Cara Melihat Foto Kurir Shopee di HP Anda

Diposting pada

Jika anda terbiasa belanja di Shopee, pastinya anda sudah terbiasa dengan foto kurir Shopee. Namun demikian, masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara melihat foto kurir Shopee.

Bagaimana dengan anda? Apakah anda sudah mengetahui bagaimana cara melihat foto kurir Shopee? Jika anda belum mengetahui mengenai hal tersebut, maka anda bisa pelajari caranya di dalam artikel ini.

Apa Itu Foto Kurir Shopee?

Selama ini, memang banyak orang menganggap bahwa foto kurir Shopee itu adalah foto kurir yang mengantarkan paket anda.

Padahal, maksud dari foto kurir Shopee bukanlah seperti itu. Maksud dari foto kurir Shopee adalah foto paket anda yang sudah kurir antarkan ke alamat penerima.

Jadi maksud dari foto kurir Shopee ini adalah foto yang diambil menggunakan kamera smartphone kurir Shopee saat mereka sudah mengirimkan paket anda.

Apa Fungsi dari Foto Kurir?

Setelah mengetahui maksud dari foto kurir Shopee, pastinya banyak dari anda yang bertanya-tanya mengenai apa fungsi dari hal tersebut.

Meskipun tampak sederhana, ternyata foto kurir Shopee itu banyak fungsinya. Berikut adalah beberapa fungsinya:

  • Sebagai bukti bahwa kurir sudah mengirimkan paket anda

Fungsi pertama dari foto kurir Shopee sendiri adalah sebagai bukti. Dengan adanya foto tersebut, maka kurir sudah bisa menunjukkan bahwa mereka sudah mengirimkan paket anda sesuai dengan alamat yang tertera di dalam paket.

  • Sebagai penunjuk siapa yang menerima paket anda

Selain bisa menjadi bukti bahwa kurir sudah mengirimkan paket anda sesuai dengan alamat yang tertera, adanya foto kurir Shopee ini sekaligus bisa menjadi penunjuk mengenai siapa yang menerima paket anda.

Hal ini biasanya bermanfaat jika anda mengajukan komplain belum menerima paket anda. Dengan membuka kembali file foto dari kurir, maka anda bisa mengetahui dengan pasti siapa yang menerima paket anda tersebut.

  • Sebagai alat untuk mencairkan bayaran bagi kurir

Selain berfungsi bagi anda yang menerima paket, foto tersebut juga sangat bermanfaat bagi kurir sendiri.

Fungsi dari foto tersebut juga sekaligus untuk mencairkan bayaran kurir. Jika kurir tidak bisa menunjukkan foto tersebut, maka biasanya bayaran mereka tidak akan bisa cair.

Hal ini sudah menjadi SOP di dalam pengiriman barang, terutama di beberapa ekspedisi besar yang bekerjasama dengan Shopee.

Kapan Anda Bisa Melihat Foto dari Kurir?

Lalu kapan anda bisa melihat foto kurir Shopee tersebut? Sebenarnya, foto kurir Shopee ini tidak akan bisa anda lihat sebelum paket anda terima.

Selain itu, foto kurir ini juga baru bisa anda lihat jika anda menggunakan aplikasi Shopee di HP anda. Foto yang diambil oleh kurir ini memang biasanya tidak akan bisa anda lihat jika anda mengakses akun Shopee anda melalui website.

Bagaimana Cara Melihat Foto Kurir Shopee?

Cara Melihat Foto Kurir Shopee

Bagi anda yang masih penasaran mengenai bagaimana cara melihat foto kurir Shopee, maka pertama-tama anda harus mengunduh dan memasang aplikasi Shopee terlebih dahulu di dalam HP anda.

Jika anda sudah mengunduh dan memasang aplikasi Shopee di dalam HP anda, maka anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk melihat foto kurir Shopee:

  1. Jalankan aplikasi Shopee yang sudah anda pasang di dalam HP.
  2. Masuk ke dalam akun Shopee anda.
  3. Jika sudah berhasil masuk ke dalam akun anda, pilih tombol Akun Saya di pojok kanan bawah.
  4. Selanjutnya, pilih Menu Riwayat Pesanan.
  5. Setelah itu, pilih pesanan yang statusnya sudah selesai.
  6. Tekan tombol Lihat untuk melihat detail pesanan tersebut.
  7. Jika sudah masuk ke dalam pesanan tersebut, anda bisa memilih Lihat Bukti Pesanan.
  8. Setelah itu, anda bisa melihat foto pengiriman pesanan oleh kurir Shopee.

Bagaimana Cara Membagikan Foto dari Kurir?

Jika anda perhatikan, memang saat ini foto kurir Shopee sering sekali anda temukan di akun-akun media sosial.

Banyak orang yang menggunakan foto kurir tersebut untuk bahan bercanda. Hal tersebut memang karena banyak sekali foto kurir yang cukup unik.

Lalu bagaimana cara untuk bisa membagikan foto-foto dari kurir Shopee tersebut? Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengirimkan foto hasil dokumentasi kurir Shopee tersebut:

  1. Masuk ke dalam akun Shopee anda melalui aplikasi di HP.
  2. Setelah itu, tekan tombol Akun Saya di pojok kanan bawah.
  3. Selanjutnya, akses Riwayat Pesanan.
  4. Cari pesanan yang ingin anda lihat fotonya.
  5. Tekan Lihat Bukti Pesanan di pesanan yang statusnya sudah selesai.
  6. Jika sudah muncul fotonya, anda bisa simpan foto tersebut di memori internal HP anda.
  7. Setelah anda simpan di dalam memori internal HP anda, selanjutnya anda bisa bagikan foto tersebut ke berbagai media sosial yang anda miliki.

Apakah Membagikan Foto Kurir Shopee Itu Aman?

Jika anda sudah mengetahui bagaimana cara melihat foto kurir Shopee dan ingin membagikan foto tersebut ke berbagai macam media sosial, maka anda harus berhati-hati.

Hal tersebut karena membagikan foto kurir Shopee ke berbagai media sosial itu bisa membahayakan anda.

Berikut ini adalah beberapa risiko yang harus siap anda tanggung jika cukup sering membagikan foto kurir Shopee:

  • Akun Shopee berpotensi diretas

Karena terkadang ada data mengenai akun Shopee anda di dalam paket, maka data tersebut bisa terbaca di dalam foto.

Jika data tersebut sampai jatuh ke tangan orang yang tidak bertanggung jawab, maka akun Shopee anda berpotensi untuk diretas dan disalahgunakan.

  • Alamat anda berpotensi tersebar

Hal berikutnya yang juga cukup membahayakan dari membagikan foto kurir adalah alamat anda bisa dengan mudah tersebar di dunia maya.

Jadi jika anda sudah mengetahui bagaimana cara melihat foto kurir Shopee, lebih baik jangan sembarang membagikan foto tersebut.