Cara Membuat Gambar Rumah Minimalis dan Referensi Gambarnya

Membuat gambar rumah minimalis adalah tahap paling awal jika Anda ingin membuat rumah tipe ini. Berikt beberapa tahapan pembuatan gambar dan referensi rumah minimalis.

Membuat gambar rumah minimalis sebelum membangun rumah tentu menjadi langkah awal agar proses pembangunan bisa berjalan lancar. Selain itu, sebagai gambaran awal juga berfungsi menjadi panduan dalam penempatan ruang serta area di dalam rumah.

Gambar Rumah Minimalis

Langkah Membuat Gambar Rumah Minimalis


Menggambar adalah tahap awal sebelum Anda mulai membangun rumah. Dengan menggambar sendiri rumah minimalis impian Anda, semua gagasan yang Anda inginkan bisa tersampaikan dalam gambar tersebut. Cara menggambarnya pun tidak sulit, berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti.

1. Menyesuaikan dengan Kebutuhan

Rumah minimalis memiliki kekurangan dalam hal ketersediaan lahan. Karena itu, ketika membuat gambar rumah minimalis yang Anda inginkan, sesuaikan jumlah ruang di dalam rumah dengan kebutuhan Anda.

Menuliskan daftar aktivitas yang sering dilakukan oleh anggota keluarga akan membantu dalam membuat daftar ruangan yang harus ada dan dibutuhkan di dalam rumah.

2. Kumpulkan Referensi sebagai Bahan Inspirasi

Karena membuat sendiri, beberapa dari Anda mungkin masih awam dengan gambar dan desain rumah, ada baiknya Anda banyak-banyak mencari referensi gambar. Hal ini juga akan membantu Anda mendapatkan inspirasi tentang bagaimana membuat gambar rumah minimalis yang baik.

Ada berbagai cara untuk mendapatkan referensi dan inspirasi ini. Anda bisa melihat contoh rumah saudara atau teman Anda yang sudah jadi. Mengunjungi pameran desain atau membaca majalah tentang desain rumah juga bisa menambah referensi Anda.

3. Mulai Menggambar

Jika sudah mendapatkan referensi dan inspirasi untuk membuat gambar rumah minimalis Anda, selanjutnya Anda sudah bisa mulai menggambar. Mulai dengan membuat lahan di atas kertas millimeter block. Kertas ini akan membantu memudahkan dalam membuat skala bangunan Anda.

4. Implementasikan Setiap Ruangan

Setelah mulai menggambar lahan yang diikuti dengan gambar rumah minimalis di atas kertas milimeter block, selanjutnya tinggal implementasikan program ruangan yang Anda buat. Masukkan daftar ruang yang sudah Anda buat sebelumnya ke dalam gambar Anda.

Hal paling penting adalah pertimbangkan ukuran ruangan yang akan digambar. Keterbatasan lahan juga membuat ukuran ruang yang Anda gunakan juga terbatas. Karena itu, agar jumlah ruang yang dibutuhkan sesuai dengan ketersediaan lahan, maka sesuaikan dengan ukurannya.

5. Melakukan Pengujian Ulang

Setelah memasukkan ruang-ruang dalam gambar rumah minimalis yang dibutuhkan ke atas kertas milimeter block, tak jarang akan ada kesulitan yang dihadapi. Untuk itu, proses pengujian ulang dibutuhkan untuk menemukan letak dan posisi yang pas.

6. Menata Ruang

Terakhir, lakukan penataan posisi setiap ruang di dalam rumah Anda. Menata ruang di dalam rumah bisa disesuaikan dengan fungsinya. Apabila ada ruang yang memiliki fungsi ganda, misalnya ruang TV dan ruang keluarga, ada baiknya jika Anda menggabungkan keduanya.

Referensi Gambar Rumah Minimalis


Setelah mengetahui bagaimana cara menggambar rumah minimalis, berikut adalah beberapa referensi gambar rumah minimalis yang mungkin bisa memberikan Anda inspirasi.

1. Rumah Minimalis dengan Garasi

Kalau Anda memiliki kendaraan bermotor, garasi menjadi hal yang diperlukan dalam membuat rumah. Dalam konsep rumah minimalis, jika tidak ada lahan lebih, Anda bisa memanfaatkan lahan kosong yang tidak dibangun apapun di bagian depan rumah untuk garasi.
Image Source: rumahpedia.info
Image Source: dekorrumah.net
insinyurbangunan.com
Image Source: designrumah.co.id
Image Source: calonarsitek.com
2. Rumah Minimalis dengan Gerbang

Menambahkan gerbang di bagian depan rumah minimalis Anda tidak akan menghabiskan banyak lahan. Gerbang ini memiliki fungsi penting karena akan menjamin keamanan rumah ketika sedang tidak ada orang.
Image Source: rumahkuunik.com
Image Source: dekorrumah.net
Image Source: siapsukses.net
Image Source: azzamstudio.com
Image Source: arsitag.com
Itulah tadi penjelasan tentang bagaimana cara membuat gambar rumah minimalis serta beberapa referensi rumah minimalis yang bisa menjadi inspirasi untuk Anda. Dengan begitu, akan semakin memudahkan Anda dalam membuat rumah minimalis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel