Apa Itu Nomor Seri ICCID Harus Tahu Fungsinya?

Beranda / Teknologi / Apa Itu Nomor Seri ICCID Harus Tahu Fungsinya?

Sudah pahamkah anda mengenai apa itu nomor seri ICCID harus tahu? Meskipun setiap hari anda gunakan, ternyata tidak banyak yang mengetahui tentang ICCID.

Padahal fungsi dari ICCID tersebut sangat penting. Jika tidak ada hal tersebut, maka anda sama sekali tidak bisa berkomunikasi dengan menggunakan HP yang anda miliki.

Untuk anda yang belum mengetahui apa itu ICCID dan ingin mempelajari mengenai hal tersebut, anda bisa membaca informasi tersebut di dalam artikel ini.

Apa Itu ICCID?

Apa Itu Nomor Seri ICCID Harus Tahu

Memang benar, tidak banyak yang mengetahui tentang apa itu ICCID. Lalu sebenarnya apa itu ICCID? Maksud dari ICCD it adalah kombinasi angka yang terdapat di semua SIM card.

Kombinasi angka ini berlaku untuk semua provider di dunia. Jadi setiap SIM card yang tercetak harus memiliki ICCID. Jika tidak memiliki kombinasi angka tersebut, maka SIM card tersebut tidak akan bisa digunakan.

Berbicara mengenai kombinasi angka, ICCID memiliki 19 digit sampai makSIMal 20 digit kombinasi angka. Namun terkadang, ada beberapa provider telekomunikasi di Indonesia yang hanya menggunakan 13 digit angka saja sebagai ICCID.

Apa Fungsi ICCID?

Setelah mengetahui apa itu nomor seri ICCID harus tahu, pastinya banyak dari anda yang penasaran juga mengenai apa fungsi dari hal tersebut.

Meskipun hanya terdiri dari beberapa digit angka, ternyata ICCID ini memiliki banyak fungsi. Berikut ini adalah beberapa fungsinya:

  • Sebagai identitas SIM card

Fungsi pertama dari ICCID adalah sebagai identitas dari sebuah SIM card. Di dalam ICCID tersebut terdapat kode yang menyimpan data-data mengenai SIM card.

Salah satu contoh data yang terSIMpan di dalam ICCID adalah provider yang memiliki SIM card tersebut. Jadi dengan adanya ICCID tersebut, SIM card bisa dikenali di seluruh dunia.

  • Sebagai penghubung ke jaringan telekomunikasi

Karena berfungsi sebagai identitas SIM card, maka sudah pasti fungsi lain dari ICCID adalah untuk menghubungkan antara SIM card dengan jaringan telekomunikasi.

Untuk bisa terhubung dengan jaringan telekomunikasi, setiap SIM card harus bisa divalidasi. Ketika sudah tervalidasi, maka SIM card tersebut sudah bisa terhubung dengan jaringan dari yang mengeluarkan SIM card tersebut.

  • Untuk menyimpan identitas pemilik SIM card

Selain berfungsi untuk menyimpan data-data SIM card, ICCID juga berfungsi untuk menyimpan identitas dari pemilik SIM card.

Jadi ketika anda melakukan pendaftaran sebelum menggunakan sebuah SIM card baru, maka data anda tersebut akan terSIMpan di server sesuai dengan ICCID SIM card yang anda gunakan.

Cara Mengetahui Nomor Seri ICCID SIM Card dari Kemasan SIM Card

Setelah anda mengetahui apa itu nomor seri ICCID harus tahu beserta fungsinya, pastinya anda juga penasaran bukan ingin melihat seperti apakah nomor seri ICCID tersebut.

Lalu bagaimanakah cara untuk melihat atau mengetahui nomor seri ICCID di SIM card yang anda miliki? Jika anda ingin mengetahui ICCID, maka cara yang termudah adalah dengan melihat dari kemasan SIM card.

Di dalam kemasan SIM card biasanya tercetak kode ICCID. Anda bisa menemukan kode tersebut di kemasan bagian belakang atau bagian depan.

Biasanya ICCID tersebut dicetak bersamaan dengan barcode. Hal ini untuk mempermudah proses menghubungkan nomor kartu perdana dengan ICCIDnya.

Cara Mengetahui Nomor Seri ICCID dari Fisik SIM Card

Selain bisa anda lihat melalui kemasan SIM card, nomor seri ICCID juga bisa anda lihat di fisik SIM card itu sendiri.

Untuk mengetahui berapa ICCID SIM card yang anda gunakan, anda hanya perlu melihatnya di bagian belakang SIM card. Anda bisa melihat ada beberapa deretan angka yang tertulis di balik SIM card.

Deretan angka yang tertulis di belakang SIM card tersebut adalah yang disebut dengan ICCID. Namun jumlah angkanya tidak selalu 19 digit atau 20 digit. Hal tersebut karena ada beberapa provider di Indonesia yang hanya menggunakan 13 digit ICCID saja.

Cara Cek Nomor Seri ICCID dari HP

Jika anda sudah tidak menyimpan kemasan SIM card dan tidak bisa melihat deretan angka di balik SIM card dengan jelas, anda masih bisa mengetahui nomor seri ICCID SIM card yang anda miliki melalui HP anda.

Lalu bagaimana cara untuk melihat nomor seri ICCID SIM card dari HP? Berikut ini langkah-langkah untuk cek seri ICCID SIM card melalui HP anda:

  1. Buka terlebih dahulu menu Pengaturan atau Setting di HP anda.
  2. Berikutnya, gulirkan layar ke bawah untuk mengakses menu About atau Tentang.
  3. Setelah itu, cari dan masuk ke dalam menu IMEI.
  4. Jika anda sudah masuk ke dalam menu tersebut, maka anda tidak hanya bisa melihat IMEI HP saja, namun anda juga bisa melihat ICCID dari SIM card yang saat ini anda gunakan.

Selain bisa melihat ICCID melalui menu di HP, anda juga bisa menyalin kode tersebut dengan mudah. Dan jika sudah berhasil menyalin ICCID, anda juga bisa menggunakannya untuk cek informasi SIM card yang saat ini anda gunakan.

Cara Cek Nomor Seri ICCID dari Website Khusus

Bukan hanya bisa anda cek melalui menu IMEI di dalam HP saja, anda yang ingin mengetahui apa itu nomor seri ICCID harus tahu juga bisa cek hal tersebut melalui website khusus.

Lalu bagaimana cara untuk cek berapa ICCID SIM card yang saat ini anda gunakan di dalam HP melalui website khusus tersebut? Berikut ini caranya:

  1. Buka browser yang biasa anda gunakan.
  2. Setelah itu, akses halaman https://www.imei.info/id/news/iccid-checker/.
  3. Jika sudah berhasil mengakses halaman tersebut, masukkan IMEI HP yang anda gunakan bersamaan dengan SIM card yang ingin anda cek ICCIDnya.
  4. Bila sudah anda masukkan IMEI dari HP anda, selanjutnya anda hanya perlu menekan tombol Periksa.
  5. Setelah beberapa saat, ICCID dari SIM card yang saat ini anda gunakan akan muncul di halaman tersebut.

Itulah penjelasan mengenai apa itu nomor seri ICCID harus tahu beserta dengan bagaimana cara mengetahui berapa ICCID dari SIM card yang anda gunakan. Bagaimana? Sangat mudah bukan cara mengetahui ICCID SIM card anda?