3 Cara Cek Saldo BRI Lewat HP via SMS, Mobile, dan Internet Banking

Diposting pada

Sebagian besar masyarakat tentu sudah memiliki rekening berbagai bank, termasuk BRI. Salah satu hal terpenting dalam rekening ini adalah mengetahui cara cek saldo BRI agar transaksi berjalan lancar.

Rekening bank BRI memiliki berbagai kegunaan seperti setor tunai, mutasi rekening, penarikan tunai, cek saldo, dan juga transfer. Beragam kegunaan tersebut sangat bermanfaat bagi nasabah dalam proses transaksi perbankan sehari-hari.

Melakukan cek saldo BRI menjadi hal terpenting sebelum melakukan setiap transaksi. Dengan cek saldo, maka sisa uang yang ada dalam rekening bisa diketahui. Jadi, sebuah transaksi bisa diperkirakan bisa berjalan lancar ataupun tidak. Untuk melakukan transaksi, diperlukan sisa saldo yang mencukupi. Transaksi tidak akan berhasil jika sisa saldo tidak mencukupi.

Fasilitas untuk mengecek saldo juga semakin mudah seiring dengan perkembangan teknologi. Bank BRI sendiri menyediakan beberapa layanan tambahan yang memudahkan nasabah untuk mengecek saldo. Jadi, nasabah tidak perlu repot-repot ke cabang bank terdekat ataupun ATM jika ingin mengecek saldo.

Jika ingin tahu fitur tambahan yang sudah disediakan untuk cek saldo BRI, nasabah bisa memperhatikan penjelasannya sebagai berikut. Jadi, bisa memahami dan mempraktikannya sendiri secara langsung.

Cara Cek Saldo BRI Lewat HP

Cara Cek Saldo BRI Lewat HP

Postingan Terkait

Cek Saldo BRI Melalui SMS Banking

SMS Banking menjadi cara cek saldo BRI pertama yang sangat mudah untuk dilakukan. Bagaimana tidak? Nasabah bisa mengecek saldo rekening secara berkala hanya dengan menggunakan layanan SMS dari smartphone. Meskipun cukup mudah, ada hal yang harus diperhatikan yaitu rekening harus terdaftar di SMS Banking terlebih dahulu.

Nasabah bisa mendatangi kantor cabang yang terdekat dengan tempat tinggal untuk mendaftarkan SMS Banking. Petugas Customer Service akan membantu proses pendaftaran SMS Banking hingga berhasil sehingga bisa dipakai oleh nasabah untuk melakukan berbagai transaksi. Oleh karena itu, pendaftarannya juga dimudahkan disamping kemudahan lain dalam penggunaannya.

Cek Saldo BRI Melalui SMS Banking

Jika nasabah ingin mengetahui cara cek saldo BRI melalui SMS Banking. Penjelasan mengenai langkah-langkahnya bisa disimak berikut ini.

  • Format untuk mengecek saldo rekening BRI adalah: SALDO <spasi> PIN ATM. Format ini dikirim ke 3300 agar pengecekan berjalan dengan lancar.
  • Sebagai contoh adalah SMS dengan format SALDO 807426 setelah itu dikirim ke 3300. Setelah itu tunggu sampai ada SMS balasan yang berisi informasi sisa rekening saldo nasabah.

Begitulah cara cek saldo rekening BRI via SMS Banking. Cara ini cukup mudah baik pelaksanaannya ataupun pada saat pendaftarannya. Saat akan transfer, cek saldo juga memastikan bahwa sisa yang ada dalam rekening masih mencukupi. Selain itu, kegunaan cek saldo sudah dijelaskan dalam berbagai situs resmi BRI yang terpercaya.

Cek Saldo ATM BRI Lewat Aplikasi BRI Mobile

Aplikasi BRI Mobile menjadi cara cek saldo BRI yang kedua. Cara ini bisa dilakukan menggunakan handphone karena hanya perlu menginstall aplikasi BRI Mobile. Selain itu, jaringan internet haruslah dalam kondisi yang baik agar proses pengecekan nanti bisa berjalan dengan lancar.

Nasabah diharuskan melakukan pendaftaran dulu ke kantor cabang BRI yang terdekat. Hal ini sama seperti menggunakan fitur SMS Banking dari BRI. Petugas Customer Sevice akan membantu nasabah dalam hal pendaftaran Aplikasi BRI Mobile sampai berhasil sehingga bisa digunakan untuk mengecek saldo rekening.

