Mengenal Perbedaan pada Gambar Uang Kertas dan Logam yang Baru

Gambar uang di Indonesia baik logam maupun kertas berbeda-beda. Perbedaan tersebut juga termasuk pada gambar uang lama dan baru.

Gambar uang kertas maupun uang logam di Indonesia tentu saja berbeda-beda. Antara satu jenis uang dengan uang yang lainnya memiliki gambar pahlawan maupun lambang negara Indonesia dengan warna yang juga berbeda-beda. Dan dari dulu hingga sekarang gambar yang ada di uang pun tidaklah sama. Pada tahun 2016 lalu, Bank Indonesia mengeluarkan uang logam baru dengan logo atau gambar yang jauh beda dari uang sebelumnya. Berikut ini akan dirangkum beberapa hal mengenai gambar uang di Indonesia.

Gambar Uang

Nama-nama Pahlawan pada Gambar Uang Baru di Indonesia


Gambar uang yang baru masih sama seperti uang-uang sebelumnya, memuat gambar pahlawan Indonesia mulai dari Sabang sampai Merauke. Adapun total pahlawan yang ada di uang kertas di Indonesia yang baru berjumlah 12 wajah pahlawan. Namun dari kedua belas wajah tersebut dipecah ke dalam 11 nominal uang kertas, karena ada dua pahlawan yang dimuat di satu uang kertas.

Kedua belas nama pahlawan yang ada di gambar uang Indonesia yang keluar pada 2016 lalu itu adalah Sukarno-Hatta, Djuanda Kartawidjaja, Sam Ratulangi, Frans Kasiepo, Idham Chalid, Mohammad Hoesni Thamrin, Tjut Meutia, I Gusti Ketut Pudja, T.B. Simatupang, Tjipto Mnagunkusumo, Herman Johannes.

Perbedaan gambar uang lama dengan uang baru


Gambar uang lama yang beredar di Indonesia tentu saja berbeda dengan uang lama. Berikut ini adalah perbedaan uang lama dan baru:

1. Gambar pahlawannya

Gambar uang yang lama dengan yang baru memiliki gambar pahlawan yang berbeda. Contohnya seperti gambar pada uang pecahan Rp 20.000,00 dulunya menggunakan gambar Oto Iskandar Dinata, namun pada uang kertas yang baru menggunakan gambar Sam Ratulangi. Namun kedua proklamator Indonesia masih tetap digunakan pada uang pecahan 100.000,00.

2. Ada frasa Negara Kesatuan Republik Indonesia

Perbedaan berikutnya adalah adanya tulisan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada uang baru, sementara di uang lama tidak ada.

3. Tanda tangan pada uang

Perbedaan gambar uang lama dan baru ada pada tanda tangannya. Jika semula yang bertanda tangan di uang lama adalah Gubernur BI dan Deputi Gubernur Indonesia, maka uang baru ditandatangani oleh Gubernur BI dan Menteri keuangan.

Kumpulan Gambar Uang

Image Source: youtube.com
Image Source: fjb.kaskus.co.id
Image Source: godiscover.co.id
Image Source: akurat.co
Image Source: indonesiaone.org
Image Source: blog.ruangguru.com
Image Source: id.wikipedia.org
Image Source: bukalapak.com
Image Source: yisluth.wordpress.com
Image Source: id.wikipedia.org
Image Source: colnect.com

Pahlawan pada Gambar Uang Logam Baru


Gambar uang kertas dan logam yang baru beredar di Indonesia pada tahun 2016 lalu tentu saja sudah Anda ketahui. Selain pada uang kertas, ada perbedaan gambar pahlawan juga pada uang logam. Pertama adalah wajah pahlawan pada uang Rp 100,00, yang memuat gambar pahlawan dari Rote, NTT, yaitu Herman Johannes. Ia dulu ikut melindungi Indonesia dari agresi militer Belanda dan juga pada saat Serangan Umum 1 Maret 1949.

Pada koin Rp 200,00 terdapat wajah pahlawan Tjipto Mangunkusumo, salah satu anggota tiga serangkai bersama Douwes Dekker dan Ki Hadjar Dewantara. Kemudian yang ketiga adalah Letjen TNI TB Simatupang pada uang koin 500, ia dikenal sebagai perancang strategi perang yang bagus ketika melawan penjajah. Kemudian ada I Gusti Ketut Pudja pada uang koin 1.000. I Ketut Pudja adalah pahlawan dari Bali yang mendapat gelar pahlawan pada tahun 2011. Ia ikut merumuskan naskah teks proklamasi bersama PPKI.

Nah, itulah tadi gambar uang yang ada di Indonesia dengan pahlawan-pahlawannya. Ada berbagai perbedaan yang ada pada uang lama dan baru. Sehingga Anda harus cermat dalam melihat perbedaan tersebut agar tidak ditipu dengan uang palsu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel