Cara Ganti Email BNI Mobile Banking yang Tepat

Beranda / Perbankan / Cara Ganti Email BNI Mobile Banking yang Tepat

Untuk bisa menggunakan BNI Mobile Banking, anda memang harus memasukkan alamat email. Lalu bagaimana jika anda lupa dengan alamat email yang sudah anda daftarkan? Bagaimana cara ganti email BNI Mobile Banking tersebut?

Selama ini memang banyak orang menganggap bahwa email yang anda daftarkan di BNI Mobile Banking itu tidak bisa anda ganti. Namun sebenarnya hal tersebut bisa anda ganti. Hanya saja, memang proses untuk mengganti alamat email tersebut cukup rumit.

Jika anda perlu mengganti alamat email yang terhubung dengan BNI Mobile Banking, anda bisa pelajari bagaimana caranya di dalam artikel ini.

Apa Fungsi Email di BNI Mobile Banking?

Sebelum menjabarkan mengenai bagaimana cara ganti email BNI Mobile Banking, tentunya masih banyak dari anda yang belum paham apa fungsi dari alamat email di dalam fitur BNI Mobile Banking itu.

Meskipun terlihat tidak begitu anda butuhkan, ternyata fungsi email di dalam BNI Mobile Banking itu sangat penting.

Fungsi pertama dari alamat email yang anda daftarkan di BNI Mobile Banking itu adalah untuk penerima notifikasi ketika ada transaksi dari akun anda.

Jadi setiap kali anda selesai melakukan transaksi menggunakan BNI Mobile Banking, maka informasi mengenai transaksi tersebut akan dikirimkan ke email anda.

Selain itu, alamat email yang anda daftarkan saat membuat akun BNI Mobile Banking itu juga akan sangat anda butuhkan ketika anda lupa dengan username maupun password untuk login ke dalam akun BNI Mobile Banking.

Nantinya, proses verifikasi penggantian username dan juga password akun BNI Mobile Banking akan dikirimkan ke email anda.

Karena fungsinya begitu penting, maka sudah pasti anda harus segera mengganti alamat email yang terdaftar di BNI Mobile Banking jika alamat email yang lama sudah tidak bisa anda akses lagi.

Berbagai Syarat Untuk Mengganti Alamat Email BNI Mobile Banking

Setelah mengetahui apa pentingnya mengganti alamat email yang sudah tidak aktif di BNI Mobile Banking, anda juga perlu mengetahui apa saja syarat yang harus anda penuhi untuk bisa mengganti alamat email tersebut.

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus anda persiapkan untuk bisa mengganti alamat email yang terdaftar di BNI Mobile Banking:

  • Buku tabungan BNI
  • HP yang sudah terpasang aplikasi BNI Mobile Banking
  • Alamat email baru

Semua hal tersebut sudah harus anda siapkan jika anda ingin mengubah alamat email yang terhubung dengan BNI Mobile Banking.

Langkah-Langkah Ganti Email yang Terdaftar di BNI Mobile Banking

Cara Ganti Email BNI Mobile Banking

Setelah mengetahui seberapa pentingnya fungsi alamat email bagi anda yang menggunakan BNI Mobile Banking, sekarang anda bisa mempelajari bagaimana cara ganti email BNI Mobile Banking.

Sebagian besar dari anda mungkin saja berpikir bahwa alamat email yang terdaftar di BNI Mobile Banking itu bisa anda ubah melalui aplikasi ataupun mesin ATM BNI.

Namun sayangnya, hal tersebut hanya bisa anda ubah dengan datang langsung ke kantor cabang BNI terdekat. Jadi mau tidak mau hal ini harus anda selesaikan dengan cara offline.

Berikut ini langkah-langkah untuk mengubah alamat email yang terdaftar di BNI Mobile Banking tersebut:

  1. Datang langsung ke cabang BNI terdekat.
  2. Kemudian, mintalah antrian untuk bagian customer service.
  3. Jika nomor anda sudah dipanggil, anda bisa utarakan kepada customer service mengenai tujuan anda untuk mengganti alamat email di dalam akun BNI Mobile Banking.
  4. Setelah itu, customer service akan meminta beberapa data penting yang berhubungan dengan akun anda.
  5. Bila semua itu sudah anda berikan, maka customer service akan membantu mengubah alamat email anda yang lama dengan yang baru.

Jika alamat email anda sudah berhasil diubah, maka anda bisa coba lakukan transaksi menggunakan BNI Mobile Banking. Setelah selesai melakukan transaksi, seharusnya notifikasi transaksi tersebut akan terkirim di alamat email baru anda.

Bila notifikasi transaksinya belum terkirim, anda bisa cek kembali apakah alamat email yang anda daftarkan sudah benar atau ada salah penulisan.

Berapa Biaya yang Harus Anda Bayar Untuk Mengganti Email BNI Mobile Banking?

Setelah anda mengetahui bagaimana cara ganti email BNI Mobile Banking, pastinya ada beberapa dari anda yang penasaran mengenai berapa biaya yang harus anda bayar untuk mengganti alamat email tersebut.

Khusus untuk penggantian alamat email yang terdaftar di BNI Mobile Banking, anda sama sekali tidak perlu membayar apapun. Jadi anda hanya perlu datang ke kantor cabang BNI terdekat dan membawa persyaratannya saja.

Bagaimana Cara Mengganti Nomor HP yang Terdaftar di BNI Mobile Banking?

Lalu bagaimana dengan nomor HP yang terdaftar di BNI Mobile Banking? Apakah nomor HP tersebut juga bisa anda ganti?

Jika nomor HP yang terdaftar di akun BNI Mobile Banking juga sudah tidak aktif, maka anda juga bisa menggantinya. Namun berbeda dengan cara ganti email BNI Mobile Banking, ketika anda ingin mengganti nomor HP, anda akan dikenakan biaya penggantian.

Untuk penggantian nomor HP ini, anda biasanya akan dikenakan biaya sebesar Rp 10.000. Dan biaya tersebut bisa anda bayar secara tunai maupun dengan metode potong saldo tabungan.

Dan seperti halnya mengganti alamat email, anda harus menyiapkan sebuah nomor HP yang sudah aktif untuk menggantikan nomor HP yang sudah terdaftar di akun BNI Mobile Banking.

Jadi seperti itulah cara ganti email ataupun ganti nomor HP di akun BNI Mobile Banking. Bagaimana? Tidak begitu rumit bukan sebenarnya?