Cara Keluar dari Mode Aman di Handphone Xiaomi Semua Tipe

Beranda / Tips & Trik / Cara Keluar dari Mode Aman di Handphone Xiaomi Semua Tipe

Apakah HP Xiaomi yang anda miliki masuk ke dalam mode aman? Apakah anda masih belum mengetahui bagaimana cara keluar dari mode aman di handphone Xiaomi?

Bila HP Xiaomi yang anda miliki masuk dalam mode aman, sebenarnya hal tersebut menjadi tanda bahwa ada yang tidak beres di dalam sistem operasinya.

Oleh sebab itu, anda harus mengatasi masalahnya terlebih dahulu sebelum bisa keluar dari mode aman tersebut. Namun sayangnya, banyak dari pemilik HP Xiaomi yang belum mengetahui bagaimana cara mengatasi ketika HP masuk ke dalam mode aman.

Jika anda juga masih belum paham bagaimana cara keluar dari mode aman di handphone Xiaomi, maka anda bisa pelajari langkah-langkahnya di dalam artikel ini.

Apa Itu Mode Aman?

Sebelum menjabarkan cara keluar dari mode aman di handphone Xiaomi, hal pertama yang harus anda ketahui adalah apa itu mode aman.

Selama ini, masih banyak pengguna HP Android yang belum mengetahui mode aman. Banyak orang menganggap bahwa mode aman ini hanya bisa anda temukan di HP merek Samsung saja.

Padahal, semua HP Android itu bisa masuk ke dalam mode aman. Hal tersebut karena mode aman ini adalah sebuah fitur yang dibuat untuk menjaga agar sistem operasi di dalam HP anda tidak mengalami kerusakan total.

Jadi ketika ada indikasi kerusakan pada file sistem, maka OS Android secara otomatis akan masuk ke dalam mode aman untuk mengamankan file-file sistem lainnya.

Apa Penyebab HP Android Masuk Mode Aman?

Lalu sebenarnya apa saja yang bisa menjadi penyebab HP Android yang anda miliki sampai masuk ke dalam mode aman?

Jika berbicara mengenai sebabnya, ada banyak sekali hal yang bisa menjadi penyebab HP Android sampai masuk mode aman. Berikut ini adalah beberapa hal penyebabnya:

  • Terdapat virus maupun malware

Hal pertama yang bisa menjadi penyebab HP Android masuk ke dalam mode aman adalah karena adanya indikasi virus ataupun malware yang menyusup ke dalam sistem operasi HP.

HP masuk ke dalam mode aman tersebut agar file virus maupun malware tidak bisa menyusup dan merusak file-file penting lainnya.

  • Terdapat aplikasi yang crash

Selain karena adanya virus maupun malware, HP masuk ke dalam mode aman juga bisa terjadi karena aplikasi yang anda pasang mengalami crash.

Untuk mencegah kerusakan pada sistem operasi di dalam HP, maka HP akan masuk ke dalam mode aman sementara waktu.

  • Gagal melakukan pembaruan sistem

Hal berikutnya yang juga cukup sering menjadi penyebab HP Android masuk mode aman adalah karena gagal melakukan pembaruan sistem.

Ketika HP gagal melakukan pembaruan sistem, maka sistem HP akan mendeteksi adanya kerusakan di dalam file sistem operasinya. Oleh sebab itu, HP akan masuk ke dalam mode aman untuk memperbaiki kerusakan tersebut.

Selain itu semua, HP yang tiba-tiba masuk ke dalam mode aman juga bisa terjadi karena kerusakan memori internal. Ketika memori internal HP anda melemah, maka sistem akan mengalami kerusakan dan akhirnya masuk ke dalam mode aman.

Langkah-Langkah Keluar dari Mode Aman di Handphone Xiaomi Tipe Apapun

Cara Keluar dari Mode Aman di Handphone Xiaomi

Lalu bagaimana cara keluar dari mode aman di handphone Xiaomi? Apa yang harus pertama kali anda lakukan jika HP Xiaomi yang anda miliki sampai masuk ke dalam mode aman?

Bila HP anda tiba-tiba masuk ke mode aman, maka anda bisa mengatasinya dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama, coba restart terlebih dahulu HP tersebut.
  2. Tekan tombol power beberapa detik.
  3. Setelah itu, pilih menu Restart.
  4. Biarkan HP anda memulai ulang sistem operasinya.
  5. Bila setelah restart ternyata HP masih masuk ke mode aman, maka anda bisa coba menghapus beberapa aplikasi pihak ketiga yang ada di HP anda.
  6. Pastikan untuk mencoba menghapus aplikasi yang terakhir kali anda pasang terlebih dahulu.
  7. Setelah berhasil menghapus aplikasi pihak ketiga, coba restart ulang lagi HP anda.
  8. Lakukan hal tersebut hingga tidak ada satupun aplikasi pihak ketiga yang terpasang di HP anda.

Lalu bagaimana jika semua hal tersebut ternyata belum membuahkan hasil? Jika anda sudah melakukan semua hal tersebut dan HP masih tetap masuk ke dalam mode aman, maka anda bisa mencoba melakukan factory reset.

Berikut ini langkah-langkah untuk melakukan factory reset pada HP Xiaomi tipe apapun:

  1. Nyalakan terlebih dahulu HP anda.
  2. Setelah masuk ke dalam mode aman, akses menu Setting.
  3. Berikutnya, cari menu Back up and Reset.
  4. Pilih menu Reset Factory.
  5. Jika sistem meminta untuk melakukan restart, maka anda bisa pilih Restart.
  6. Setelah HP tersebut restart, maka proses reset factory akan dimulai.

Tunggu sampai proses reset factory selesai. Bila sudah selesai, maka anda akan diminta untuk memasukkan akun Gmail yang terhubung dengan HP tersebut. Jangan lupa untuk memasukkan password dari akun Gmail tersebut dengan benar.

Bagaimana Jika HP Xiaomi Terus Menerus Masuk Mode Aman?

Bagaimana jika setelah melakukan semua hal tersebut ternyata HP Xiaomi yang anda miliki masih masuk ke dalam mode aman?

Cara apa lagi yang kira-kira bisa anda lakukan agar bisa keluar dari mode aman di handphone Xiaomi tersebut? Bila anda sudah mencoba berbagai macam cara namun HP tetap masuk ke mode aman, maka hal terakhir yang bisa anda lakukan adalah flash memori internal HP.

Namun demikian, proses untuk flash memori internal HP ini sebaiknya tidak anda lakukan sendiri. Lebih baik anda bawa HP tersebut ke teknisi. Kenapa? Karena proses flash ini cukup berisiko.

Jika sampai anda melakukannya dengan cara yang salah, HP yang awalnya hidup justru bisa mati total.

Oleh sebab itu, flash memori internal HP ini menjadi cara keluar dari mode aman di handphone Xiaomi yang paling akhir dan tidak disarankan untuk anda lakukan sendiri.