Cara Membersihkan Mesin Mobil yang Benar

Beranda / Otomotif / Cara Membersihkan Mesin Mobil yang Benar

Ternyata, bukan hanya eksterior dan interior mobil saja yang perlu anda bersihkan. Selain itu, anda juga wajib rutin membersihkan area mesin mobil. Sekilas memang cara membersihkan mesin mobil itu terlihat sangat mudah.

Hampir semua pemilik mobil pasti sudah pernah membersihkan area mesin mobil yang mereka miliki. Namun sayangnya, masih banyak yang salah dalam membersihkan mesin mobilnya.

Memang benar, kesalahn dalam pembersihan mesin mobil tersebut tidak akan anda rasakan dalam waktu dekat. Namun jika anda teruskan, kesalahan tersebut akan menyebabkan kerusakan yang cukup fatal pada area mesin mobil anda.

Oleh sebab itu, ada baiknya anda pelajari terlebih dahulu sebenarnya bagaimana cara untuk membersihkan area mesin yang benar di dalam artikel ini.

Kenapa Anda Harus Rutin Membersihkan Area Mesin Mobil?

Sebelum membahas mengenai bagaimana cara membersihkan mesin mobil yang benar, anda perlu mengetahui terlebih dahulu kenapa anda harus rutin membersihkan area mesin.

Meskipun tertutup, area mesin mobil ternyata juga seringkali menjadi sarang debu dan berbagai kotoran. Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa anda wajib harus rutin membersihkan area mesin mobil:

1. Mesin menjadi lebih cepat dingin

Alasan pertama kenapa anda harus rutin membersihkan area mesin mobil adalah agar mesin anda menjadi lebih cepat dingin.

Jika mesin mobil anda biarkan dalam kondisi kotor, maka panas mesin akan lebih sulit menguap. Jika mesin lebih sulit dingin, maka mesin anda akan berpotensi mengalami kerusakan jika anda gunakan dalam jangka panjang.

Kenapa mesin mobil bisa lebih cepat dingin ketika anda rutin membersihkannya? Hal tersebut karena ketika mesin mobil tertutup kotoran, maka hawa panas yang ada di dalam mesin tidak bisa menguap dari permukaan mesin.

2. Meningkatkan keawetan part yang terbuka di bagian mesin

Selain karena bisa mempercepat pendinginan mesin mobil, rutin membersihkan area mesin mobil juga secara tidak langsung bisa meningkatkan keawetan dari part mesin.

Ketika mesin anda biarkan selalu dalam kondisi kotor, maka beberapa part yang terbuka dan terus bergerak akan mengalami keausan. Hal tersebut karena debu kotoran akan mengikis part tersebut.

3. Memperpanjang usia kipas radiator

Alasan berikutnya kenapa anda harus rutin membersihkan area mesin mobil adalah agar usia kipas radiator juga bisa bertambah lama.

Ketika mesin selalu dalam kondisi bersih, maka secara otomatis suhu mesin tidak akan pernah meningkat drastis. Ketika suhu mesin tidak pernah meningkat secara drastis, secara otomatis kipas radiator akan jarang bekerja keras.

Karena tidak pernah bekerja melebihi toleransinya, maka sudah pasti kipas radiator di mobil anda akan jauh lebih awet.

4. Memastikan kelistrikan mobil tidak mengalami masalah

Selain menjaga keawetan dari berbagai macam part, rutin membersihkan area mesin mobil itu juga dapat memastikan kelistrikan mobil anda tidak akan mengalami masalah.

Perlu anda ketahui, debu dan kotoran yang biasanya menumpuk di permukaan mesin mobil itu dapat menyebabkan konsleting. Dan jika sudah terjadi konsleting, maka sudah pasti jalur kelistrikan mobil akan terganggu.

5. Menjaga kualitas oli mesin

Alasan terakhir kenapa anda harus rutin membersihkan area mesin mobil adalah agar kualitas oli mesin yang anda gunakan tetap terjaga.

Jika mesin mobil jarang anda bersihkan, maka hal tersebut akan membuat suhu mesin menjadi cepat naik.

Bila suhu mesin terus meningkat, maka oli sebagus apapun akan lebih cepat mengalami kerusakan dan harus anda ganti.

