Asuransi Pendidikan BRI, Pengertian dan Cara Daftarnya

Diposting pada

Masih bingung menyiapkan uang untuk pendidikan putra putri kesayangan anda di masa depan? Sebenarnya anda sudah tidak perlu bingung lagi jika sudah memiliki polis asuransi pendidikan BRI.

Kenapa? Karena setiap putra putri anda membutuhkan biaya pendidikan, maka dana asuransi tersebut akan cair. Dengan begitu, maka anda sudah tidak perlu pusing-pusing lagi memikirkan bagaimana caranya mencukupi biaya pendidikan buah hati anda.

Yang perlu anda lakukan hanyalah membayar premi asuransi pendidikan BRI secara berkala sesuai dengan perjanjian dengan perusahaan asuransinya saja.

Selain itu, asuransi pendidikan dari bank tertua di Indonesia ini juga berbeda dari kebanyakan asuransi pendidikan.

Lalu apa saja perbedaannya? Bagi anda yang tertarik ingin mengetahui lebih banyak mengenai asuransi pendidikan dari BRI ini, anda bisa simak penjelasannya di artikel ini.

Perbedaan Asuransi Pendidikan BRI Dengan yang Lain

Asuransi Pendidikan BRI

Sebagian besar dari anda pasti penasaran mengenai apa yang membedakan antara asuransi pendidikan BRI dengan produk dari perusahaan asuransi lainnya.

Sekilas, memang semua asuransi pendidikan itu terlihat sama. Namun produk dari BRI ini berbeda. Salah satu perbedaan terbesarnya ada pada jenis asuransinya.

Asuransi pendidikan dari bank BRI ini menggunakan jenis asuransi jiwa yang dikombinasikan dengan tabungan. Berbeda dengan produk asuransi pendidikan dari perusahaan lain. Produk asuransi pendidikan dari perusahaan lain biasanya menggunakan jenis unit link.

Kelebihan Asuransi Pendidikan BRI

Karena menggunakan kombinasi jenis asuransi yang berbeda dari mayoritas perusahaan asuransi, maka tidak heran jika asuransi pendidikan BRI ini memiliki beberapa kelebihan.

Berikut ini merupakan beberapa kelebihannya:

1. Terdapat manfaat perlindungan jiwa

Karena merupakan kombinasi dari asuransi jiwa dengan tabungan, maka selain bisa mendapatkan uang pendidikan untuk buah hati, membeli polis ini dari BRI juga membuat anda mendapatkan manfaat perlindungan jiwa.

Jadi, jika sewaktu-waktu tertanggung sampai meninggal dunia, cacat, sakit kritis, ataupun kecelakaan, maka perusahaan akan memberikan santunan serta tetap memberikan uang pendidikan sesuai dengan perjanjian.

2. Nilai uang pendidikan sudah pasti

Kelebihan berikutnya dari asuransi pendidikan BRI adalah nilai uang pendidikan yang bisa anda dapatkan sudah pasti sejak awal.

Kenapa? Hal ini karena asuransi ini tidak menanamkan premi nasabah kedalam instrumen investasi apapun.

Karena hanya menerapkan metode tabungan, maka nilai uang pendidikan yang bisa anda dapatkan sudah bisa diketahui dengan pasti dari awal.

Berbeda halnya dengan asuransi pendidikan yang menggunakan jenis asuransi unit link. Uang pendidikan yang akan anda terima bisa saja menjadi lebih sedikit ataupun lebih banyak dari perhitungan awal.

Kekurangan Asuransi Pendidikan BRI

Namun meskipun memang memiliki beberapa kelebihan, asuransi pendidikan ini tetap memiliki kekurangan.

Karena tidak menempatkan premi nasabah ke instrumen investasi apapun, maka kekurangan terbesar dari asuransi ini adalah nilai uang yang anda dapatkan terbilang kecil.

Kenapa? Karena memang uang pendidikan yang bisa anda dapatkan hanyalah bersumber dari tabungan saja yang terbagi dari premi yang anda bayarkan secara berkala.

Oleh sebab itu, jika anda lebih suka dengan asuransi yang juga memiliki nilai investasi, maka asuransi pendidikan ini kurang tepat untuk anda.

Berapa Besar Premi Asuransi Pendidikan BRI?

Lalu bagaimana dengan masalah preminya? Seberapa besar premi yang harus anda bayarkan untuk bisa memiliki polis asuransi pendidikan ini?

Untuk masalah besarnya premi, semua itu berbeda-beda untuk masing-masing nasabah. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi besarnya premi tersebut.

Berikut adalah beberapa faktor yang mempengaruhi besarnya premi asuransi pendidikan tersebut:

1. Usia orang tua

Faktor pertama yang akan mempengaruhi besarnya premi dari asuransi pendidikan adalah usia dari orang tua.

Semakin lanjut usia orang tua yang ingin membeli polis asuransi pendidikan untuk buah hatinya, maka makin besar premi yang harus mereka bayarkan.

2. Kondisi kesehatan tertanggung

Faktor berikutnya yang juga sangat mempengaruhi besarnya premi dari asuransi pendidikan adalah kondisi kesehatan tertanggung.

Jika kondisi kesehatan tertanggung tergolong tidak baik, biasanya premi untuk bisa membeli polis asuransi pendidikan juga tinggi.

3. Usia anak

Faktor selanjutnya yang juga menentukan besaran nilai premi asuransi pendidikan adalah usia anak.

Jika usia anak mendekati usia masuk sekolah, maka biasanya premi yang harus anda bayarkan juga makin besar.

4. Target dana pendidikan yang anda butuhkan

Faktor lainnya yang juga sedikit banyak akan mempengaruhi nilai premi yang harus anda bayar untuk memiliki polis asuransi pendidikan adalah target dana pendidikan.

Semakin besar target dana pendidikan yang anda incar, maka makin besar pula premi yang harus anda bayarkan secara berkala.

5. Lamanya jangka asuransi

Faktor terakhir yang pastinya akan mempengaruhi nilai premi yang harus anda bayarkan adalah jangka asuransinya sendiri.

Makin lama jangka asuransinya, maka makin kecil nilai premi yang harus anda bayarkan. Dan begitu pula sebaliknya.

Cara Daftar Asuransi Pendidikan BRI

Apakah anda sudah tertarik untuk membeli polis asuransi dari BRI Life? Jika anda tertarik untuk memilikinya, berikut ini adalah beberapa cara daftar menjadi pemegang polisnya:

1. Melalui call center BRI Life

Cara daftar menjadi pemegang polis yang pertama adalah melalui call center BRI Life. Anda bisa menghubungi call center BRI Life di nomor 1500087.

2. Melalui cabang BRI Life

Selain melalui call center, anda juga bisa mendaftar menjadi pemegang polis dengan cara datang langsung ke cabang BRI Life terdekat di kota anda.

Bagaimana? Kalau anda sendiri kira-kira mau membeli polis asuransi pendidikan BRI ini untuk jangka berapa lama dan berapa target dana pendidikan yang anda butuhkan?