Biaya Pasang Gigi Palsu di Tukang Gigi dan Dokter Gigi

Beranda / Internet / Biaya Pasang Gigi Palsu di Tukang Gigi dan Dokter Gigi

Mau tau berapakah biaya pasang gigi palsu di tukang gigi dan juga dokter gigi? Untuk anda yang berencana untuk membuat dan memasang gigi palsu, memang anda wajib harus cek terlebih dahulu berapa biayanya.

Jika berbicara mengenai biaya, memang biaya pasang gigi palsu di tukang gigi itu jauh lebih murah daripada di dokter gigi. Lalu kenapa biayanya bisa lebih murah? Dan manakah yang lebih aman jika anda memang ingin memasang gigi palsu?

Untuk anda yang ingin mengetahui informasi penting seputar pemasangan gigi palsu, maka anda bisa baca semua informasinya di dalam artikel ini.

Apa Perbedaan Tukang Gigi dan Dokter Gigi?

Sebelum membahas lebih detail mengenai berapa biaya pasang gigi palsu di tukang gigi dan juga dokter gigi, anda harus mengetahui terlebih dahulu apa perbedaan dari dokter gigi dan juga tukang gigi.

Sekilas, keduanya tampak sama. Hal tersebut karena keduanya terlihat mengurusi masalah gigi. Namun faktanya, ada banyak sekali yang membedakan antara tukang gigi dengan dokter gigi.

Berikut adalah beberapa contoh perbedaan dari tukang gigi dan juga dokter gigi:

1. Dari segi ilmu

Perbedaan pertama antara tukang gigi dengan dokter gigi itu adalah dari segi ilmunya. Jika anda bandingkan, dokter gigi memang memiliki ilmu yang lebih banyak untuk urusan kesehatan gigi.

Hal tersebut karena dokter gigi memang sekolah secara resmi dan memiliki ijasah. Sedangkan tukang gigi biasanya mendapatkan ilmu masalah kesehatan gigi secara turun temurun. Selain itu, tukang gigi juga tidak memiliki ijasah.

2. Dari segi aturan praktek

Selain berbeda dari segi ilmunya, baik dokter gigi dan juga tukang gigi itu berbeda dari segi aturan prateknya.

Sebenarnya Kementerian Kesehatan Republik Indonesia sudah membuat aturan tertulis mengenai ranah praktek yang boleh dilakukan oleh seorang tukang gigi dan dokter gigi.

Untuk tukang gigi sebenarnya hanya boleh melayani praktek untuk pembuatan gigi palsu yang jenis lepas pasang.

Sedangkan dokter gigi memiliki ijin praktek yang lebih luas mulai dari perawatan gigi hingga melakukan pemasangan gigi palsu jenis tanam

Selain 2 hal tersebut, masih ada satu lagi perbedaan antara tukang gigi dengan dokter gigi. Perbedaan berikutnya terletak pada biaya yang harus pasien bayar.

Jika anda datang ke dokter gigi, maka tarif yang harus anda bayarkan memang lebih mahal daripada di tukang gigi. Namun sekali lagi, hal tersebut cukup wajar karena ilmu yang dokter gigi miliki memang lebih banyak dari tukang gigi.

Dan bukan hanya itu saja, dokter gigi memang secara sah memiliki hak untuk membuka praktek di berbagai macam perawatan gigi.

Perhitungan Biaya Pasang Gigi Palsu di Tukang Gigi

Biaya Pasang Gigi Palsu di Tukang Gigi

Lalu berapakah biaya yang harus anda bayar jika ingin pasang gigi palsu di tukang gigi? Jika anda memang berminat untuk memasang gigi palsu di tukang gigi, maka berikut ini adalah perhitungan biaya yang harus anda bayarkan:

1. Biaya pasang gigi palsu satuan

Untuk anda yang berencana memasang gigi palsu di tukang gigi secara satuan, maka biaya yang harus anda bayarkan adalah sekitar Rp 200.000 per gigi.

Dengan biaya sebesar Rp 200.000, anda sudah bisa mendapatkan gigi palsu dari bahan akrilik. Jika anda ingin menggunakan bahan gigi palsu yang lebih bagus, maka anda harus membayar biaya sebesar Rp 300.000 sampai Rp 400.000 per gigi.

