Beli Reksadana Online, Apa Kelebihannya Bagi Pemula?

Diposting pada

Dengan makin majunya teknologi internet, sekarang bahkan anda juga sudah bisa beli reksadana secara online. Jadi jika anda ingin berinvestasi di reksadana, anda sudah tidak perlu lagi datang langsung ke kantor APERD.

Hanya saja, memang belum semua orang mengetahui bahwa bisa membeli reksadana secara online itu banyak kelebihannya. Dan lagi, belum banyak orang yang mengetahui juga bagaimana caranya membeli reksadana secara online.

Bila anda masih belum mengetahui apa kelebihan dan bagaimana cara beli reksadana secara online, maka anda bisa baca informasi tersebut di dalam artikel ini.

Beragam Kelebihan Beli Reksadana Secara Online

Beli Reksadana Online

apakah bisa beli reksadana secara online saja itu ada banyak kelebihannya? Ternyata, bisa membeli reksadana secara online itu sangatlah menguntungkan.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan bisa membeli reksadana secara online tersebut:

1. Proses pembelian reksadana menjadi makin mudah

Karena tidak perlu datang ke kantor APERD secara langsung, maka secara tidak langsung pembelian reksadana secara online ini jelas makin mudah.

Anda sudah tidak perlu meluangkan waktu lagi jika ingin membeli investasi reksadana. Kenapa? Karena anda bisa membelinya langsung menggunakan smartphone.

2. Minimal pembelian reksadana makin kecil

Kelebihan berikutnya dari bisa membeli reksadana secara online adalah minimal pembelian investasi tersebut menjadi makin kecil.

Hal ini disebabkan karena makin banyak orang bisa berinvestasi di reksadana, oleh sebab itu minimal pembelian menjadi makin kecil.

3. Jauh lebih aman dengan investasi reksadana secara online

Karena tidak perlu datang langsung ke kantor APERD untuk membeli reksadana, maka secara otomatis dengan adanya fitur pembelian reksadana secara online ini juga menambah keamanan.

Hal tersebut karena anda tidak perlu melakukan transaksi dari luar rumah anda. Dan bukan hanya itu saja, dengan bisa membeli reksadana secara online, maka tidak ada satupun orang yang mengetahui bahwa anda berinvestasi di reksadana.

Postingan Terkait

Cara Beli Reksadana Secara Online

Setelah mengetahui apa saja kelebihan dari bisa beli reksadana online, pastinya banyak dari anda yang tertarik untuk mencoba berinvestasi reksadana secara online.

Lalu bagaimanakah cara untuk bisa membeli reksadana secara online tersebut? Bagi anda yang belum paham mengenai bagaimana caranya, anda bisa ikuti panduan berikut ini:

1. Pilih APERD terlebih dahulu

Meskipun sudah bisa beli reksadana secara online, namun anda tetap harus membeli reksadana melalui APERD atau Agen Penjual Reksa Dana. Anda tidak bisa membeli reksadana langsung di manager investasi.

Oleh sebab itu, pertama-tama anda wajib memilih APERD terlebih dahulu yang akan anda gunakan untuk membeli reksadana secara online.

2. Install aplikasi APERD pilihan anda

Setelah memilih APERD untuk membeli investasi reksadana, maka selanjutnya dapatkan dan pasang aplikasi APERD pilihan anda tersebut.

Pada umumnya, mayoritas APERD yang menyediakan pembelian reksadana secara online sudah menyediakan aplikasi yang bisa anda unduh dari Playstore maupun App Store.

3. Buat SID terlebih dahulu dari aplikasi APERD

Bila anda sudah memasang aplikasi milik APERD pilihan anda, hal berikutnya yang perlu anda lakukan adalah membuat SID.

Setelah memasang aplikasi APERD pilihan anda, memang anda belum bisa membeli reksadana sebelum memiliki SID (Single Investor Identification).

Biasanya, setiap aplikasi APERD akan langsung memberikan instruksi mengenai bagaimana cara membuat SID bagi anda yang belum memiliki.

Oleh sebab itu, anda hanya perlu mengikuti instruksi tersebut saja jika memang belum memiliki SID.

Dan perlu anda ketahui, proses pembuatan SID ini membutuhkan waktu. Jadi kemungkinan anda tidak bisa langsung berinvestasi reksadana di hari itu juga.

4. Pilih jenis reksadana yang ingin anda beli

Bila sudah ada konfirmasi bahwa SID anda sudah aktif, maka anda bisa mulai mencari jenis reksadana yang ingin anda beli.

Makin bagus APERD yang anda pilih, biasanya akan makin banyak pilihan jenis investasi reksadana yang bisa anda pilih.

Selain itu, APERD yang bagus juga biasanya menyediakan banyak pilihan manager investasi reksadana.

5. Tentukan nominal pembelian reksadana

Setelah anda memilih jenis investasi serta manager investasi reksadana, maka selanjutnya yang perlu anda lakukan hanyalah mengisi berapa nominal uang yang ingin anda investasikan.

Makin banyak uang yang anda investasikan, maka akan makin banyak unit yang bisa anda dapatkan dari manager investasi.

Jika anda sudah menentukan berapa nominal uang yang ingin anda investasikan pada sebuah manager investasi, maka hal terakhir yang perlu anda lakukan adalah membayar transaksi tersebut.

Mayoritas APERD saat ini juga sudah menyediakan pembayaran menggunakan banyak media. Anda bisa memilih transfer melalui virtual account maupun menggunakan dompet digital seperti OVO, Link Aja, bahkan Go Pay.

Rekomendasi Agen Penjualan Reksadana Online

Seperti yang sudah disebutkan, untuk bisa beli reksadana online, maka anda harus memilih APERD yang menyediakan layanan online.

Lalu apa sajakah APERD yang menyediakan layanan online tersebut? Berikut ini adalah beberapa rekomendasi APERD online yang bisa anda gunakan:

1. Bareksa

APERD pertama yang sudah mendukung proses beli reksadana online jelas adalah Bareksa.

Selain menyediakan layanan pembelian reksadana yang sangat praktis, reksadana ini juga memiliki banyak sekali kelebihan. Berikut adalah beberapa kelebihan dari Bareksa:

Kelebihan:

  • Memiliki sangat banyak pilihan manager investasi.
  • Minimal pembelian reksadana sangat terjangkau.
  • Tersedia banyak pilihan metode pembayaran reksadana.
  • Antarmuka aplikasinya sangat sederhana sehingga mudah untuk digunakan.

Untuk anda yang ingin mencoba membeli reksadana dari Bareksa, anda bisa mendapatkan aplikasinya dari Playstore maupun App Store.

2. Bibit

Selain Bareksa, anda yang ingin beli reksadana online juga bisa memilih Bibit sebagai APERD.

Seperti halnya Bareksa, Bibit juga memiliki banyak kelebihan sebagai salah satu APERD online. Berikut adalah beberapa kelebihannya:

Kelebihan:

  • Menyediakan fitur robo advisor untuk memandu memilih reksadana sesuai profil risiko anda.
  • Proses pencairan dana investasi juga paling cepat dari APERD online lain.
  • Sama sekali tidak menarik komisi apapun.
  • Investasi reksadana bisa anda lakukan hanya dengan dana sebesar Rp 100.000 saja.

Jika anda ingin mencoba beli reksadana online dari Bibit, maka anda bisa download terlebih dahulu aplikasinya dari Playstore ataupun App Store.

Postingan Terkait

Jadi bagaimana? Sekarang sudah paham bukan apa saja kelebihan dan juga bagaimana cara beli reksadana online itu?