Aplikasi Seleksi Akademi PPG Resmi dari Kemdikbud

Diposting pada

Saat ini, hampir semua hal sudah mulai menggunakan teknologi internet. Bahkan seleksi PPG atau Pendidikan Profesi Guru juga sudah menggunakan bantuan aplikasi seleksi akademi PPG.

Dengan menggunakan aplikasi seleksi akademi PPG tersebut, memang jauh lebih banyak kelebihan yang bisa peserta maupun pemerintah dapatkan. Salah satu kelebihannya adalah tidak perlu mempersiapkan tempat yang cukup banyak.

Namun masalahnya, belum semua peserta dan bahkan pelaksana yang paham mengenai bagaimana cara menggunakan aplikasi seleksi akademi PPG tersebut.

Aplikasi Seleksi Akademi PPG

Bagaimana dengan anda? Apakah anda juga masih bingung mengenai bagaimana cara menggunakan aplikasi seleksi akademi PPG? Jika anda masih belum paham, anda bisa pelajari cara menggunakan aplikasi tersebut di artikel ini.

Apa Itu Aplikasi Seleksi Akademi PPG?

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai aplikasi seleksi akademi PPG, pertama-tama mungkin anda perlu mengetahui terlebih dahulu mengenai apa fungsi dari aplikasi tersebut.

Karena masih tergolong baru, maka sudah pasti akan ada banyak orang yang bertanya mengenai apa itu aplikasi seleksi akademi PPG.

Sebenarnya, aplikasi ini adalah sebuah aplikasi yang dibuat khusus untuk kebutuhan ujian seleksi PPG. Dengan menggunakan aplikasi ini, peserta bisa menggunakan device yang mereka miliki untuk mengikuti ujian.

Dan menariknya, meskipun sudah menggunakan device milik masing-masing peserta, mereka tetap tidak bisa melakukan kecurangan. Hal tersebut karena di dalam aplikasi tersebut sudah terpasang sistem khusus untuk mendeteksi kecurangan.

Berbagai Macam Perangkat Untuk Mengikuti Ujian Seleksi PPG

Karena menggunakan aplikasi khusus, maka tidak heran jika saat mengikuti ujian seleksi PPG, peserta wajib mempersiapkan beberapa device.

Lalu apa saja perangkat yang wajib anda miliki untuk bisa mengikuti ujian seleksi PPG tersebut? Berikut ini adalah beberapa macam perangkat yang wajib anda miliki:

  • Laptop yang sudah terdapat aplikasi SEB.

Laptop ini nantinya akan anda gunakan untuk membuka soal ujian dan sekaligus untuk menjawab semua soal ujian seleksi PPG.

Tidak semua laptop bisa anda gunakan untuk mengikuti ujian seleksi PPG ini. Oleh sebab itu, baca terlebih dahulu mengenai spesifikasi laptop yang bisa anda gunakan untuk mengikuti seleksi PPG ini.

  • HP yang sudah terpasang aplikasi Whatsapp dan Zoom

Selain laptop, peserta ujian PPG juga wajib memiliki HP yang sudah terpasang dengan aplikasi Whatsapp dan juga Zoom.

HP ini nantinya akan anda butuhkan untuk berkomunikasi dengan pengawas ujian. Dan pastikan nama yang tertera di dalam aplikasi Whatsap dan Zoom sama dengan nama yang anda gunakan di saat mengikuti ujian seleksi PPG.

Spesifikasi Laptop Untuk Mengikuti Seleksi PPG

Seperti yang sudah disebutkan, tidak semua laptop bisa anda gunakan untuk menjalankan aplikasi seleksi akademi PPG.

Lalu seperti apakah spesifikasi laptop yang bisa dengan lancar anda gunakan untuk seleksi PPG? Berikut adalah detail spesifikasi laptop yang cocok untuk mengikuti seleksi PPG secara online:

  • Minimal memiliki layar dengan ukuran 10 inci. Namun yang paling disarankan adalah yang memiliki layar berukuran 14 inci.
  • Sudah menggunakan minimal sistem operasi Windows 8 versi 32 bit ataupun MacOS versi 10.
  • Memiliki RAM dengan kapasitas minimal 2 GB.
  • Masih memiliki memori internal yang kosong minimal sebesar 10 GB.
  • Juga harus memiliki audio yang berfungsi dengan baik.
  • Baterai laptop juga harus masih dalam kondisi normal.

Bagaimana Cara Memasang Aplikasi Seleksi Akademi PPG di Laptop?

Setelah mengetahui seperti apa saja spesifikasi laptop yang bisa anda gunakan mengikuti tes seleksi PPG, selanjutnya bagaimana cara memasang aplikasi tersebut di dalam laptop?

Bagi anda yang belum mengetahui bagaimana cara memasang aplikasi tersebut, anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama-tama, download terlebih dahulu file aplikasinya dari link resminya. Download untuk OS Windows dan MacOS.
  2. Setelah proses download sudah selesai, anda bisa mulai menjalankan file tersebut.
  3. Jika anda tidak bisa menjalankan file tersebut, maka cobalah untuk mematikan terlebih dahulu aplikasi antivirus yang terpasang di dalam laptop anda.
  4. Setelah itu, coba jalankan lagi aplikasi tersebut di laptop anda.

Lalu bagaimana jika saat proses pemasangan aplikasi ternyata muncul masalah lain? Jika memang muncul masalah saat pemasangan aplikasi tersebut, maka anda bisa langsung menghubungi pengawas melalui aplikasi Whatsapp.

Tips Mengikuti Ujian Menggunakan Aplikasi Seleksi Akademi PPG

Jika anda belum pernah mengikuti ujian menggunakan aplikasi seperti ini, maka anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini agar bisa lancar dalam mengisi semua soal ujian PPG nanti.

  • Pastikan untuk cek koneksi internet terlebih dahulu

Hal pertama yang wajib harus anda lakukan sebelum ujian dimulai adalah cek kualitas koneksi internet yang anda miliki.

Bagaimana cara cek koneksi internet anda? Cara yang paling mudah adalah dengan menonton video Youtube dengan resolusi 720p. Jika anda bisa menonton video dengan lancar, maka koneksi internet anda tergolong bagus.

Selain itu, anda juga bisa melakukan pengujian kecepatan internet melalui halaman https://www.speedtest.net.

  • Sebisa mungkin miliki cadangan koneksi internet

Meskipun koneksi internet yang anda gunakan saat ini terbilang sangat bagus, sebisa mungkin tetap persiapkan cadangan koneksi internet.

Kenapa? Karena anda tidak akan bisa mengikuti ujian jika koneksi internet anda terputus hingga lebih dari 5 menit.

Oleh sebab itu, lebih baik miliki lebih dari 1 provider internet. Jadi ketika koneksi internet utama anda mengalami gangguan, anda bisa langsung mengganti dengan koneksi internet cadangan.

Jadi bagaimana? Sudah cukup paham bukan mengenai bagaimana cara menggunakan aplikasi seleksi akademi PPG ini?