Nasabah bisa menggunakan Aplikasi BRI Mobile untuk cek saldo BRI jika pendaftarannya berhasil. Untuk langkah-langkahnya sendiri sangat mudah dan tidak merepotkan. Nasabah bisa menyimak penjelasan cara cek saldo rekening BRI melalui aplikasi BRI Mobile berikut ini:

  • Unduh Aplikasi BRI Mobile pada App Store (iOS) atau Play Store (Android) terlebih dahulu.
  • Sebelumnya pastikan dulu koneksi internet di smartphone lancar. Lalu, bukalah aplikasi BRI Mobile.
  • Pilih opsi ‘Mobile Banking BRI’ pada tampilan utama aplikasi.
  • Pilih kembali opsi ‘Info’ pada tampilan menu Mobile Banking BRI.
  • Pilih lagi opsi ‘Info Saldo’ pada tampilan menu info.
  • Input PIN rekening yang sudah didaftarkan saat pembukaan sebelumnya.
  • Notifikasi transaksi yang akan menggunakan SMS akan muncul. Silahkan pilih opsi ‘Ok’ agar proses pengecekan saldo bisa dilanjutkan.
  • Tunggu sampai ada SMS masuk. Jika sudah, silahkan buka SMS yang berisi informasi nominal saldo dalam rekening.

Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam cara ini adalah adanya biaya pulsa bagi nasabah. Hal ini dikarenakan setiap notifikasi cek saldo yang masuk akan menyedot pulsa. Oleh karena itu, mempersiapkan pulsa menjadi hal yang penting dalam cara ini. Dengan begitu, nasabah bisa mengecek rekening terus menerus menggunakan BRI Mobile.

Cara Cek Saldo BRI Via Internet Banking

Cara Cek Saldo BRI Via Internet Banking

Internet banking menjadi cara ketiga untuk cek saldo BRI. Cara ini sangat memudahkan nasabah karena saldo pulsa tidak diperlukan seperti penggunaan Mobile Banking dan SMS Banking. Jadi, Internet banking bisa digunakan untuk mengecek saldo langsung tanpa ribet.

Meskipun caranya cukup simpel, nasabah harus mendaftar dulu jika ingin menggunakan layanan internet banking untuk mengecek saldo. Untuk mendaftarkan layanan ini cukup mudah yaitu tinggal pergi ke kantor cabang BRI yang terdekat dengan tempat tinggal. Petugas customer service akan membantu proses pendaftaran Internet banking sampai berhasil sehingga bisa digunakan nasabah untuk mengecek saldo.

Proses untuk mendaftarkan internet banking BRI selanjutnya adalah melalui ATM. Hal ini dilakukan setelah mendaftar lewat kantor cabang. Untuk prosedur pendaftarannya lebih lanjut bisa melihat di laman web resmi BRI. Selain itu, bisa juga menanyakan kepada customer service saat mendaftarkan internet banking BRI di kantor cabang.

Proses cek saldo BRI bisa dilakukan langsung jika pendaftaran Internet banking berhasil. Hal ini tentu memudahkan para nasabah karena tidak perlu mempersiapkan saldo pulsa. Cara cek saldo rekening BRI via internet banking akan dijelaskan berikut ini:

  • Bukalah alamat ib.bri.co.id/ib-bri untuk masuk ke website resmi Internet Banking BNI.
  • Login terlebih dahulu untuk akun Internet Banking beserta password.
  • Pada tampilan utama, pilihlah opsi ‘Informasi Rekening’. Setelah itu nominal saldo yang tersisa di rekening akan muncul.

Cara-cara cek saldo rekening BRI yang sudah dipaparkan di atas memang sangat memudahkan nasabah. Salah satu cara di atas bisa digunakan jika ingin mengecek saldo rekening BRI. Cara tersebut bisa disesuaikan dengan keinginan maupun kebutuhan.

FAQ (Frequently Asked Questions)

Setelah memahami penjelasan di atas, tentu informasi cek saldo BRI sudah dipahami. Jika nasabah memiliki pertanyaan terkait hal ini, ada FAQ yang bisa diperhatikan sebagai berikut.

Cara apa saja yang bisa dilakukan untuk cek saldo Bank BRI melalui Handphone?

  • Nasabah bisa menggunakan Internet Banking, Mobile Banking, dan SMS Banking untuk mengecek via HP.

Bisakah mengecek saldo rekening BRI Online secara langsung?

  • Bisa, tetapi nasabah harus melakukan aktivasi di kantor cabang BRI dan ATM terlebih dahulu.

Jika mengecek saldo rekening BRI via SMS, apa dikenai biaya?

  • Tidak, nasabah hanya dikenai biaya SMS sesuai kebijakan provider masing-masing.

Apa penyebab gagalnya mengecek saldo rekening BRI melalui SMS?

  • Nasabah belum mengaktivasi layanan SMS Banking BRI di Kantor Cabang dan juga ATM.

Jika mengecek saldo di BRI Mobile, apa dikenai biaya?

  • Tidak dikenai biaya

Jika mengecek saldo melalui Internet Banking, apakah dikenai biaya tertentu?

  • Tidak dikenai biaya

Postingan Terkait

Penjelasan mengenai cara cek saldo BRI lewat HP di atas sebaiknya dipahami oleh para nasabah. Hal ini penting untuk memastikan setiap proses transaksi bisa berjalan dengan lancar. Selain BRI, para nasabah bank lain juga harus paham mengenai cara untuk mengecek saldo di rekening masing-masing. Untuk mengetahuinya bisa melihat di website resmi ataupun menghubungi call center bank tersebut.