Sebutkan Macam Macam Venturi yang Ada Pada Karburator Motor

Beranda / Otomotif / Sebutkan Macam Macam Venturi yang Ada Pada Karburator Motor

Salah satu bagian terpenting di dalam sebuah karburator itu adalah venturi. Berbicara soal venturi, ternyata karburator itu ada banyak jenisnya berdasarkan venturinya. Lalu sebutkan macam macam venturi yang ada pada karburator itu.

Jika selama ini anda menganggap bahwa hanya ada satu macam jenis karburator saja, maka anda perlu mempelajari mengenai apa saja jenis karburator berdasarkan venturinya.

Untuk anda yang ingin mengetahui apa saja jenis karburator berdasarkan venturinya, anda bisa pelajari lebih detail mengenai hal tersebut di dalam artikel ini.

Apa Itu Karburator?

Sebelum menjelaskan mengenai macam-macam jenis karburator berdasarkan venturinya, anda perlu mengetahui terlebih dahulu mengenai apa itu karburator.

Karburator memang sudah mulai tidak terpakai lagi. Kebanyakan kendaraan keluaran baru sudah menggunakan injektor untuk memberikan suplai bahan bakar dan udara ke dalam mesin.

Namun saat pertama kali ditemukan, semua kendaraan menggunakan karburator sebagai jantung mesin. Lalu apa sebenarnya karburator itu?

Karburator merupakan sebuah alat yang bisa mencampurkan antara udara dengan bahan bakar. Setelah tercampur di karburator, campuran udara dan bahan bakar tersebut mengalir ke dalam ruang pembakaran mesin.

Jadi secara mudahnya, jika tidak ada karburator, maka mesin kendaraan tidak akan bisa menyala dan anda kendarai.

Apa Itu Venturi Karburator?

Lalu apa maksud dari venturi karburator itu? Maksud dari venturi karburator ini adalah lubang yang menjadi tempat udara masuk dan juga keluar.

Secara mudahnya, venturi ini adalah lubang hisap yang mencampurkan antara bahan bakar dan juga udara. Makin besar lubang venturi , maka biasanya akan makin besar juga tenaga mesin. Namun demikian, semua juga tetap harus disesuaikan dengan suplai bahan bakar.

Beragam Jenis Venturi Karburator Motor

Sebutkan Macam Macam Venturi yang Ada Pada Karburator

Lalu apa saja macam macam venturi yang ada pada karburator sebutkan itu? Seperti yang sudah anda ketahui, jenis venturi pada karburator itu ada banyak.

Namun dari sekian banyak jenisnya, hanya ada 3 jenis yang cukup sering digunakan di motor produksi masal. Berikut ini adalah macam macam venturi yang ada pada karburator tersebut:

1. Venturi tetap

Jenis venturi karburator yang pertama adalah venturi tetap atau juga terkenal dengan sebutan fixed venturi. Tipe ini adalah tipe yang paling umum dan paling banyak digunakan di motor produksi massal.

Lalu apa maksud dari karburator dengan venturi tetap itu? Maksud dari venturi tetap itu adalah lubang venturi di bagian karburator tidak bisa anda ubah.

2. Venturi variabel

Selain venturi tipe tetap atau fixed, ada juga karburator dengan tipe venturi variabel. Seperti namanya, ukuran venturi dari karburator variabel ini bisa berubah-ubah sesuai dengan kebutuhan mesin.

Tipe karburator dengan venturi variabel ini memang biasanya ada di motor-motor sport dengan kapasitas mesin minimal 150 cc. Salah satu contoh tipe karburator dengan venturi variabel adalah karburator PE, PWK, dan masih banyak lagi.

3. Venturi vakum

Jenis karburator berikutnya adalah yang menggunakan venturi vakum. Karburator vakum ini sebenarnya merupakan kombinasi dari karburator dengan venturi tetap dan juga variabel.

Hanya saja, mekanisme bukaan venturinya menggunakan mekanisme vakum. Jadi yang menentukan besar kecilnya ukuran venturi di karburator ini adalah kehampaan udara di salah satu sisi.

