10 versi lite

Selain menggunakan sistem operasi Windows 10 original, anda juga bisa menggunakan Windows 10 versi lite.

OS Windows versi lite ini adalah OS Windows yang sudah melewati proses modifikasi dari pihak ketiga. Jadi OS Windows ini memang bukanlah OS resmi dari Microsoft.

Kelebihan dari OS Windows 10 lite ini adalah semua fitur-fitur yang membuat OS Windows 10 menjadi berat itu sudah dihilangkan.

  • Delay update sistem Windows 10

Cara terakhir agar anda bisa menggunakan OS Windows 10 dengan lancar di laptop ataupun PC dengan RAM 2 GB adalah dengan delay update sistem Windows 10.

Dengan mengundur jadwal update sistem Windows 10, maka laptop atau PC anda tidak akan mengunduh file-file selama anda menggunakannya.

Selain itu semua, Windows 10 juga bisa anda gunakan dengan lancar di laptop atau RAM 2 GB dengan cara mematikan fitur-fitur pemanisnya seperti fitur efek animasi dan juga fitur 3D.

Dan sebagai tambahan, pastikan untuk lebih sering menghapus file-file cache yang tersimpan di dalam Windows 10. Hal tersebut karena Windows 10 memiliki file cache yang lebih besar daripada Windows 7.

Jadi seperti itulah kenapa Windows 10 lemot di RAM 2GB. Kalau anda sendiri sudah pernah mengalami lemotnya Windows 10 di laptop atau PC dengan RAM 2 GB atau belum?