Cara Daftar GrabFood dengan Mudah dan Cepat Terbaru 2021

Diposting pada

Semakin maraknya layanan ojek online seperti Grab dengan berbagai fitur yang memudahkan penggunanya, ternyata juga membawa keuntungan bagi pihak lain. Salah satunya adalah pemilik usaha kuliner dari yang berskala kecil hingga menengah. Keuntungan ini didapat dari fitur GrabFood yang disediakan layanan ini. Sebelum itu pemilik usaha kuliner harus tahu dulu bagaimana cara daftar GrabFood untuk bisa tergabung di dalamnya.

Cara Mendaftar GrabFood

Cara Mendaftar GrabFood

GrabFood sendiri merupakan layanan pesan antar makanan atau minuman dari Grab. Layanan ini tidak hanya disukai oleh pengguna aplikasi Grab saja, namun juga pemilik rumah makan yang bekerjasama dengan Grab. Dengan adanya layanan ini, pemilik usaha kuliner bisa lebih meningkatkan penjualan.

Untuk bisa bekerjasama dengan Grab sehingga nama warung atau usaha kuliner Anda ada di dalam aplikasi Grab, pemilik harus mendaftar terlebih dahulu. Dengan mendaftar menjadi mitra Grab, pemilik usaha kuliner ini akan dijamin mendapatkan banyak keuntungan. Nah, sebelum mengetahui bagaimana cara daftar GrabFood, Anda harus tahu dulu apa saja keuntungan yang bisa didapat jika bekerjasama dengan Grab.

Keuntungan Bergabung GrabFood

1. Bisa Menjangkau Konsumen Lebih Luas

Jika Anda sudah tahu cara daftar GrabFood dan sudah bergabung menjadi mitra, keuntungan pertama yang pasti Anda dapatkan adalah bisa menjangkau konsumen lebih luas lagi. Tidak seperti jika Anda hanya menjalankan bisnis kuliner secara konvensional, konsumen Anda mungkin hanya terbatas orang-orang sekitar dan konsumen yang sudah menjadi pelanggan.

Namun, berbeda jika Anda sudah bergabung menjadi mitra GrabFood, maka jangkauan konsumen Anda jadi lebih luas. Konsumen yang lokasinya jauh dari tempat bisnis kuliner Anda pun bisa menjangkaunya.

2. Meningkatkan Pendapatan Usaha Kuliner

Ketika Anda sudah tahu cara daftar Grabfood dan sudah bergabung menjadi mitra, jangkauan konsumen usaha kulinerr Anda jadi semakin luas. Pada akhirnya, ketika jaringan konsumen semakin luas, maka pendapatan yang bisa Anda hasilkan pun jadi semakin besar.

3. Bisa Menjadi Media Promosi Hingga Ke Luar Daerah

Ketika usaha bisnis kuliner Anda sudah tergabung menjadi mitra Grab, maka hal ini bisa menjadi peluang untuk mempromosikan usaha Anda lebih luas lagi, bahkan hingga ke luar daerah. Dengan begitu, meski Anda belum berkesempatan membuka cabang hingga ke luar daerah, namun masyarakat dari luar daerah tetap bisa mengenal usaha kuliner tersebut.

4. Tidak Perlu Repot Menyediakan Layanan Antar Makanan

Ini adalah keuntungan yang pasti menguntungkan bagi pemilik usaha kuliner. Ketika konsumen membutuhkan layanan antar makanan, penjual tidak perlu lagi harus repot menyediakan layanan pengantaran makanan. Penjual hanya tinggal melayani pesanan sesuai yang diberikan oleh drivr Grab untuk kemudian diantarkan ke alamat tujuan.

Panduan Pajak Restoran

Satu hal penting yang harus diketahui oleh mitra GrabFood selain cara daftar GrabFood adalah panduan pajak restoran. Hal ini harus diketahui sehingga pemilik bisnis tahu bagaimana panduan untuk pajak restoran yang dikelola.

