Cara Membuat Receiptify di Spotify dari HP

Diposting pada

Jika anda perhatikan, akhir-akhir ini mulai muncul tren baru yang berhubungan dengan aplikasi Spotify. Tren tersebut adalah menunjukkan receiptify atau struk yang berisi list lagu di Spotify. Apakah anda juga mencari cara membuat Receiptify di Spotify tersebut?

Bila saat ini anda juga tertarik untuk mengikuti tren membagikan struk tersebut di akun media sosial anda, maka anda bisa pelajari lebih lengkap mengenai bagaimana cara membuat struk di Spotify tersebut melalui artikel ini.

Apa Itu Receiptify Spotify?

Sebelum menjabarkan panjang lebar mengenai cara membuat struk di Spotify, anda harus mengetahui terlebih dahulu mengenai apa itu receiptify Spotify.

Sampai saat ini, banyak sekali yang ingin mengetahui bagaimana cara membuatnya namun belum mengetahui apapun mengenai hal tersebut.

Sebenarnya apa maksud dari receiptify Spotify itu? Secara mudahnya, receiptify Spotify ini adalah gambar struk belanja namun isinya bukanlah barang-barang belanjaan. Isi dari struk belanja tersebut adalah daftar lagu yang selama ini sering anda dengarkan di Spotify.

Jadi maksud dari receiptify Spotify itu adalah struk yang berisi daftar lagu favorit yang sering anda putar di aplikasi Spotify. Karena merupakan daftar lagu favorit, maka tidak heran jika receiptify yang dibagikan di media sosial berbeda satu sama lain.

Kenapa Banyak yang Ingin Membuat Struk Spotify?

Setelah paham mengenai apa maksud dari struk Spotify, lalu kenapa banyak orang tertarik untuk mengetahui bagaimana cara membuat struk di Spotify tersebut?

Jika anda perhatikan, sebenarnya banyak orang tertarik untuk membuat struk Spotify ini hanya karena ingin mengikuti tren saja. Hal tersebut karena makin banyak orang yang membagikan struk Spotifynya di media sosial.

Bila anda pengguna aplikasi Spotify, sudah pasti anda juga ingin mengikuti tren tersebut. Jika anda tidak ikut membagikan daftar lagu favorit yang sering anda dengarkan di aplikasi Spotify, maka anda akan terlihat tidak up to date dengan tren masa kini.

Apa yang Anda Butuhkan Untuk Membuat Receiptify Spotify?

Sebagian besar dari anda tentunya sangat ingin untuk mengetahui bagaimana cara membuat struk di Spotify. Sebelum belajar langsung bagaimana cara membuatnya, anda harus mengetahui apa saja yang anda butuhkan untuk membuat hal tersebut.

Berikut ini merupakan berbagai macam hal yang wajib anda persiapkan jika ingin bisa membuat struk Spotify:

  • Akun Spofity yang sudah cukup lama anda gunakan

Hal pertama yang wajib anda persiapkan jika ingin membuat struk Spotify jelas adalah akun Spotify. Anda tidak harus memiliki akun Spotify premium. Akun Spotify gratisan juga sudah cukup untuk anda gunakan membuat receiptify.

Hanya saja, pastikan akun Spotify tersebut sudah cukup lama anda gunakan untuk mendengarkan lagu. Dan jika memungkinkan, di dalam akun Spotify tersebut juga sudah terdapat playlist buatan anda sendiri.

  • Akun media sosial untuk membagikan receiptify Spotify

Selain mempersiapkan akun Spotify, anda juga sebaiknya sudah memiliki akun media sosial juga sebelum membuat struk Spotify.

Kenapa? Karena nantinya anda membutuhkan akun media sosial untuk membagikan receiptify yang sudah anda buat. Jika anda tidak membagikan struk Spotify anda, maka semuanya akan sia-sia saja.

  • Koneksi internet yang cukup stabil

Hal terakhir yang juga wajib anda persiapkan untuk membuat receiptify Spotify adalah koneksi internet yang cukup stabil.

Kenapa? Karena nantinya anda perlu mengakses website khusus untuk membuat struk Spotify seperti yang sudah kebanyakan orang buat.

Jika koneksi internet yang anda gunakan tidak begitu stabil, maka proses pembuatan struk Spotify akan terganggu dan bisa gagal.

Langkah-Langkah Membuat Receiptify Spotify dari HP

Cara Membuat Receiptify di Spotify

Bila anda sudah mempersiapkan semua hal yang sudah dijabarkan, maka anda bisa mulai mengikuti cara membuat Receiptify di Spotify dari HP berikut ini:

  1. Pertama, jalankan browser yang ada di dalam HP anda.
  2. Gunakan browser untuk mengakses halaman https://receiptify.herokuapp.com.
  3. Setelah berhasil masuk ke dalam halaman tersebut, selanjutnya pilih tombol Login with Spotify.
  4. Masukkan username beserta password dari akun Spotify anda.
  5. Jika anda sudah berhasil masuk ke dalam akun Spotify anda, maka anda akan dihadapkan dengan 3 pilihan yaitu Last Month, 6 Month, dan All Time.
  6. Bila anda ingin membuat receiptify yang berisi daftar lagu yang sering anda dengarkan selama 1 bulan terakhir, pilih menu Last Month. Namun jika anda ingin membuat receiptify keseluruhan, pilih menu All Time.
  7. Setelah memilih menu yang paling sesuai dengan yang anda inginkan, berikutnya tekan tombol Get Image untuk mendapatkan gambar struk yang berisi daftar lagu yang sering anda dengarkan di aplikasi Spotify.
  8. Tunggu gambar terunduh ke dalam memori internal HP anda.
  9. Bila sudah berhasil terunduh, anda bisa cek gambar tersebut di dalam folder gallery di dalam HP anda.

Jika gambar struk Spotify yang anda buat sudah berhasil anda unduh, maka hal selanjutnya yang perlu anda lakukan hanyalah mengunggah gambar tersebut di akun media sosial anda.

Jangan lupa, anda juga bisa menambahkan sedikit caption untuk menjelaskan mengenai struk Spotify anda tersebut di dalam akun media sosial anda.

Catatan:

Selain bisa membuat receiptify di Spotify menggunakan website, sebenarnya anda juga bisa menunjukkan daftar lagu yang sering anda dengarkan di Spotify dengan menggunakan aplikasi khusus bernama Anthems.

Anda bisa mengunduh aplikasi Anthems tersebut melalui Playstore maupun App Store. Namun demikian, tampilan visual dari Anthems jelas berbeda jauh dari receiptify.

Jadi bagaimana? Kalau anda sendiri, anda lebih suka membuat receiptify di Spotify menggunakan cara yang mana?