Syarat Pengambilan PIP di Bank BRI Terbaru

Beranda / Tips & Trik / Syarat Pengambilan PIP di Bank BRI Terbaru

Untuk bisa mencairkan bantuan PIP dari pemerintah di bank BRI, anda harus memenuhi beberapa persyaratan terlebih dahulu. Oleh sebab itu, anda harus mengetahui terlebih dahulu mengenai apa saja syarat pengambilan PIP di bank BRI.

Bagi anda yang belum begitu paham dengan apa saja syarat terbaru untuk mencairkan bantuan PIP di bank BRI, maka ada baiknya pelajari hal tersebut di dalam artikel ini.

Apa Itu PIP?

PIP adalah program bantuan khusus dari pemerintah untuk sektor pendidikan. Bantuan ini diberikan dalam bentuk uang melalui bank BRI.

Lalu berapakah nominal bantuan PIP tersebut? Untuk nominalnya, bantuan PIP ini tergantung dari jenjang pendidikan penerimanya. Jadi jika penerima masih SD, maka nominal bantuan PIP yang mereka dapatkan lebih kecil daripada yang sudah duduk di bangku SMP maupun SMA.

Siapa Saja yang Berhak Menerima PIP?

Lalu siapa sajakah yang berhak menerima bantuan PIP dari pemerintah itu? Ada cukup banyak anak yang berhak menerima PIP tersebut. Berikut ini adalah kriteria anak-anak yang berhak menjadi penerima PIP:

  • Seorang yatim piatu
  • Merupakan pemilik dari Kartu Indonesia Pintar atau KIP.
  • Anggota dari penerima PKH atau Program Keluarga Harapan.
  • Peserta didik yang sedang mengalami bencana di tempat tinggalnya.
  • Peserta didik yang mengalami putus sekolah karena masalah ekonomi.

Jadi jika anda merasa memiliki kriteria sebagai penerima PIP dan memang belum mendapatkannya, maka anda bisa mulai melaporkan diri ke taraf RT terlebih dahulu. Nantinya, ketua RT akan membantu mengurus pendaftaran PIP tersebut ke jalur selanjutnya.

Cara Cek Apakah Anda Penerima PIP atau Tidak

Setelah mengajukan diri sebagai penerima PIP, tentunya anda juga ingin mengetahui bukan apakah anda berhasil menerima bantuan tersebut atau tidak?

Lalu bagaimana caranya untuk cek apakah anda berhasil menjadi penerima PIP atau tidak? Untuk mengetahui apakah anda menjadi salah satu penerima PIP atau tidak, anda bisa ikuti panduan berikut ini:

  1. Pertama, buka browser di dalam HP anda.
  2. Setelah itu, akses halaman https://pip.kemdikbud.go.id/.
  3. Jika sudah berhasil masuk ke halaman tersebut, ketikkan NISN dan juga NIK anda.
  4. Berikutnya, ketikkan hasil penghitungan yang tertera di layar HP untuk validasi bahwa anda bukanlah robot.
  5. Bila sudah, tekan tombol Cek Penerima PIP.

Tunggu beberapa saat hingga muncul notifikasi di layar HP. Jika anda berhasil menjadi salah satu penerima PIP, maka akan muncul nama lengkap anda di halaman tersebut.

Namun jika anda bukan termasuk yang mendapatkan PIP, maka anda akan melihat notifikasi data tidak ditemukan.

Bagaimana Proses Pengambilan PIP Pertama Kali di Bank BRI?

Lalu bagaimana jika anda berhasil mendapatkan PIP dan baru pertama kali melakukan pengambilan? Bagaimana proses pengambilan pertama kalinya?

Jika anda baru pertama kali melakukan pengambilan PIP di bank BRI, maka anda bisa mengikuti panduan berikut ini:

  1. Pertama, datang ke kantor bank BRI terdekat atau yang ditunjuk oleh sekolah.
  2. Berikutnya, tanyakan kepada petugas keamanan mengenai pengambilan PIP.
  3. Nantinya, petugas keamanan akan memberikan nomor antrian untuk ke bagian customer service.
  4. Setelah mendapatkan giliran ke customer service bank BRI, anda akan dibantu membuka rekening bank BRI baru untuk menerima dana dari PIP.
  5. Untuk membuat rekening bank BRI tersebut harus menggunakan data dari siswa penerima PIP.

Setelah mengikuti langkah-langkah tersebut dan sudah berhasil membuat rekening bank BRI, maka anda hanya perlu menunggu hingga uang dari PIP dicairkan di rekening yang anda miliki.

Apa Saja Syarat Pengambilan PIP di Bank BRI?

Syarat Pengambilan PIP di Bank BRI

Seperti yang sudah disebutkan, untuk pertama kali pengambilan PIP di bank BRI anda memang harus datang langsung ke kantor bank BRI terdekat atau yang sudah ditunjuk.

Saat datang ke kantor BRI tersebut, anda harus mempersiapkan beberapa syarat pengambilan PIP. Jadi jika anda tidak membawa syarat-syarat tersebut, maka anda belum bisa membuat rekening bank BRI untuk menerima dana PIP.

Lalu apa sajakah syarat pengambilan PIP di bank BRI itu? Berikut ini merupakan beberapa hal yang wajib harus anda bawa ketika ingin mengambil dana PIP pertama kali:

  1. Surat keterangan dari kepala sekolah.
  2. Fotokopi Kartu Keluarga yang terbaru.
  3. KTP orang tua kandung untuk anda yang masih mengenyam pendidikan SD, SMP, maupun SMA.
  4. Fotokopi dan kartu pelajar asli.
  5. Kartu Keluarga Sejahtera asli.
  6. Surat keterangan tidak mampu yang asli.
  7. Akta kelahiran siswa yang mendapatkan dana PIP.
  8. Rapor sekolah yang terbaru.

Jadi untuk membuat rekening bank BRI khusus untuk menerima dana PIP, anda harus membawa 8 hal tersebut ke kantor bank BRI.

Jika anda tidak membawa 8 syarat tersebut, maka kemungkinan besar customer service bank BRI tidak bisa membantu pembuatan rekening bank untuk menerima dana PIP.

Berapa Lama Proses Pengambilan Dana PIP?

Lalu jika anda sudah berhasil membuat rekening bank BRI untuk menerima bantuan PIP, berapa lamakah proses pengambilan dana PIP tersebut?

Untuk lamanya proses pengambilan dana PIP sebenarnya sangat cepat. Biasanya anda bisa menerima dana PIP tersebut dalam waktu 2 sampai 3 hari setelah mendapatkan pengumumannya.

Dan jika sudah mendapatkan pengumuman, ada baiknya segera datang ke bank BRI tempat anda membuat rekening bank. Selain itu, jangan lupa untuk tetap membawa syarat pengambilan PIP di bank BRI secara lengkap.

Kenapa? Karena terkadang anda masih diminta untuk menunjukkan syarat-syarat untuk pengambilan PIP kembali oleh customer service bank BRI.