Hal tersebut karena oli yang dibiarkan terpapar suhu yang tinggi dalam jangka lama tentu akan mengalami penurunan kualitas.

Hal-Hal yang Harus Anda Lakukan Sebelum Membersihkan Mesin Mobil

Untuk anda yang ingin mempelajari bagaimana cara mencuci mesin mobil, pertama-tama anda juga harus mengetahui terlebih dahulu apa saja hal-hal yang harus anda lakukan.

Berikut ini adalah beberapa hal yang wajib anda lakukan sebelum mulai mencuci mesin mobil anda:

1. Lepaskan aki mobil

Hal pertama yang wajib harus anda lakukan sebelum mencuci mesin mobil adalah melepaskan aki mobil.

Kenapa? Hal ini perlu anda lakukan untuk mengurangi risiko terjadinya konsleting pada kelistrikan mobil. Selain itu, hal ini juga sekaligus akan mempermudah anda untuk cek kondisi dari aki mobil anda.

2. Tutup area yang berhubungan dengan sistem kelistrikan

Selain melepaskan aki mobil, anda juga sebaiknya mulai menutup area yang berhubungan dengan kelistrikan di permukaan mesin mobil anda.

Hal ini perlu anda lakukan agar kelistrikan mobil anda tidak mengalami konsleting setelah anda selesai membersihkannya.

Jika semua hal tersebut sudah anda lakukan, maka anda sudah siap untuk memulai mencuci area mesin mobil anda dengan menggunakan cara yang benar.

Cara Membersihkan Mesin Mobil yang Paling Benar

Cara Membersihkan Mesin Mobil

Jika semua hal sudah anda persiapkan, maka anda bisa langsung mempelajari dan mempratekkan bagaimana cara menghilangkan kotoran di mesin mobil yang benar. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menghilangkan kotoran di area mesin mobil dengan benar:

  1. Pilih area yang tidak terpapar langsung dengan sinar matahari saat anda ingin membersihkan mesin mobil. Paparan sinar matahari bisa merusak karet dan bahan plastik yang terdapat di dalam area mesin mobil.
  2. Setelah anda menyiapkan tempat yang sesuai, maka anda bisa mulai menyemprotkan air ke seluruh area mesin mobil.
  3. Jika sudah anda semprotkan dengan air, hal berikutnya yang perlu anda lakukan adalah gunakan foam yang memiliki kandungan degreaser. Semprotkan foam tersebut ke seluruh area mesin mobil anda.
  4. Diamkan foam yang memiliki kandungan degreaser tersebut bekerja terlebih dahulu.
  5. Setelah anda mendiamkan foam tersebut, anda bisa mulai menggunakan kuas untuk membersihkan area-area yang masih kotor.
  6. Anda bisa menambahkan foam yang memilik kandungan degreaser pada area-area yang penuh dengan oli.
  7. Bila semua bagian sudah selesai anda bersihkan menggunakan foam yang memiliki kandungan degreaser, anda bisa menyemprotkan air kembali.
  8. Semprotkan air hingga semua foam bersih dari area mesin mobil anda.

Jika semua hal tersebut sudah anda lakukan, maka berikutnya anda bisa cek kembali apakah semua bagian mesin mobil anda sudah benar-benar bersih.

Bila memang anda masih menemukan kotoran seperti debu ataupun oli di area mesin mobil, anda bisa menggunakan kuas dan degreaser untuk membersihkan area tersebut.

Dan jangan lupa, setelah selesai membersihkan menggunakan kuas dan degreaser, bilas kembali area mesin mobil tersebut menggunakan air.

Setelah mesin mobil anda benar-benar bersih, maka hal terakhir yang perlu anda lakukan adalah mengeringkan area mesin mobil anda. Jika area mesin mobil anda sudah cukup kering, anda bisa pasang kembali aki mobil.

Terakhir, coba hidupkan mesin mobil anda dan panaskan mesin untuk menghilangkan sisa-sisa tetesan air yang mungkin masih tersisa di area mesin mobil.

Bagaimana? Cukup mudah bukan sebenarnya cara membersihkan mesin mobil itu? Kalau anda sendiri, anda lebih suka mencuci mesin mobil anda sendiri atau membawanya ke tempat detailer?