Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian dan Tujuan Kesehatan Kerja

Menurut Suma'mur, kesehatan kerja adalah spesialisasi dalam ilmu kesehatan/kedokteran beserta praktiknya yang bertujuan agar pekerja atau masyarakat pekerja memperoleh derajat kesehatan setinggi-tingginya, baik fisik, mental, maupun sosial dengan usaha preventif dan kuratif terhadap penyakit/gangguan kesehatan yang diakibatkan faktor-faktor pekerjaan dan lingkungan kerja serta terhadap penyakit umum.

Pengertian dan Tujuan Kesehatan Kerja

Kesehatan kerja adalah suatu ilmu yang penerapannya untuk mengetahui, menilai, dan mengendalikan faktor-faktor bahaya terhadap lingkungan kerja yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan ataupun penyakit akibat kerja.

Tujuan kesehatan kerja adalah sebagai berikut.
  1. Meningkatkan dan memelihara derajat kesehatan tenaga kerja setinggi-tingginya, baik fisik, mental, maupun sosial di semua lapangan pekerjaan.
  2. Mencegah timbulnya gangguan kesehatan yang disebabkan oleh kondisi lingkungan kerja.
  3. Melindungitenaga kerja dari bahaya yang ditimbulkan akibat pekerjaan.
  4. Menempatkan tenaga kerja pada lingkungan kerja yang sesuai dengan kondisi fisik, faal tubuh, dan mental psikologis tenaga kerja yang bersangkutan.
  5. Menciptakan lingkungan kerja yang aman, nyaman, dan sehat; tercapainya derajat kesehatan tenaga kerja yang setinggi-tingginya; serta mendukung peningkatan ensiensi dan produktivitas kerja.