Dengan biaya sebesar Rp 300.000 sampai Rp 400.000, anda bisa mendapatkan gigi palsu yang terbuat dari bahan fleksi.

2. Biaya pasang gigi palsu satu set

Lalu bagaimana jika mayoritas gigi anda sudah harus diganti dengan gigi palsu? Jika mayoritas gigi anda sudah tidak ada, maka anda bisa memilih membuat gigi palsu satu set.

Jika anda bandingkan dengan biaya pasang gigi palsu di tukang gigi satuan, memang biaya pasang gigi palsu satu set ini jauh lebih murah.

Untuk biaya pemasangan gigi palsu satu set di tukang gigi adalah mulai dari Rp 600.000 hingga maksimal Rp 1.500.000.

Makin rumit struktur gigi dan makin bagus kualitas bahan gigi palsunya, maka makin mahal biaya yang harus anda bayar.

Perhitungan Biaya Pasang Gigi Palsu di Dokter Gigi

Anda sudah mengetahui berapa biaya pasang gigi palsu di tukang gigi. Lalu berapakah biaya yang harus anda bayar jika ingin memasang gigi palsu di dokter gigi?

Berikut ini adalah perhitungan lengkap biaya yang harus anda bayar jika ingin memasang gigi palsu di dokter gigi:

1. Konsultasi dengan dokter gigi

Sebelum bisa memasang gigi palsu di dokter gigi, anda terlebih dahulu harus berkonsultasi mengenai kondisi gigi anda.

Untuk berkonsultasi dengan dokter gigi ini, anda biasanya akan dikenakan tarif mulai dari Rp 100.000 sampai Rp 200.000.

Makin bagus track record dokter gigi yang anda datangi, maka makin mahal tarif konsultasinya.

2. Biaya rontgen gigi

Setelah berkonsultasi dengan dokter gigi mengenai kondisi gigi anda, hal berikutnya yang biasanya disarankan oleh dokter gigi adalah melakukan rontgen gigi.

Hal ini perlu anda lakukan untuk memastikan bahwa tidak ada saraf yang mengganggu di rahang anda.

Untuk melakukan rontgen gigi sendiri biasanya anda harus membayar di kisaran Rp 150.000 sampai maksimal Rp 350.000.

3. Biaya pembuatan gigi palsu

Jika anda sudah rontgen gigi, maka dokter gigi biasanya sudah bisa mulai melakukan pembuatan gigi palsu yang sesuai dengan kontur rahang anda.

Untuk biaya pembuatan gigi palsu di dokter gigi ini sendiri juga bermacam-macam biayanya. Namun kisaran biayanya adalah mulai dari Rp 600.000 sampai Rp 1.000.000 untuk pembuatan satu gigi palsu.

Sedangkan jika anda ingin membuat gigi palsu satu set, biaya yang harus anda bayarkan akan jauh lebih mahal lagi.

Perkiraan biaya yang harus anda bayarkan untuk membuat dan memasang satu set gigi palsu di dokter gigi adalah sekitar Rp 2.000.000 hingga tak terhingga.

Mana yang Lebih Baik Untuk Pasang Gigi Palsu?

Setelah mengetahui biaya pasang gigi palsu di tukang gigi dan juga dokter gigi, mungkin anda masih merasa bingung menentukan manakah yang terbaik untuk anda.

Jika anda memang memiliki dana, ada baiknya datang ke dokter gigi untuk melakukan pemasangan gigi palsu.

Kenapa? Hal tersebut karena anda bisa sekaligus melakukan pengecekan kesehatan gigi anda sebelum melakukan pemasangan gigi palsu.

Dan jika anda memang berencana untuk memasang gigi palsu jenis tanam, pastikan hanya melakukannya di dokter gigi yang memang sudah memiliki ijin.

Namun jika memang anda hanya berencana untuk membuat gigi palsu yang jenis lepas pasang, maka anda bisa membuatnya di tukang gigi. Hal tersebut karena biaya yang harus anda bayarkan jauh lebih murah.

Dan bukan hanya itu saja, risiko untuk membuat gigi palsu jenis lepas pasang di tukang gigi juga cukup ringan.

Bagaimana? Sekarang anda sudah paham bukan mengenai berapa biaya pasang gigi palsu di tukang gigi maupun di dokter gigi itu?