Cara Buka Youtube Sambil Buka Aplikasi Lain di Android Tanpa Aplikasi

Beranda / Teknologi / Cara Buka Youtube Sambil Buka Aplikasi Lain di Android Tanpa Aplikasi

Tidak sedikit orang yang sebenarnya suka menonton video di Youtube sambil melakukan aktivitas lainnya. Oleh sebab itu, tidak heran jika banyak orang mencari cara buka Youtube sambil buka aplikasi lain di Android tanpa aplikasi.

Dengan bisa membuka aplikasi Youtube bersamaan dengan aplikasi lainnya, maka anda jelas bisa jauh lebih produktif. Selain bisa menikmati konten di channel yang anda suka, anda juga bisa mengerjakan hal lain di dalam HP Android anda.

Lalu apakah ada cara buka Youtube sambil buka aplikasi lain di Android tanpa aplikasi? Untungnya, sekarang anda sudah bisa membuka aplikasi Youtube bersamaan dengan aplikasi lain di HP Android.

Cara Buka Youtube Sambil Buka Aplikasi Lain di Android Tanpa Aplikasi

Jika anda ingin tau bagaimana cara membuka aplikasi Youtube dan aplikasi lain secara bersamaan di HP Android, anda bisa baca penjelasannya di dalam artikel ini.

Syarat Untuk Bisa Membuka Youtube Bersamaan Dengan Aplikasi Lain

Sebelum membahas mengenai cara menjalankan apliaksi Youtube bersamaan dengan aplikasi lain di HP Android, pertama-tama anda harus mengetahui terlebih dahulu bahwa hal tersebut tidak bisa anda lakukan di sembarang HP Android.

Ada persyaratan yang harus terpenuhi jika anda ingin bisa membuka aplikasi Youtube bersamaan dengan aplikasi lain di dalam HP Android.

Berikut ini adalah beberapa syarat untuk bisa menjalankan 2 aplikasi secara bersamaan di dalam HP Android anda:

  1. Minimal sudah menggunakan sistem operasi Android 8.0

Syarat pertama untuk bisa membuka Youtube sambil buka aplikasi lain adalah harus sudah menggunakan minimal sistem operasi Android versi 8.0 atau lebih dikenal dengan sebutan Android Oreo.

Kenapa minimal harus sudah menggunakan HP dengan sistem operasi Android versi 8.0? Hal tersebut karena di sistem operasi Android versi 8.0 itu sudah terdapat fitur bernama split screen.

  1. Memiliki RAM dengan kapasitas minimal 2 GB

Selain sudah menggunakan sistem operasi Android versi 8.0, HP Android yang bisa anda gunakan untuk membuka Youtube sambil buka aplikasi lain juga harus memiliki RAM dengan kapasitas minimal 2 GB.

Kenapa harus memiliki RAM dengan minimal 2 GB? Hal tersebut karena untuk menjalankan 2 aplikasi secara bersamaan, terutama aplikasi Youtube, HP membutuhkan RAM yang cukup besar.

Jika HP Android anda hanya memiliki RAM berkapasitas 1 GB saja, maka kemungkinan besar HP tersebut tidak akan bisa berfungsi dengan lancar jika anda gunakan untuk membuka 2 aplikasi secara bersamaan.

  1. Sudah mengaktifkan fitur Split Screen

Syarat berikutnya jika anda ingin bisa membuka Youtube sambil buka aplikasi lain di HP Android adalah dengan mengaktifkan fitur Split Screen.

Apa itu fitur split screen? Fitur split screen adalah fitur yang bisa menjalankan 2 aplikasi secara bersamaan. Namun demikian, tidak semua aplikasi bisa anda jalankan secara bersamaan.

  1. Aplikasi harus kompatibel untuk dijalankan secara bersamaan

Meskipun sudah memenuhi 3 syarat sebelumnya, bukan berarti anda pasti bisa membuka Youtube bersamaan dengan aplikasi lainnya di dalam HP Android anda.

Kenapa? Hal tersebut karena tidak semua aplikasi memang kompatibel untuk anda buka bersamaan dengan aplikasi Youtube.

Sebagai contohnya, aplikasi game apapun tidak akan bisa anda buka secara bersamaan dengan aplikasi Youtube.

Oleh sebab itu, syarat terakhir yang harus anda penuhi adalah aplikasinya harus kompatibel untuk anda buka bersamaan dengan aplikasi Youtube.

Langkah-Langkah Buka Youtube Sambil Buka Aplikasi Lain di Android Tanpa Aplikasi

Setelah paham mengenai apa saja syarat untuk bisa membuka aplikasi Youtube bersamaan dengan aplikasi lain di dalam HP Android anda, lalu bagaimanakah cara menjalankan aplikasi Youtube bersamaan dengan aplikasi lain di Android tanpa aplikasi?

Bagi anda yang sudah memenuhi semua syarat yang dijelaskan sebelumnya, anda bisa mengikuti panduan berikut ini untuk bisa membuka Youtube bersamaan dengan aplikasi lain di dalam satu HP Android:

  1. Buka terlebih dahulu aplikasi Youtube yang terpasang di dalam HP Android anda. Pastikan aplikasi Youtube yang anda pasang adalah aplikasi resmi dari Playstore.
  2. Setelah itu, cari video Youtube yang ingin anda tonton.
  3. Jika video sudah anda putar, anda bisa menekan tombol Opsi yang berbentuk 3 garis vertikal.
  4. Bila anda memenuhi syarat yang sudah disebutkan sebelumnya, seharusnya anda bisa melihat menu Split Screen di bagian atas layar HP Android anda.
  5. Jika menu Split Screen muncul di bagian atas layar HP anda, maka anda bisa menekan menu tersebut.
  6. Setelah mengaktifkan menu Split Screen, maka anda harus menekan dan menahan agak lama untuk memilih aplikasi yang ingin anda buka secara bersamaan. Pilih aplikasi Youtube pada bagian ini.
  7. Bila anda berhasil, maka aplikasi Youtube akan ditampilkan di layar bagian atas HP Android anda.
  8. Kemudian anda bisa memilih aplikasi lain untuk anda jalankan di layar bagian bawah HP Android anda.

Anda bisa mencoba menjalankan aplikasi apapun secara bersamaan dengan aplikasi Youtube. Namun demikian, terkadang ada aplikasi yang tidak bisa anda jalankan secara bersamaan dengan aplikasi Youtube.

Jika aplikasi pilihan anda memang tidak bisa anda jalankan dengan aplikasi Youtube, maka biasanya aplikasi Youtube akan kembali berjalan secara normal di seluruh layar HP Android anda.

Jadi bagaimana? Sekarang sudah cukup paham bukan mengenai bagaimana cara buka Youtube sambil buka aplikasi lain di Android tanpa aplikasi?

Kalau anda sendiri, biasanya anda menjalankan aplikasi Youtube tersebut bersama dengan aplikasi apa di dalam HP anda?