Aplikasi Bayar Pajak Kendaraan Motor dan Mobil di Indonesia

Diposting pada

Dengan kemajuan dunia teknologi online yang semakin canggih, begitu juga termasuk layanan samsat online. Lalu apakah itu samsat online? Apakah cara bayar mobil dan motor secara online berbeda dengan cara bayar pajak kendaraan secara langsung? dan apakah syaratnya sama?

Berikut ini informasi lengkap tentang samsat online, simak ulasannya dibawah ini.

Apa itu Samsat Online (E-Samsat)?

Aplikasi Samsat Online (E-Samsat) merupakan sebuah aplikasi yang menyediakan layanan pembayaran PKB kendaraan, pengesahan STNK kendaraan, dan juga SWDKLLJ dengan proses transaksi elektronik atau via online.

Kata online cakupannya cukup luas, tidak untuk aktivitas transaksional saja, namun bisa untuk semua layanan lainnya. Maka dari itu masyarakat bisa memproses administrasi dan membayar pajak mobil dan motor di semua lokasi samsat, tidak ada batas wilayahnya. Namun wajib tetap berada di satu wilayah dengan Polda masing-masing.

Ketentuan dan Syarat Pembayaran Pajak Online

  1. Status kendaraan tidak sedang dikunci dan tidak mempunyai catatan ranmor.
  2. Anda wajib mempunyai nomor rekening dan ATM di bank mitra sesuai samsat di daerah tersebut.
  3. Anda harus mempunyai nomor HP yang aktif, karena akan ada kode pembayaran melalui SMS,.
  4. Wajib Pajak merupakan orang pribadi, bukan yayasan atau badan niaga.
  5. Pembayaran pajak berlaku untuk mobil atau motor yang didaftarkan ulang selama 1 tahun.

Daftar Aplikasi Samsat Online di Indonesia

1. Aplikasi SIGNAL (Samsat Online Nasional)

Aplikasi SIGNAL atau Samsat Digital Nasional merupakan aplikasi resmi yang dibuat oleh PT. Bomba Pacific Indonesia yang disini sebagai pengembang platform digital. Anda tidak perlu takut menggunakan aplikasi ini karena aplikasi SIGNAL ini dibawah naungan dari Polri, Kementerian Dalam Negeri, dan PT Jasa Raharja.

Dengan adanya aplikasi SIGNAL ini, Anda tidak perlu lagi datang ke kantor Samsat. Anda cukup mendaftarkan diri dan melengkapi data kepemilikan kendaraan mobil atau motor apakah milik perseorangan atau bukan badan hukum. Jika sudah maka proses validasi STNK tahunan dapat diproses dalam waktu beberapa menit saja. Jadi Anda tidak perli untuk antri ataupun menunggu lagi.

Download Aplikasi SIGNAL

NOTE: Jika Aplikasi SIGNAL tidak dapat digunakan, Anda bisa menggunakan aplikasi sesuai dengan lokasi daerah di bawah ini.

2. E-Samsat Provinsi DKI Jakarta

3. E-Samsat Provinsi Jawa Timur

4. E-Samsat Provinsi Jawa Tengah

5. E-Samsat Provinsi Jawa Barat

Mediavoria akan selalu memperbarui link website dan aplikasi samsat online yang ada di Indonesia. Jadi jangan lupa untuk selalu berkunjung ke halaman website ini. Demikianlah informasi lengkap tentang aplikasi bayar pajak kendaraan online di Indonesia. Semoga bermanfaat.