Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ruang Lingkup, Prinsip, dan Manfaat dari Keselamatan Kerja

Definisi Keselamatan Kerja

Keselamatan kerja (safety) adalah suatu usaha untuk menciptakan keadaan lingkungan kerja yang aman dan bebas dari kecelakaan. Keselamatan kerja menjamin keadaan, keutuhan, dan kesempurnaan, baik jasmaniah maupun rohaniah manusia, serta hasil karya dan budayanya tertuju pada kesejahteraan masyarakat pada umumnya dan manusia pada khususnya. Menurut Suma'mur, keselamatan kerja merupakan rangkaian usaha untuk menciptakan suasana kerja yang aman dan tentram bagi para karyawan yang bekerja di perusahaan yang bersangkutan.

Keselamatan kerja merupakan sarana utama pencegahan kecelakaan, cacat, dan kematian sebagai ' akibat kecelakaan dalam melakukan kerja. Keselamatan kerja menyangkut segenap proses produksi dan distribusi, baik barang maupun jasa. Keselamatan kerja merupakan tugas semua orang yang bekerja. Keselamatan kerja adalah dari, oleh, dan untuk-setiap tenaga kerja, serta orang lain dan masyarakat pada umumnya.

Keselamatan Kerja

Prinsip Keselamatan Keria

Tujuan keselamatan kerja adalah menciptakan sistem kerja yang aman mulai dari input, proses, dan output; mencegah terjadinya kerugian (loss), baik moril ataupun materiil akibat terjadinya kecelakaan; serta melakukan pengendalian terhadap risiko yang ada di tempat kerja. Jadi, prinsip keselamatan kerja adalah bekerja sesuai prosedur atau langkah kerja tertentu, menggunakan alat yang tepat sesuai dengan fungsinya, melakukan perawatan umum yang meliputi kebersihan dan keindahan tempat kerja, serta setiap pekerja harus memahami situasi area kerja dalam kaitannya dengan tindakan penyelamatan iika terjadi kecelakaan.

Di dalam keselamatan kerja ada beberapa prinsip yang harus diterapkan, yaitu sebagai berikut.
  1. Melindungi kesehatan pekerja.
  2. Meningkatkan efisiensi kerja
  3. Mencegah terjadinya kecelakaan kerja dan penyakit pada pekerja.

Manfaat Keselamatan Kerja di Tempat Kerja

Manfaat menerapkan keselamatan kerja di tempat kerja terutama dalam bidang perhotelan dan jasa pariwisata, di antaranya terhindar dari risiko yang berakibat fatal, memiliki rasa percaya terhadap apa yang dilakukannya, dan memiliki jaminan keamanan yang tinggi. Tindakan keselamatan kerja bertUiUan untuk me“jamin keutuhan dan kesempurnaan, baik jasmani maupun rohani manusia. Hasil kerja dan budaya tertuju pada kesejahteraan masyarakat pada umumnya.

Keselamatan kerja manusia secara terperinci dalam bidang perhotelan, di antaranya mencegah terjadinya kecelakaan, mencegah dan atau mengurangi terjadinya penyakit akibat pekerjaan, mencegah dan atau mengurangi cacat tetap, mencegah dan atau mengurangi kematian, serta mengamankan material, konstruksi, dan pemeliharaan yang semuanya menuju pada peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan umat manusia. Adapun manfaat keselamatan kerja di bidang perhotelan kerja adalah sebagai berikut.
  1. Mengantisipasi keberadaan faktor penyebab bahaya dan melakukan pencegahan sebelumnya.
  2. Memahami jenis-jenis bahaya yang ada di tempat kerja.
  3. Mengevaluasi tingkat bahaya di tempat kerja.
  4. Mengendalikan terjadinya bahaya atau komplikasi.