  • Harga tidak memiliki pajak: harga makanan adalah harga asli tanpa ada tambahan pajak.
  • Harga termasuk pajak atau harga inclusive: harga makanan telah dipotong pajak sebesar 10%. Jadi, saat konsumen melakukan pemesanan, maka harga yang dibayarkan sudah termasuk pajak tersebut.
  • Harga tidak termasuk pajak atau harga exclusive: Harga makanan masih akan ditambahkan dengan pajak sebesar yang berlaku di restoran tersebut.
  • Service Fee: Harga makanan nantinya masih akan dibagi dengan biaya service yang telah ditentukan oleh restoran.

Panduan Mencari Lokasi Restoran

Sebelum mempelajari cara daftar GrabFood, pemilik bisnis kuliner yang akan menjadi mitra Grab tentu harus mengarahkan lokasi restoran atau tempat bisnisnya pada Grab lebih dulu. Untuk mengetahui letak atau lokasi restoran Anda, ada dua cara yang bisa digunakan melalui aplikasi Google Maps atau melalui browser yang diakses dari komputer. Berikut penjelasannya.

1. Melalui Aplikasi Google Maps

  • Buka aplikasi Google Maps lebih dulu.
  • Cari alamat restoran Anda di aplikasi Google Maps.
  • Jika sudah ketemu, geser sambil tahan ikon yang berbentuk seperti pin berwarna merah sampai nantinya muncul informasi “Dropped Pin” atau “Pin Dipasang”.
  • Selanjutnya pilih pada menu “Info Selengkapnya” kemudian geser laman tersebut ke atas.
  • Tahan titik koordinat tersebut lalu lepaskan apabila sudah mendapat pemberitahuan “Koordinat disalin ke clipboard”.
  • Simpan titik koordinasi restoran yang sudah Anda temukan. Titik koordinat ini nantinya akan dipakai saat mengisi formulir dalam rangkaian cara daftar GrabFood.

2. Melalui Browser di Komputer

  • Buka aplikasi browser dari komputer Anda. Bisa menggunakan Mozilla, Chrome, Safari atau layanan browser lainnya.
  • Masuk ke situs Google Maps di halaman www.google.com/maps.
  • Jika sudah masuk ke laman Google Maps, cari alamat restoran Anda di situs ini. Agar alamat bisa ditemukan, Anda bisa masukkan nomor jalan yang bisa menjadi acuan alamat restoran.
  • Setelah alamat restoran sudah ditemukan, klik di titik yang berkaitan (pin berwarna merah) pada Google Maps.
  • Klik kanan pada titik tersebut. Setelah itu klik pada menu “What’s Here” atau “Ada Apa Disini”.
  • Salin atau copy titik koordinat yang tampil pada kotak kecil.
  • Simpan titik koordinat tersebut karena nanti akan dipakai dalam proses pendaftaran menjadi mitra GrabFood Anda.

Panduan Foto Produk Makanan di Aplikasi

Saat menggunakan fitur GrabFood di aplikasi Grab, pengguna atau konsumen akan disediakan gambar produk makanan sebagai referensi dari produk yang akan dibeli. Nah, hal ini juga termasuk dalam satu aspek yang harus diperhatikan oleh pemilik bisnis kuliner dalam mendaftar GrabFood.  Lalu bagaimana panduannya?

  • Siapkan beberapa foto untuk dipasang di halaman restoran Anda pada aplikasi Grab. Foto yang harus disiapkan antara lain foto logo restoran, foto makanan, foto daftar menu hingga foto restorannya.
  • Foto makanan akan dipakai untuk daftar menu restoran pada aplikasi Grab. Foto harus berorientasi landscape berukuran minimal 540×300 piksel.
  • Foto harus jelas, tidak buram dan bebas dari plagiarisme.
  • Buat foto semenarik mungkin untuk lebih menarik pengguna aplikasi Grab.

