Asuransi Mobil ACA, Kelebihan Hingga Cara Klaimnya

Diposting pada

Memiliki kendaraan bermotor adalah impian semua orang. Namun saat sudah memiliki kendaraan bermotor, ada baiknya anda memasukkan kendaraan bermotor tersebut dalam sebuah program asuransi berkualitas seperti asuransi Mobil ACA.

Kenapa anda perlu memasukkan kendaraan bermotor anda pada sebuah program asuransi? Hal tersebut karena ada banyak risiko kerusakan yang bisa terjadi pada kendaraan bermotor yang anda miliki.

Kerusakan tersebut bahkan bukan hanya karena penggunaan saja, namun juga bisa terjadi karena kecelakaan ataupun tindak kejahatan orang lain.

Jika anda sudah memasukkan kendaraan bermotor yang anda miliki kedalam layanan asuransi, maka jika sampai terjadi kerusakan, anda tidak perlu bingung untuk memperbaikinya.

Lalu kenapa anda harus memilih asuransi Mobil ACA? Apakah tidak ada lagi asuransi lain yang lebih baik dari asuransi mobil milik ACA tersebut? Bila anda ingin mengetahui lebih lengkap mengenai hal tersebut, anda bisa pelajari di artikel ini.

Apa Kelebihan Asuransi Mobil ACA?

Asuransi Mobil ACA

Memang benar, asuransi mobil sebenarnya bukan hanya di ACA saja. Ada banyak sekali perusahaan asuransi yang juga menawarkan produk perlindungan untuk kendaraan bermotor.

Namun kenapa anda harus memberikan perlindungan kendaraan bermotor di perusahaan tersebut? Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari asuransi mobil ACA yang perlu anda ketahui:

1. Premi asuransi Mobil ACA sangat terjangkau

ACA memang bukanlah perusahaan asuransi kecil. Nama ACA sudah begitu terkenal bahkan di skala nasional.

Namun meskipun merupakan perusahaan asuransi yang sudah cukup terkenal, ACA tidak mematok premi yang terlalu tinggi.

Bahkan banyak orang mengatakan bahwa premi polis asuransi ACA itu sangatlah terjangkau, terutama untuk asuransi kendaraan bermotornya.

Sebagai contohnya, untuk bisa mendapatkan perlindungan menyeluruh pada kendaraan bermotor anda, anda hanya perlu membayar premi sebesar Rp 218.000 saja per bulan.

Sedangkan bila anda hanya membutuhkan perlindungan TLO, maka premi yang harus anda bayarkan per bulan makin kecil lagi yaitu hanya Rp 48.000 saja.

2. Ada unit pengganti ketika kendaraan bermotor sedang dalam perbaikan

Kelebihan lain yang mungkin tidak bisa anda temukan selain di asuransi Mobil ACA adalah adanya unit pengganti.

Jadi selama kendaraan bermotor yang anda miliki sedang dalam masa perbaikan di bengkel yang bekerjasama dengan ACA, maka anda akan mendapatkan unit pengganti.

Dengan adanya unit pengganti tersebut, maka mobilitas andapun tidak akan terganggu meskipun kendaraan bermotor yang anda miliki sedang rusak.

Hanya saja, unit pengganti dari asuransi ACA ini hanya bisa anda gunakan selama 5 hari saja.

3. Penggantian tuntutan pihak ketiga dengan nominal yang cukup tinggi

Selain memberikan perlindungan jika kendaraan yang anda miliki sampai mengalami kerusakan, asuransi Mobil ACA juga sekaligus memberikan perlindungan jika anda sampai mengalami kecelakaan.

Menariknya, ACA juga memberikan penggantian atas tuntutan pihak ketiga dengan nominal yang cukup tinggi. Untuk satu kali kejadian, ACA bisa memberikan pertanggungan sebesar 75 juta Rupiah untuk tuntutan pihak ketiga.

Padahal, pada umumnya asuransi kendaraan bermotor itu hanya berani memberikan pertanggungan atas tuntutan pihak ketiga tersebut sebesar maksimal 50 juta Rupiah saja.

Bagaimana Cara Mendapatkan Unit Pengganti dari Asuransi Mobil ACA?

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa salah satu kelebihan dari asuransi kendaraan bermotor dari ACA adalah nasabah bisa mendapatkan unit pengganti jika kendaraannya mengalami kerusakan.

Lalu bagaimana caranya mengajukan unit penggantian tersebut? Berikut ini adalah tata cara mengajukan unit penggantian saat kendaraan anda rusak:

  1. Datang langsung ke bengkel yang sudah bekerjasama dengan ACA ataupun ke kantor ACA.
  2. Cek fisik kondisi kendaraan yang anda asuransikan.
  3. Tunggu hingga perusahaan menerima klaim anda.
  4. Bila perusahaan sudah menerima klaim, maka tunggu keputusan bengkel mengenai berapa lama proses perbaikannya.
  5. Jika bengkel membutuhkan waktu lebih dari 2 hari untuk memperbaiki kerusakan pada kendaraan yang anda miliki, maka ACA akan memberikan unit pengganti terlebih dahulu.

Selain ketika mengalami kerusakan, anda sebenarnya juga bisa mendapatkan unit pengganti baru jika kendaraan bermotor yang anda asuransikan hilang.

Penggantian kendaraan bermotor baru karena pencurian ini bisa anda dapatkan jika kendaraan bermotor yang anda asuransikan baru berusia 6 bulan atau maksimal 12 bulan.

Cara Klaim Asuransi Mobil ACA

Lalu bagaimana caranya klaim asuransi ACA tersebut? Jika kendaraan bermotor yang anda asuransikan ternyata mengalami kerusakan, maka anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukan klaim di perusahaan ACA:

  1. Kontak hotline servis dari ACA di nomor (021) 31999100. Pastikan jangan sampai menghubungi ACA lebih dari 5 hari dari kejadian kerusakan pada kendaraan anda.
  2. Membawa kendaraan untuk cek fisik di kantor cabang terdekat ACA.
  3. Menandatangani surat Laporan Kecelakaan Kendaraan Bermotor.
  4. Melengkapi semua dokumen penting seperti polis asuransi.
  5. Setelah perusahaan menerima klaim, anda bisa membawa kendaraan bermotor yang anda miliki tersebut ke bengkel rekanan untuk mendapatkan perbaikan.

Beragam Dokumen Penting Untuk Mengajukan Klaim Asuransi ACA

Jika anda tidak ingin proses klaim asuransi ACA terhambat, pastikan untuk menyiapkan beragam dokumen penting berikut ini:

  • Salinan dari polis asuransi ACA.
  • Fotokopi sertifikat.
  • SIM pengemudi saat kecelakaan terjadi.
  • STNK kendaraan bermotor yang diasuransikan.
  • KTP dari nasabah yang tertanggung.

Jadi bagaimana? Apakah anda juga tertarik untuk membeli polis asuransi mobil ACA setelah mengetahui kelebihan serta bagaimana cara melakukan klaimnya? Cukup mudah bukan cara klaimnya?