Cara Instal Ulang HP Vivo Tanpa Laptop atau PC

Beranda / Tips & Trik / Cara Instal Ulang HP Vivo Tanpa Laptop atau PC

Apakah anda sedang mencari bagaimana cara instal ulang HP Vivo? Menurut banyak orang, anda membutuhkan laptop ataupun PC untuk melakukan install ulang pada HP Android merek apapun.

Namun sebenarnya, ada cukup banyak cara yang bisa anda gunakan untuk install ulang sistem operasi di HP Vivo tanpa bantuan PC maupun laptop.

Lalu bagaimanakah cara melakukan install ulang HP Android tanpa menggunakan laptop maupun PC tersebut? Jika anda ingin mengetahui langkah-langkah untuk install ulang HP Android tersebut, anda bisa pelajari selengkapnya di artikel ini.

Apa Itu Install Ulang HP Android Merek Vivo?

Sebelum membahas mengenai cara instal ulang HP Vivo, pastinya ada sebagian dari anda yang masih bingung dengan maksud dari install ulang HP Android khususnya mereka Vivo.

Sebenarnya apa maksud dari install ulang HP Android tersebut? Maksud dari install ulang itu adalah mengembalikan semua pengaturan di HP Android tersebut ke pengaturan pabrik.

Itu artinya, semua file dan juga aplikasi yang sudah anda install di dalam HP tersebut akan hilang saat anda melakukan install ulang.

Kapan Anda Harus Melakukan Install Ulang Pada HP Android?

Setelah mengetahui bahwa sebenarnya install ulang itu adalah reset pengaturan sistem operasi Android, pastinya anda juga penasaran bukan mengenai kapan seharusnya anda install ulang HP yang anda miliki.

Sebenarnya anda bisa melakukan install ulang kapanpun anda mau. Namun memang ada saat-saat tertentu dimana anda sangat disarankan untuk melakukan install ulang ataupun reset pengaturan pabrik pada HP anda.

Berikut ini adalah waktu yang paling tepat untuk melakukan install ulang ataupun reset pengaturan HP Android yang anda miliki:

1. Sebelum menjual HP Android yang anda miliki

Waktu yang paling tepat untuk melakukan install ulang HP Vivo ataupun HP merek lainnya adalah sebelum anda menjual HP tersebut.

Kenapa anda harus install ulang HP Vivo atau merek apapun sebelum anda menjualnya? Dengan melakukan install ulang, maka anda secara otomatis akan menghapus semua data-data penting yang anda simpan di dalam HP.

Berbagai macam hal yang akan terhapus dari HP tersebut adalah seperti:

  • History anda dalam menjelajah dunia maya.
  • Akun Google yang anda sambungkan dengan HP tersebut.
  • Akun Whatsapp yang anda gunakan di HP tersebut.
  • Berbagai macam aplikasi yang anda install di dalam HP.

Dengan menghapus semua hal tersebut dari HP anda, maka anda sudah siap menjual HP tersebut kepada orang lain.

2. Saat HP Vivo anda sering mengalami freeze

Waktu yang paling tepat berikutnya untuk melakukan reset pengaturan ataupun install ulang pada HP Vivo yang anda miliki adalah saat HP tersebut mulai sering mengalami freeze.

Jika HP Android yang anda gunakan sudah mulai sering mengalami freeze, maka itu artinya sudah ada terlalu banyak data sampah yang tersimpan di dalam memori internalnya.

Cara tercepat untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan melakukan reset pengaturan ataupun install ulang sistem operasi Androidnya.

3. Ketika HP Vivo mulai terasa terserang virus

Selain sebelum menjual HP dan juga jika HP sudah mulai sering mengalami freeze, anda juga sangat disarankan untuk mulai melakukan install ulang HP Android ketika HP tersebut mulai terlihat terserang virus.

Memang benar, anda bisa mencoba menghapus virus tersebut dengan install aplikasi antivirus. Namun cara yang paling cepat dan juga paling efektif adalah dengan reset pengaturan pada HP anda.

