Pengertian, Kriteria, Macam, dan Cara Membuat Gambar Unik

Sebuah gambar unik baru bisa diakui apabila mengusung hal yang baru dari biasanya. Selain itu juga membutuhkan daya kreasi serta imajinasi yang lebih dibandingkan menggambar biasanya.

Membuat sebuah gambar unik memang tidak semudah menggambar gambaran biasa lainnya. Sebuah gambar bisa dikatakan unik apabila berbeda dengan yang lainnya. Sekarang ini semua orang sudah sangat mudah untuk mengekspresikan perasaannya. Banyak sekali wadah yang bisa dipilih untuk menyalurkan berbagai bakat dalam bidang menggambar. Apalagi, daya imajinasi setiap orang memiliki kapasitas yang tidak pernah terbatas.

Gambar Unik

Pengertian Gambar Unik


Gambar unik adalah sebuah gambar yang berbeda dengan yang lainnya, tak hanya dari segi bentuk saja, namun juga pola yang digunakan. Banyak orang yang memiliki bakat menggambar, akan tetapi hanya sedikit yang bisa menggambar dengan hasil yang unik. Sebab, ada beberapa macam kriteria yang dapat membuat gambar bisa dikatakan sebagai sebuah hasil yang unik.

Sebenarnya, gambar yang memiliki keunikan tidak hanya bisa dilihat dari segi tampilannya saja. Melainkan ada juga hal lainnya yang dapat membuat gambar tersebut dikatakan sebagai hasil yang unik. Maka dari itu, bakat saja tidak cukup untuk bisa membuat sebuah gambar menjadi unik karena dibutuhkan juga imajinasi yang bagus untuk mewujudkannya.

Kriteria Gambar Unik


Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya jika sebuah gambar tidak bisa dikatakan unik apabila belum memenuhi beberapa kriteria. Kriteria tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Berbeda Dari yang Lain

Jika di dalam gambar tersebut terdapat kemiripan dengan gambar-gambar yang lainnya maka belum bisa dikatakan sebagai gambar unik. Untuk bisa menjadi berbeda dengan yang lainnya, tentu membutuhkan pemikiran yang lebih imajinatif dan juga kreatif.

2. Tema Menarik

Agar bisa dikatakan gambar unik, sebuah gambar harus mengusung tema yang menarik. Carilah tema-tema yang belum pernah dipikirkan oleh orang yang lainnya. Tidak papa meskipun Anda dianggap aneh karena yang terpenting adalah hasil dari gambar yang dibuat bisa berbeda dengan yang lainnya.

3. Inovatif

Kriteria yang satu ini harus ada pada gambar-gambar unik, bahkan menjadi kriteria yang paling penting. Inovatif artinya adalah selalu menciptakan hal-hal yang baru atau berusaha menghadirkan sensasi yang baru. Meskipun hal-hal yang baru tidak bisa semuanya dikatakan unik, akan tetapi jika sudah ditambahi dengan sentuhan imajinatif maka akan sangat mudah membuatnya menjadi unik.

Macam-macam Gambar Unik


Tentunya, ada pengelompokan tersendiri gambar-gambar yang dikatakan sebagai hal yang unik. Berikut ini adalah macam-macam gambar unik yang perlu Anda ketahui.

1. Abstrak

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah satu ini. Namun, terkadang banyak yang menganggap jika abstrak adalah sesuatu yang aneh dan tidak memiliki makna. Padahal, gambar-gambar yang abstrak justru merupakan gambar yang unik dan sangat menarik. Apalagi, semua orang bisa dengan bebas memaknai sebuah gambar yang abstrak.
Image Source: karnavalotto.blogspot.com
Image Source: id.aliexpress.com
Image Source: kameraphotographer.blogspot.com
2. Naturalis

Gambar naturalis adalah gambar-gambar yang berhubungan dengan kondisi alam, baik itu pemandangannya, hewan, maupun tumbuhan. Namun, yang bisa membuat gambar jenis naturalis ini unik adalah karena membuat gambar-gambar hasil dari perpaduan.
Image Source: iluszi.blogspot.com
Image Source: yuksinau.id
Image Source: iluszi.blogspot.com

Cara Membuat Gambar Unik


Membuat gambar unik sebenarnya adalah hal yang mudah, yang terpenting Anda harus memikirkan terlebih dahulu kira-kira tema apa yang ingin diambil. Setelah menentukan tema, coba saja membuat gambar yang berbeda dari aslinya. Misal jika Anda ingin menggambar pantai, jangan gambar seperti pemandangan yang terlihat di sekitar, namun pikirkan hal unik lainnya seperti misalnya menambahkan pohon kelapa di tengah-tengahnya.

Itulah sedikit informasi mengenai apa saja hal-hal yang berkaitan dengan gambar unik. Siapa saja bisa membuat sebuah gambar yang unik asalkan memperhatikan beberapa kriteria yang sudah disebutkan di atas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel