Aki Motor Matic Terbaik yang Awet dan Terjangkau

Beranda / Otomotif / Aki Motor Matic Terbaik yang Awet dan Terjangkau

Banyak yang mengeluhkan bahwa motor matic sangat boros dengan aki. Hal tersebut memang kemungkinan besar karena pemilik belum menggunakan aki motor matic terbaik.

Selain belum menggunakan aki motor yang berkualitas, ada juga faktor lain yang bisa mempercepat kerusakan aki motor.

Oleh sebab itu, selain menggunakan aki yang berkualitas, anda juga harus pastikan kondisi kelistrikan motor juga dalam kondisi yang bagus.

Untuk anda yang tidak ingin mengalami hal tersebut, maka pastikan untuk memilih menggunakan aki yang benar-benar berkualitas. Lalu apa saja rekomendasi aki yang berkualitas tersebut?

Jika anda ingin mengetahui rekomendasi aki yang bagus untuk motor matic, anda bisa baca rekomendasinya lebih lanjut di dalam artikel ini.

Berbagai Faktor Penyebab Aki Motor Matic Cepat Rusak

Sebelum membahas mengenai apa saja rekomendasi aki motor matic terbaik, hal pertama yang wajib harus anda ketahui adalah apa saja faktor yang menjadi penyebab aki motor matic itu cepat rusak atau drop.

Berikut merupakan beberapa faktor yang paling sering menjadi penyebab kenapa motor matic itu lebih boros aki:

1. Jarang atau tidak pernah menggunakan kick stater

Berbeda dari motor bebek ataupun motor sport, kebanyakan motor matic saat ini tidak dilengkapi dengan kick stater.

Oleh sebab itu, mau tidak mau pemilik motor matic harus menghidupkan mesin dengan menggunakan double stater.

Jika anda melihat dari kepraktisan dan kenyamanan, memang penggunaan double stater ini jauh lebih nyaman daripada kick stater.

Namun sayangnya, penggunaan double stater terus menerus ini yang akan menjadi penyebab aki motor cepat drop.

Kenapa? Hal tersebut karena aki motor akan mendapatkan beban sangat besar ketika anda menggunakan double stater. Dan jika mesin motor matic tidak segera hidup, maka aki motor akan terus menerus digunakan untuk double stater.

2. Mesin motor matic yang jarang mendapatkan perawatan

Faktor berikutnya yang juga menjadi penyebab kenapa aki motor matic bisa lebih cepat rusak atau drop adalah karena mesin motor jarang mendapatkan perawatan.

Sekilas memang terlihat tidak ada hubungan antara aki motor dengan mesin motor matic. Namun jika anda perhatikan, sebenarnya perawatan mesin motor matic ini sangat berpengaruh pada kondisi aki.

Jika motor matic jarang mendapatkan perawatan, maka biasanya motor akan sangat sulit anda hidupkan di pagi hari. Sebagai dampaknya, anda akan menggunakan double stater terus menerus hingga mesin motor hidup.

Hal inilah yang membuat aki motor cepat sekali mengalami drop atau kerusakan. Semua itu karena voltase aki motor akan digunakan secara maksimal saat anda menekan double stater berulang kali.

3. Regulator tidak berfungsi dengan optimal

Hal berikutnya yang juga menjadi salah satu penyebab kenapa aki motor itu cenderung lebih cepat rusak adalah karena regulatornya tidak berfungsi dengan optimal.

Kebanyakan motor matic saat ini sudah menggunakan sistem pengapian full DC. Itu artinya, semua pengapiannya akan bersumber dari aki.

Oleh sebab itu, aki akan cenderung lebih cepat rusak. Hal ini akan makin cepat terjadi jika regulator motor matic tidak berfungsi dengan normal.

Ketika regulator tidak berfungsi dengan optimal atau normal, maka sudah pasti aki motor tidak akan mendapatkan pengisian ulang. Dan bila terus menerus digunakan tanpa mendapatkan isi ulang, maka aki akan drop dan akhirnya rusak.

Selain itu semua, kerusakan aki motor juga bisa terjadi karena adanya konsleting pada sistem kelistrikan motor. Jadi meskipun kontak motor dalam kondisi off, bisa saja aki masih terhubung dan terkuras habis voltasenya.