Dengan reset pengaturan atau install ulang HP Vivo anda, maka secara otomatis semua virus yang ada di dalam HP anda juga akan ikut hilang.

Cara Instal Ulang HP Vivo dari Menu Setting

Cara Instal Ulang HP Vivo

Anda sudah mengetahui kapan waktu yang paling tepat untuk melakukan instal ulang pada HP Vivo atau HP Android merek apapun.

Sekarang anda bisa mempelajari bagaimana cara instal ulang HP Vivo tersebut tanpa menggunakan bantuan laptop maupun PC.

Cara yang pertama untuk melakukan instal ulang pada HP Vivo yang anda miliki adalah langsung dari dalam menu Pengaturannya.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk melakukan instal ulang pada HP Vivo melalui menu Pengaturan:

  1. Pertama, buka menu Pengaturan pada HP Vivo yang anda miliki.
  2. Kemudian, gulirkan layar HP anda sampai menemukan menu Pengaturan Lainnya atau More Setting.
  3. Masuk pada menu tersebut. Setelah masuk ke dalam menu Pengaturan Lainnya, anda bisa cari menu Backup and Reset atau Cadangkan dan Reset.
  4. Pilih menu tersebut.
  5. Setelah anda memilih menu tersebut, akan muncul pilihan Erase All Data atau Hapus Semua Data.
  6. Selanjutnya, tekan tombol Clear Now untuk memulai proses instal ulang atau reset HP Vivo anda.
  7. Jika anda menekan tombol Clear Now tersebut, maka HP anda akan secara otomatis restart dan masuk dalam menu loading.
  8. Tunggu hingga proses loading selesai.
  9. Ketika proses loading selesai, maka HP akan menyala dan akan meminta anda untuk memasukkan akun Google dan melakukan pengaturan penggunaan.

Catatan:

Jika anda ingin menggunakan cara instal ulang HP Vivo yang pertama ini, ada baiknya pastikan baterai HP Vivo anda sudah terisi penuh.

Hal tersebut karena proses reset atau instal ulang sistem operasi Android di HP ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Jika baterai HP anda sudah dalam kondisi low, maka kemungkinan proses reset atau instal ulang ini bisa gagal.

Cara Instal Ulang HP Vivo Dengan Menggunakan Kombinasi Tombol

Selain bisa anda install ulang dengan melalui menu Pengaturan atau Setting, sebenarnya HP Vivo maupun HP Android merek apapun itu juga bisa anda install ulang menggunakan kombinasi tombol.

Lalu bagaimanakah cara instal ulang HP Vivo dengan menggunakan kombinasi tombol tersebut? Berikut ini adalah langkah-langkah untuk install ulang atau reset HP Vivo menggunakan kombinasi tombol:

  1. Pertama, matikan terlebih dahulu HP Vivo yang ingin anda reset atau install ulang sistem operasinya.
  2. Setelah HP benar-benar dalam kondisi mati, anda bisa menekan kombinasi tombol Volume Up dengan tombol Power secara bersamaan.
  3. Tunggu hingga HP hidup kembali.
  4. Saat HP mulai booting ke dalam sistem operasi Android, anda bisa melepaskan tombol Power dan tetap menekan tombol Volume Up.
  5. Jika anda mengikuti panduan tersebut dengan benar, maka di layar HP akan muncul beberapa menu. Cari dan pilih menu Wipe Data atau Erase Data.
  6. Anda bisa memilih menu tersebut dengan cara menggunakan tombol Volume Up untuk memilih menu yang di bagian atas dan Volume Down untuk memilih menu di bagian bawah.
  7. Setelah memilih menu tersebut, HP Vivo anda akan mulai masuk dalam menu loading.
  8. Tunggu hingga proses reset atau install ulang selesai.

Jika proses reset atau install ulang HP Vivo sudah selesai, maka HP anda akan hidup kembali dan meminta anda untuk memasukkan akun Google seperti ketika pertama kali akan anda gunakan.

Kalau anda sendiri, cara instal ulang HP Vivo seperti apa yang biasa anda gunakan? Apakah anda juga menggunakan kedua cara reset atau install ulang seperti yang sudah dibahas di artikel ini?