Karburator dengan venturi vakum ini bisa anda temukan di banyak motor-motor matic seperti Yamaha Mio, Honda Beat, dan masih banyak lagi.

Beragam Jenis Karburator Dilihat dari Skepnya

Selain ada macam macam venturi yang ada pada karburator sebutkan, ada juga banyak macam skep pada karburator. Oleh sebab itu, karburator juga bisa anda bedakan dari skepnya atau katup gasnya.

Berikut ini adalah beberapa jenis karburator jika anda membedakannya dari skep atau katup gasnya:

1. Karburator PE

Jenis karburator yang pertama jika anda melihat dari skep atau katup gasnya adalah karburator PE. Ciri dari karburator PE ini biasanya ada di bagian setelan stationernya. Karburator PE memiliki setelan stationer warna kuning atau hitam.

Lalu seperti apakah skep dari karburator PE tersebut? Karburator PE memiliki skep berbentuk bulat sempurna. Skep tersebut juga sudah terlapisi dengan chrome.

Dengan memiliki skep bulat sempurna dan lapisan chrome, maka karburator ini paling cocok untuk motor-motor yang memiliki mesin lebih dari 110 cc. Hal tersebut karena karburator ini adalah jenis karburator motor kecepatan tinggi.

2. Karburator PJ

Selain karburator PE, ada juga karburator tipe PJ. Perbedaan antara karburator PE dan PJ terletak pada bentuk skepnya.

Karburator PJ memiliki skep berbentuk oval dengan lapisan chrome. Karena memiliki skep berbentuk oval, maka sudah pasti karburator ini sangat boros.

Tipe karburator PJ ini hanya terdapat pada motor-motor dengan jenis mesin 2 tak. Hal tersebut karena karburator ini bisa memberikan suplai bahan bakar yang memadai untuk mesin 2 tak.

3. Karburator PWL

Jika anda menganggap bahwa karburator PJ adalah yang paling boros, maka anda perlu melihat karburator PWL. Karburator dengan skep berbentuk flat ini adalah yang paling boros bahan bakar.

Hal tersebut karena karburator ini memang merupakan karburator tipe kompetisi. Secara mudahnya, karburator ini hanya bisa anda temukan pada motor-motor kompetisi seperti motor cross, motor road race, dan sebagainya.

4. Karburator TM

Jenis karburator berikutnya jika anda lihat dari skepnya adalah karburator TM. Karburator TM Ini adalah karburator yang memiliki skep dengan bentuk kotak.

Jika melihat dari performanya, karburator TM ini memang jauh lebih baik daripada karburator tipe PE. Hanya saja, karburator ini tidak begitu banyak terpasang pada motor produksi masal. Salah satu alasannya adalah karena biaya produksinya yang cukup mahal.

5. Karburator TMX

Tipe karburator berikutnya dari segi skep adalah karburator TMX. Karburator tipe ini adalah penyempurnaan dari tipe TM.

Bentuk skep di karburator tipe TMX ini adalah setengah lingkaran. Karena memiliki bentuk skep seperti itu, maka karburator TMX ini bisa memberikan suplai bahan bakar dan udara yang mencukupi untuk semua kondisi RPM mesin.

Namun sayangnya, karburator TMX ini juga akhirnya hanya untuk tujuan kompetisi saja. Sekali lagi, alasannya adalah karena biaya produksinya masih terlalu mahal.

Apa Jenis Karburator yang Paling Umum?

Dari semua macam macam venturi dan skep yang ada pada karburator sebutkan, manakah yang paling umum digunakan? Dari semua tipe karburator tersebut, yang paling umum adalah tipe venturi tetap dan juga PJ maupun PE.

Hal tersebut karena semua jenis karburator tersebut jauh lebih cocok untuk motor-motor produksi masal. Selain itu, perawatan karburator dengan venturi tetap dan skep berbentuk bulat dan oval itu jauh lebih mudah.

Bagaimana? Sekarang anda sudah paham tentang sebutkan macam macam venturi yang ada pada karburator? Kalau motor anda sendiri menggunakan karburator jenis apa?