Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dampak Buruk Limbah Bagi Manusia dan Lingkungan

Setelah memahami karakteristik dan jenis limbah, sekarang kamu akan mengetahui dampak limbah bagi lingkungan dan kesehatan manusia. Berikut beberapa dampak limbah bagi kesehatan manusia dan lingkungan.

Dampak Limbah terhadap Kesehatan Manusia

Limbah sangat berbahaya bagi kesehatan manusia. Selain memberikan aroma yang tidak sedap dari baunya, ternyata limbah juga sangat berbahaya bagi organ kesehatan manusia. Berbagai macam penyakit dapat timbul jika di sekitar kita terdapat banyak limbah. Penyakit yang ditimbulkan dapat berupa penyakit ringan bahkan sampai penyakit yang mematikan.

Berikut ini beberapa jenis gangguan dan penyakit yang dapat menyerang manusia akibat limbah antara lain sebagai berikut.
  1. Keracunan Akibat Limbah
  2. Gangguan pencernaan (diare).
  3. Jamuran pada kulit.
  4. Sesak napas.
  5. Gangguan pada syaraf.
  6. Terjangkit penyakit tifus.
Limbah asap dapat menyebar dengan cepat dan menimbulkan dampak bagi kesehatan manusia serta mengganggu penerbangan dan wisata
Gambar Limbah asap dapat menyebar dengan cepat dan menimbulkan dampak bagi kesehatan manusia serta mengganggu penerbangan dan wisata

Dampak Limbah terhadap Lingkungan

Selain berdampak negatif bagi rnanusia, limbah juga berdampak negatif bagi lingkungan. Dampak negatif limbah yang sering kita lihat adalah menurunnya kualitas lingkungan sebagai tempat tinggal berbagai makhluk hidup. Lingkungan yang tercemar limbah akan menjadi bau, kotor, dan tidak enak dilihat.

Apabila keadaan tersebut berlangsung terus menerus, maka akan mematikan organisme yang ada di sekitarnya. Jika organisme mati dan lingkungan meniadi tercemar, maka akan terjadi perubahaan ekosistem di daerah tersebut bahkan tidak menutup kemungkinan dapat mengganggu keseimbangan ekosistem lainnya secara keseluruhan.

Selain pencemaran air, pencemaran limbah ke udara juga akan mengakibatkan berbagai masalah lingkungan, seperti bau tidak sedap dan penyebaran penyakit melalui udara yang mengandung patogen berbahaya. Asap yang ditimbulkan dari kendaran bermotor, pembakaran sampah, maupun asap industri-industri besar merupakan sumber-sumber pencemaran udara. Pembakaran sampah berbahan plastik tertentu bahkan dapat bersifat karsinogenik dan menimbulkan kanker apabila terhirup oleh manusia.