Jaringan Tidak Muncul di HP Vivo, Apa Sebabnya?

Beranda / Tips & Trik / Jaringan Tidak Muncul di HP Vivo, Apa Sebabnya?

HP Vivo yang anda miliki tiba-tiba tidak menangkap sinyal provider? Lalu apa yang menjadi penyebab jaringan tidak muncul di HP Vivo?

Hilangnya sinyal pada HP Vivo memang sudah cukup lama dikeluhkan oleh beberapa pengguna. Namun anehnya, masalah ini tidak muncul di semua tipe HP Vivo. Hanya ada beberapa HP Vivo saja yang dilaporkan mengalami masalah tersebut.

Lalu apa yang bisa menjadi penyebab hilangnya sinyal pada HP Vivo tersebut? Selain itu, bagaimana caranya mengatasi masalah tersebut?

Jika anda saat ini mengalami masalah yang sama, maka anda bisa mempelajari apa penyebab serta solusinya di dalam artikel ini.

Hal yang Menyebabkan Jaringan Tidak Muncul di HP Vivo

Jaringan Tidak Muncul di HP Vivo

Seperti yang sudah disebutkan, terkadang beberapa tipe HP Vivo itu mengalami masalah tidak menangkap jaringan provider sama sekali.

Ketika mengalami masalah tersebut, banyak pemilik HP Vivo menganggap bahwa IMEI HPnya terblokir. Namun ketika masuk ke dalam menu About Phone, IMEI HP masih terdeteksi.

Lalu apa yang bisa menyebabkan jaringan tidak muncul di HP Vivo? Ternyata, masalah tersebut bisa terjadi karena beberapa hal berikut ini:

  • Overheat

Hal pertama yang paling sering menjadi penyebab kenapa sinyal di HP Vivo seri tertentu sering tidak muncul adalah karena overheat.

Ketika suhu HP terlalu panas, maka hal tersebut mempengaruhi IC receiver. Karena kinerja IC receiver menurun, maka otomatis IC tersebut tidak bisa menangkap sinyal provider dengan sempurna.

  • Bug pada sistem UI

Selain karena overheat, hal berikutnya yang juga sering menjadi penyebab jaringan tidak muncul di HP Vivo adalah karena adanya bug pada sistem UI.

Hal ini kerap terjadi pada HP Vivo yang sudah menggunakan UI Funtouch OS 12. Oleh sebab itu, jika anda saat ini masih menggunakan UI seri tersebut, sebaiknya segera perbarui ke Funtouch 13.

  • IC Receiver mulai melemah

Hal berikutnya yang juga merupakan salah satu penyebab jaringan tidak muncul di HP Vivo adalah karena IC receiver yang terpasang di dalam HP sudah mulai melemah.

Namun demikian, masalah ini biasanya terjadi pada HP Vivo seri lama yang usianya sudah 3 sampai 4 tahun. Masalah ini tidak akan anda temukan pada HP Vivo seri terbaru.

Solusi Untuk Mengatasi HP Vivo Tidak Ada Jaringan

Setelah mengetahui apa saja yang bisa menyebabkan jaringan tidak muncul di HP Vivo, sekarang anda bisa mempelajari bagaimana caranya untuk mengatasi masalah tersebut.

Ada banyak sekali cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah jaringan yang tidak muncul tersebut. Berikut ini adalah beberapa caranya:

  • Restart HP

Cara yang pertama dan menjadi yang paling mudah adalah dengan restart HP anda. Biasanya dengan restart HP, anda bisa memperbaiki error ringan pada sistem.

Selain itu, dengan restart HP, anda bisa menghubungkan ulang antara hardware dengan software yang ada di dalam HP anda.

  • Perbarui sistem operasi

Jika setelah anda restart ternyata HP Vivo masih saja belum menangkap jaringan apapun, maka anda bisa mencoba memperbarui sistem operasinya terlebih dahulu.

Karena tidak ada jaringan, maka mau tidak mau anda harus menggunakan jaringan WIFI untuk memperbarui sistem HP anda.

Pastikan untuk minimal sudah menggunakan Funtouch versi 13 untuk mengatasi masalah jaringan yang sering hilang pada HP Vivo.

Lalu bagaimana jika semua cara sudah anda lakukan namun HP tetap tidak menangkap sinyal? Jika semua sudah anda lakukan dan tidak ada hasilnya, maka mau tidak mau anda harus membawa HP tersebut ke service center.

Kemungkinan memang penyebab hilangnya jaringan di HP Vivo anda terjadi karena kerusakan pada bagian hardware.

Tips Mencegah Hilangnya Sinyal di HP Vivo

Meskipun terlihat biasa saja, namun masalah jaringan tidak muncul di HP Vivo itu sebenarnya adalah masalah yang cukup serius. Selain tidak bisa menggunakan jaringan GSM, HP Vivo yang tidak bisa menangkap sinyal itu juga tidak bisa mengakses fitur dari provider.

Lalu apakah ada cara untuk bisa mencegah agar HP Vivo yang anda miliki tidak mengalami kerusakan seperti itu?

Ternyata memang ada beberapa tips untuk mencegah masalah jaringan tidak muncul di HP Vivo. Berikut ini merupakan beberapa tipsnya:

  • Jangan terlalu lama menggunakan HP Vivo untuk bermain game

Karena alasan pertama kenapa HP Vivo sampai tidak bisa menangkap sinyal itu adalah karena overheat, maka sudah pasti anda tidak disarankan terlalu lama menggunakan HP untuk bermain game.

Jika memang ingin bermain game dengan menggunakan HP Vivo, ada baiknya berikan waktu istirahat untuk mendinginkan hardware di dalam HP.

Jadi setelah anda memainkan game selama 1 jam, sebaiknya istirahatkan terlebih dahulu HPnya selama kurang lebih 20 sampai 30 menit.

  • Sebisa mungkin jangan menjatuhkan HP

Tips berikutnya bagi anda yang tidak ingin mengalami masalah jaringan tidak muncul di HP Vivo adalah sebisa mungkin jangan sampai menjatuhkan HP.

Salah satu alasan kenapa HP Vivo menjadi sulit menangkap sinyal itu adalah karena adanya kerusakan pada IC receiver. IC tersebut bisa mengalami kerusakan biasanya karena faktor umur dan juga faktor benturan.

Oleh sebab itu, sebisa mungkin hati-hati dalam membawa HP Vivo dan jangan sampai jatuh.

Selain itu semua, pastikan untuk selalu rutin memperbarui versi sistem operasi di HP anda. Dengan begitu, maka anda tidak akan pernah mengalami jaringan tidak muncul di HP Vivo tipe apapun.