Untuk mencegah semua faktor penyebab kerusakan aki motor tersebut, anda memang sangat dianjurkan untuk rutin melakukan perawatan. Dengan melakukan perawatan motor secara rutin, pastinya aki motor anda akan jauh lebih awet.

Rekomendasi Aki Motor Matic Terbaik

Aki Motor Matic Terbaik

Untuk anda yang sudah rutin melakukan perawatan pada motor anda, memang alangkah lebih baiknya untuk juga menggunakan aki yang terbaik.

Lalu apa saja contoh aki motor terbaik itu? Berikut ini adalah beberapa rekomendasi aki motor terbaik yang bisa anda gunakan di motor matic anda:

1. Motobatt

Rekomendasi aki motor pertama yang sangat cocok untuk anda gunakan di motor matic adalah merek Motobatt.

Motobatt ini memang terbilang sebagai mere kaki yang baru. Namun meskipun masih tergolong baru, Motobatt sudah sangat sukses membuktikan ketahanan produknya.

Kelebihan:

  • Menyediakan berbagai macam tipe aki untuk semua jenis motor yang beredar di Indonesia.
  • Menggunakan gel sebagai elektrolit sehingga jauh lebih aman dari guncangan.
  • Ampere aki motor merek Motobatt ini juga lebih besar dari mere kaki pada umumnya.

Untuk anda yang ingin mencoba menggunakan aki merek Motobatt di motor matic anda, maka anda bisa membelinya langsung di toko aki terdekat ataupun di official storenya di marketplace.

2. GS Astra

Untuk urusan aki motor, memang GS Astra adalah salah satu merek yang sudah cukup terkenal. Selain terkenal, aki merek GS Astra ini juga terbukti memiliki daya tahan yang cukup tinggi.

Jika anda gunakan dengan benar dan rutin melakukan perawatan, aki merek GS Astra ini bahkan bisa bertahan hingga lebih dari 5 tahun.

Kelebihan:

  • Sudah menyediakan semua tipe aki untuk semua jenis motor.
  • Salah satu merek aki yang menjadi aki bawaan pabrik beberapa merek motor di Indonesia.
  • Harganya cukup terjangkau.

Sayangnya, karena popularitasnya, banyak sekali yang juga berusaha untuk memalsukan aki motor merek GS Astra ini.

Oleh sebab itu, jika anda ingin membeli aki merek GS Astra, anda bisa membelinya langsung di toko aki yang terpercaya.

3. Yuasa

Jika bukan GS Astra, maka biasanya aki motor pilihan kebanyakan orang adalah merek Yuasa.

Sama seperti GS Astra, aki merek Yuasa juga sudah sangat terkenal dengan daya tahannya.

Dan bukan hanya itu saja, Yuasa tidak hanya menyediakan aki untuk motor saja. Yuasa juga sudah memiliki deretan produk aki untuk mobil dan bahkan truk.

Kelebihan:

  • Menyediakan berbagai macam tipe aki untuk berbagai jenis motor.
  • Juga memiliki pilihan mulai dari aki kering, aki basah, aki gel, dan masih banyak lagi.
  • Harganya cukup terjangkau.

Sama seperti halnya GS Astra, aki merek Yuasa ini juga sangat mudah untuk anda dapatkan. Hanya saja, pastikan beli di toko yang terpercaya.

4. Aspira

Jika dana anda cukup terbatas untuk mengganti aki motor, maka anda bisa pilih aki merek Aspira.

Meskipun harganya paling murah, Aspira ini merupakan salah satu merek aki motor terbaik.

Kelebihan:

  • Tersedia hampir di semua bengkel resmi maupun bengkel umum.
  • Harganya sangat bersahabat.
  • Cukup mudah untuk melakukan perawatan.

Untuk anda yang memang ingin menggunakan aki merek Aspira, pastikan untuk rutin melakukan perawatan pada motor matic anda.

Dengan rutin melakukan perawatan, aki motor merek Aspira ini juga bisa bertahan lebih lama.

Bagaimana? Cukup banyak bukan sebenarnya rekomendasi aki motor matic terbaik itu? Kalau anda sendiri sudah pernah menggunakan aki motor yang merek apa?