Biaya Periksa Mata di Optik dan Rumah Sakit Mata

Diposting pada

Anda memang tidak hanya bisa periksa kesehatan mata di rumah sakit saja. Selain di rumah sakit, anda juga bisa periksa kondisi kesehatan mata langsung di optik. Lalu apakah biaya periksa mata di optik itu sama dengan biaya periksa di rumah sakit mata?

Jika anda bandingkan dengan periksa kondisi kesehatan mata di rumah sakit, jelas biaya periksa mata di optik itu jauh lebih murah.

Karena biayanya jauh lebih murah, maka tidak heran jika lebih banyak orang memilih langsung periksa kesehatan mata di optik daripada di rumah sakit.

Biaya Periksa Mata di Optik

Lalu berapakah kisaran biaya periksa mata di optik itu? Jika anda ingin mengetahui secara detail mengenai hal tersebut, anda bisa pelajari selengkapnya di dalam artikel ini.

Kenapa Biaya Periksa Mata di Optik Jauh Lebih Murah?

Sebagian dari anda mungkin masih penasaran kenapa biaya periksa mata di optik itu jauh lebih murah jika anda bandingkan dengan periksa mata di rumah sakit.

Ada cukup banyak hal yang mempengaruhi hal tersebut. Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa periksa mata di optik itu lebih murah:

  • Ketersediaan alat yang terbatas

Alasan pertama kenapa biaya periksa mata di optik itu lebih murah jika anda bandingkan dengan di rumah sakit mata adalah karena ketersediaan alatnya.

Jika anda bandingkan, jumlah alat yang tersedia di optik dan di rumah sakit mata itu jelas sangat berbeda.

Bila anda memilih memeriksakan kesehatan mata di optik, maka kemungkinan besar alat-alat yang bisa anda gunakan sangat terbatas.

Selain terbatas, kecanggihan alat di optik dan di rumah sakit mata itu juga berbeda jauh. Oleh karena perbedaan di bagian alat tersebut, maka biaya untuk periksa mata di optik dan rumah sakit mata juga berbeda jauh.

  • Tim yang menangani proses pemeriksaan mata

Bukan hanya masalah ketersediaan alat saja, hal lain yang juga mempengaruhi kenapa biaya periksa mata di optik lebih murah dari di rumah sakit mata adalah karena tim yang menangani proses pemeriksaan mata.

Jika anda lebih memilih periksa mata di optik, maka yang menangani biasanya bukanlah dokter. Yang biasanya melayani pemeriksaan mata di optik hanyalah sebatas pegawai yang paham cara menggunakan alat untuk cek mata saja.

Sedangkan jika anda kontrol kesehatan mata di rumah sakit, maka yang menangani adalah perawat dan juga dokter spesialis mata yang memang sudah paham proses pemeriksaan mata.

  • Solusi untuk mengatasi masalah pada mata

Hal berikutnya yang juga membuat biaya periksa mata di optik itu jauh lebih murah dari periksa di rumah sakit mata adalah karena solusi untuk mengatasi masalah pada mata.

Jika anda periksa di optik, maka solusi yang bisa mereka sarankan adalah menggunakan kacamata. Hal tersebut karena memang optik hanya menjual kacamata saja.

Sedangkan jika anda periksa kesehatan mata di rumah sakit mata, anda belum tentu disarankan untuk menggunakan kacamata. Kemungkinan besar anda akan mendapatkan obat tetes dan perawatan intensif dari dokter spesialis mata.

Apa Kerugian Periksa Mata di Optik?

Jika anda merasakan ada keanehan pada penglihatan anda, maka sebaiknya segera konsultasikan hal tersebut ke dokter spesialis mata di rumah sakit.

Anda sebenarnya tidak disarankan untuk periksa kesehatan mata di optik meskipun biaya periksa mata di optik itu jauh lebih murah.

Lalu apa sebenarnya kerugian periksa kesehatan mata di optik? Berikut ini adalah beberapa kerugian yang harus siap anda hadapi jika periksa kesehatan mata di optik:

  • Tidak mendapatkan penanganan yang tepat

Seperti yang sudah dijelaskan, optik tidak akan memiliki solusi selain memberikan kacamata bagi anda yang mengalami masalah pada penglihatan.

Padahal, penglihatan anda bermasalah itu tidak selalu karena mengalami masalah mata minus ataupun plus. Bisa saja penglihatan anda tersebut terganggu karena adanya glaucoma atau tekanan bola mata yang meningkat.

Namun sayangnya, hal tersebut tidak akan bisa anda ketahui jika anda periksa kesehatan mata di optik.

  • Tidak bisa mengetahui adanya kelainan di dalam bola mata

Karena alat yang ada di optik sangatlah terbatas, maka hampir tidak mungkin optik bisa mendeteksi adanya kelainan pada bola mata.

Dan lagi, hal ini juga terpengaruh dari orang yang melakukan pemeriksaan. Karena bukan dilakukan oleh dokter spesialis, maka hampir tidak mungkin pemeriksaan kesehatan mata di optik itu bisa mengetahui adanya kelainan di dalam bola mata.

  • Berpotensi mengalami masalah yang lebih serius pada penglihatan anda

Karena tidak bisa menemukan adanya kelainan pada bola mata, maka secara otomatis periksa kesehatan mata di optik itu dapat membahayakan kondisi penglihatan anda.

Kenapa? Karena kelainan pada penglihatan anda akan makin parah jika tidak mendapatkan penanganan yang tepat.

Sayangnya, optik tidak akan bisa memberikan penanganan yang tepat untuk kelainan yang terjadi pada penglihatan anda.

Bagaimana Cara Periksa Mata Murah di Rumah Sakit Mata?

Memang benar, biaya periksa mata di optik itu jauh lebih murah dan bahkan bisa gratis. Namun sebenarnya, ada banyak cara untuk bisa periksa ke rumah sakit mata dengan biaya yang murah dan bahkan gratis.

Bagi anda yang ingin bisa periksa ke rumah sakit mata dengan biaya yang murah, anda bisa mengikuti program BPJS dari pemerintah.

Dengan mengikuti program BPJS dari pemerintah, maka anda akan mendapatkan pelayanan kesehatan dengan biaya yang sangat murah.

Hanya saja, memang anda harus sedikit bersabar untuk antri ketika ingin cek kondisi kesehatan mata di rumah sakit. Hal tersebut karena ada banyak orang yang juga menggunakan pelayanan BPJS.

Bagaimana? Sekarang sudah paham bukan kenapa biaya periksa mata di optik itu bisa jauh lebih murah dan bahkan gratis? Masih maukah anda periksa kesehatan mata di optik?