Syarat Daftar GrabFood

Syarat Daftar GrabFood

Sebelum mulai langkah-langkah daftar GrabFood, pemilik restoran yang akan menjadi mitra Grab harus sudah memenuhi persyaratan yang diberikan. Ada persyaratan dokumen, foto dan informasi yang harus dipenuhi.

  • Harus sudah memiliki profil restoran, mulai dari nama restoran, alamat, nomor telepon, email dan akun sosial media jika ada.
  • Foto KTP dari pemilik bisnis kuliner atau pihak yang bertanggung jawab atas restoran tersebut.
  • Foto selfie sambil memegang KTP.
  • Foto NPWP yang asli. Tanpa NPWP ini maka Anda tidak akan bisa melanjutkan daftar GrabFood.
  • Foto daftar menu makanan dan minuman yang disediakan restoran. Sertakan juga nama dan harga makanan lengkap untuk nantinya ditampilkan di GrabFood.
  • Foto makanan sesuai menu yang disediakan.
  • Foto restoran dari tampak depan.
  • Foto restoran dari dalam.
  • Foto logo restoran atau warung jika punya.
  • Foto rekening tabungan atau e-banking. Pastikan nomor rekening terlihat jelas.

Cara Daftar GrabFood

Cara Daftar GrabFood

Kalau semua persyaratan yang disebutkan di atas sudah terpenuhi, selanjutnya Anda sudah bisa memulai daftar GrabFood menjadi mitra. Agar restoran Anda bisa masuk dalam daftar GrabFood, perhatikan cara berikut:

  1. Langkah pertama cara daftar GrabFood adalah masuk ke laman resmi Grab di www.grab.com/id/merchant/food/.
  2. Setelah masuk, isi formulir pendaftaran yang disediakan. Isikan data dan identitas yang dibutuhkan dengan sebenar-benarnya sesuai keadaan restoran aslinya. Data yang harus diisi diantaranya nama restoran, nama pemilik, alamat, nomor telpon dan catatan.
  3. Setelah semua data terisi, klik pada captcha atau klik autentifikasi. Lanjutkan dengan klik paada menu “Daftar”.
  4. Cek kotak masuk email yang Anda daftarkan atau Anda isikan dalam formulir sebelumnya. Jika sudah ada email masuk, maka Anda akan diminta untuk melanjutkan proses pendaftaran.
  5. Lanjutkan pendaftaran dengan klik pada menu “Registrasi Restoran di GrabFood”, maka selanjutnya Anda akan dialihkan ke laman help.grab.com.
  6. Scroll ke bawah sampai Anda menemukan menu formulir.
  7. Langkah berikutnya dari cara daftar GrabFood ini, isikan formulir tersebut dengan data yang benar. Isi dengan teliti agar tidak ada data yang terlewat. Pada bagian paling bawah, tekan tanda panah berwarna hijau.
  8. Jika sudah, cara daftar GrabFood selanjutnya adalah Anda diminta untuk mengisi jadwal restoran. Informasi ini nantinya akan ditampilkan pada aplikasi untuk menginformasikan jadwal buka dan tutup restoran. Tekan tanda panah hijau untuk melanjutkan proses.
  9. Isikan menu restoran, dari mulai nama, jenis dan nama menu makanan & minuman hingga harganya. Kalau akan menambah menu, tekan pada ikon tanda plus (+). Jika semua menu sudah, klik “Kirim”.
  10. Berikutnya akan ditampilkan pemberitahuan bahwa pendaftaran restoran sudah diterima. Klik “Selesai” maka cara daftar GrabFood juga sudah selesai. Tunggu sampai data Anda diperiksa oleh tim GrabFood. Kalau permintaan diterima, tim GrabFood akan memberikan pemberitahuan melalui email dan lokasi restoran juga sudah aktif.

Demikian tadi hal-hal yang harus disiapkan dan bagaimana cara daftar GrabFood. Dengan mendaftar menjadi mitra GrabFood, bisnis kuliner yang Anda jalankan bisa terbantu untuk berkembang lebih luas lagi.