Apakah Perbedaan Oppo A37 dan Oppo A37F Itu?

Beranda / Teknologi / Apakah Perbedaan Oppo A37 dan Oppo A37F Itu?

Oppo A37 dan Oppo A37F adalah salah satu seri HP Oppo yang cukup banyak peminatnya di Indonesia. Lalu apakah perbedaan Oppo A37 dan Oppo A37F itu?

Karena memiliki nama yang sama, banyak orang mempertanyakan mengenai apa yang membedakan antara kedua seri HP Oppo tersebut.  Selain ingin mengetahui perbedaannya, kebanyakan orang juga tertarik ingin mengetahui tentang manakah seri yang lebih baik.

Apakah anda juga ingin mengetahui semua hal tersebut? Untuk anda yang ingin mengetahui apa perbedaan dari kedua seri HP Oppo tersebut, anda bisa membaca penjelasannya di dalam artikel ini.

Apa Itu Oppo A37 dan A37F?

Sebenarnya apa itu Oppo A37 dan A37F? Maksud dari kedua seri HP Oppo tersebut adalah seri HP Android yang meluncur di pasar Indonesia pada tahun 2016 lalu.

Memang jika anda melihatnya di masa sekarang, HP tersebut sudah sangat ketinggalan zaman. Selain masih menggunakan bezel yang cukup tebal, seri A37 juga menggunakan chipset yang sudah sangat tua. Jadi baik seri A37 maupun A37F itu bukanlah seri HP Android baru.

Apakah Perbedaan Oppo A37 dan Oppo A37F?

Apakah Perbedaan Oppo A37 dan Oppo A37F

Setelah mengetahui kapan HP tersebut meluncur di pasar Indonesia, pastinya anda makin penasaran bukan dengan apakah perbedaan Oppo A37 dan Oppo A37F itu?

Sayangnya, kedua tipe HP Oppo itu sama sekali tidak ada perbedaannya. Jadi sebenarnya kedua tipe HP tersebut adalah HP yang sama. Hanya saja, memang di Indonesia seri A37 lebih sering dikenal dengan sebutan A37F.

Selain mendapatkan sebutan A37F, seri HP A37 ini juga memiliki sebutan lain yaitu Oppo Neo 9. Jadi satu seri HP Oppo ini memang memiliki lebih dari satu nama.

Oleh sebab itu, Oppo A37 ini menjadi salah satu seri HP Oppo yang cukup membingungkan banyak pembeli saat pertama kali diluncurkan di Indonesia.

Kenapa HP Seri A37 Disebut A37F?

Seperti yang sudah dijelaskan, sebenarnya antara seri A37 dengan A37F itu sama sekali tidak ada perbedaannya. Jadi kedua tipe HP tersebut adalah HP yang sama. Lalu kenapa seri A37 itu juga sering disebut dengan A37F?

Salah satu alasan kenapa HP seri A37 itu juga memiliki nama A37F karena di dalam informasi yang ada di dalam About Phone, model dari HP A37 ini tertulis A37F.

Oleh sebab itu, banyak orang, terutama penjual HP bekas dan juga teknisi HP menyebutnya dengan nama modelnya yaitu A37F.

Selain A37F, sebenarnya masih ada model lain dari HP Oppo A37 tersebut. Jadi selain A37F masih ada A37W dan juga A37M. Namun demikian, untuk tipe A37W dan juga A37M tampaknya tidak masuk ke pasar Indonesia.

Seperti Apa Spesifikasi Oppo A37?

Setelah mengetahui apakah perbedaan Oppo A37 dan Oppo A37F, hal berikutnya yang pasti juga membuat anda penasaran adalah spesifikasi dari HP Android tersebut.

Sempat menjadi salah satu HP Android paling banyak peminatnya di Indonesia, pastinya spesifikasi Oppo A37 ini bukanlah spesifikasi yang biasa-biasa saja. Berikut ini adalah detail spesifikasi Oppo A37 yang sudah meluncur di Indonesia sejak tahun 2016 lalu:

  • Layar IPS

Salah satu keunggulan dari Oppo A37 terletak di bagian layarnya. Saat itu, mayoritas HP Android masih menggunakan layar jenis TN.

Namun berbeda halnya dengan Oppo. Saat itu Oppo mulai meluncurkan beberapa tipe HP yang sudah menggunakan layar tipe IPS. Salah satu HP yang sudah menggunakan layar IPS adalah A37 ini.

Selain memiliki layar IPS berukuran 5 inci, A37 ini juga memiliki pelindung layar Gorilla Glass 4. Pada saat itu, Gorilla Glass 4 adalah pelindung layar yang sudah cukup tinggi levelnya.

  • Bodi metal dan tipis

Selain dari segi layar, hal berikutnya yang membuat Oppo A37 begitu mempesona adalah karena sudah menggunakan body yang terbuat dari metal.

Dan bukan hanya sekedar metal saja, bodi dari HP Oppo A37 ini juga terbilang cukup tipis. Hal tersebut karena ketebalan HP ini hanya 7,7 mm saja.

  • Chipset kelas mid level

Untuk urusan dapur pacu, HP Oppo A37 ini memang bukanlah HP kelas atas. Oppo A37 ini masuk kategori HP mid level jika anda melihat dari dapur pacunya.

A37 mengusung chipset dari Snapdragon tipe 410. Chipset tersebut memiliki quad core dengan kecepatan maksimal di angka 1,2 Ghz. Sedangkan untuk mendukung performa grafis, Oppo A37 menggunakan GPU Adreno 360.

  • Memori standard di masanya

Karena masuk ke dalam kategori HP Android mid level, maka sudah pasti storage dan memori RAM HP Oppo A37 ini belum begitu besar.

Oppo A37 ini hanya memiliki storage dengan kapasitas 16 GB saja. Dan untuk storagenya sendiri masih menggunakan eMMC tipe 4,5. Sedangkan untuk RAM, HP ini hanya memiliki RAM berkapasitas 2 GB saja.

Namun meskipun kapasitas storagenya terbilang cukup kecil, Oppo A37 ini masih memiliki slot untuk menambah kapasitas memorinya.

  • Single kamera terkeren di masanya

Di tahun 2016, Oppo terkenal dengan kualitas kameranya yang sangat luar biasa. Hal tersebut juga bisa anda temukan di Oppo A37 ini.

Meskipun HP ini baru menggunakan satu kamera saja di bagian depan dan belakang, namun kualitas foto dan videonya kala itu begitu keren.

Untuk bagian belakang, Oppo A37 ini memiliki kamera dengan lensa 8 MP. Sedangkan untuk bagian depan, HP ini memiliki kamera berukuran 5 MP.

Meskipun sempat menjadi HP incaran banyak orang, sayangnya HP Oppo A37 ini sudah hampir tidak bisa anda gunakan lagi karena keterbatasan sistemnya. HP ini masih menggunakan sistem operasi Android versi 5.

Jadi bagaimana? Sekarang anda sudah cukup paham bukan mengenai apakah perbedaan Oppo A37 dan Oppo A37F itu?