13 Cara Membuat Rekening BCA Online, Syarat dan Keuntungan 2021

Diposting pada

Dengan makin berkembangnya teknologi, kini aktivitas perbankan bisa dilakukan dengan lebih mudah. Salah satunya adalah cara membuat rekening BCA online. Hadirnya sistem daring membuat nasabah BCA tidak perlu lagi datang ke kantor BCA hanya untuk melakukan tahapan pembuatan rekening.

Umumnya, proses pembuatan rekening dimulai dari mengantri, mempersiapkan dokumen syarat, pengisian formulir, kemudian menunggu hingga rekening yang Anda miliki selesai dibuat. Cara yang panjang dan terkesan membosankan tersebut kini sudah bisa Anda lewati hanya dengan memakai sistem daring.

Agar nasabah tidak kesulitan dalam membuat rekening BCA online, maka Bank BCA mempersiapkan aplikasi khusus yang bisa dipakai oleh nasabah. Aplikasi tersebut adalah BCA Mobile, yang bisa Anda gunakan hanya dengan menggunakan jaringan internet, kemudian proses pembuatan rekening dapat dilakukan.

Keuntungan Buka Rekening BCA Online

Daftar BCA Online

Ada banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan membuka rekening BCA secara daring, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Calon nasabah Bank BCA hanya membutuhkan gawai atau smartphone yang sudah terkoneksi jaringan internet untuk mendaftar dan membuat rekening.
  • Anda tidak perlu mengantri di bank, sebab pendaftaran dapat dilakukan dengan lebih fleksibel, dimana saja dan kapan saja.
  • Nantinya, nasabah yang sudah terdaftar bisa melakukan tarik tunai menggunakan ATM.
  • Cara membuat rekening BCA online cukup mudah, hanya dengan memakai fitur m-BCA.
  • jenis rekening yang hendak Anda pakai bisa disesuaikan dengan kebutuhan, khususnya bagi milenial yang ingin jenis tabungan lebih ramah.

Cara Membuat Rekening BCA Online

Cara Membuat Rekening BCA Online

Untuk membuat rekening BCA, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan calon nasabah. Agar Anda tidak kesulitan dalam melakukannya, berikut ini adalah tahapan dan tutorial yang bisa Anda terapkan, diantaranya:

1. Download Aplikasi BCA Mobile

Karena menggunakan aplikasi khusus yang telah disediakan pihak BCA, maka Anda harus mengunduhnya terlebih dahulu. Aplikasi m-BCA atau BCA Mobile sudah tersedia di berbagai platform, Anda bisa mengunduhnya via PlayStore maupun AppStore.

Cara membuat rekening BCA online adalah dengan menggunakan jaringan internet, jadi sejak proses pengunduhan, pastikan jaringan internet yang Anda gunakan berfungsi dengan baik. Jika jaringan tidak stabil, maka proses pengunduhan dan pendaftaran akan terhambat.

Kemudian, cara buka rekening BCA online selanjutnya adalah mempersiapkan nomor ponsel aktif yang belum pernah digunakan untuk mendaftar rekening BCA. Karena nomor telepon langsung terpasang ketika proses unduh dilakukan, sebaiknya persiapkan nomor yang sudah aktif di ponsel terlebih dahulu.

2. Membuat Akun BCA Mobile Online

Cara Buka Rekening BCA Online

Selanjutnya, Anda sudah bisa membuat rekening BCA online dari aplikasi yang baru saja Anda unduh. Untuk membuat rekening, menu yang harus di klik oleh calon nasabah adalah Rekening Baru. Menu tersebut terletak pada bagian awal halaman aplikasi.

3. Syarat Buka Rekening BCA Online

Syarat Buka Rekening BCA Online

Sebagaimana cara membuat rekening pada umumnya, cara membuat rekening BCA online tetap membutuhkan syarat dan dokumen penunjang. Data diri pribadi yang sebenarnya merupakan dokumen yang Anda butuhkan.

Berbeda dengan data diri yang Anda pakai secara konvensional atau offline, jika hendak membuat rekening online, maka semua data diri juga harus dibuat soft file. Ini agar proses verifikasi dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Beberapa dokumen yang perlu dipersiapkan diantaranya e-KTP, foto tanda tangan milik sendiri dan foto pribadi yang resmi. Anda yang sudah memiliki NPWP bisa menggunakannya, namun jika tidak memiliki Anda tetap bisa melakukan proses pembuatan rekening BCA online.

Untuk data diri yang diperlukan sebagai syarat untuk membuat rekening online adalah e-KTP yang dimiliki calon nasabah. Sedangkan untuk informasi pribadi diantaranya nama ibu, tujuan pembuatan rekening, status perkawinan yang dimiliki, agama, hingga pendidikan terakhir.

Informasi tambahan lain yang sekiranya juga bisa Anda masukkan dalam proses dan cara membuat rekening BCA online adalah sumber penghasilan yang dimiliki, pendapatan untuk tiap tahunnya, pekerjaan, dan informasi lain yang sekiranya relevan dan memang dibutuhkan.

4. Memilih Jenis Tabungan BCA

Memilih Jenis Tabungan BCA Online

Setelah pengisian data diri selesai, calon nasabah akan diarahkan untuk memilih berbagai jenis rekening yang ditawarkan oleh bank BCA. Empat pilihan jenis tabungan yang tersedia adalah Tahapan, Tahapan Gold, Tahapan Xpresi, serta Tapres.

Untuk membedakan masing-masing tabungan, Anda bisa memundurkan kembali menu aplikasi ke bagian Syarat Membuat Tabungan Bank BCA. Disana juga dijelaskan mengenai perbedaan dan keunggulan dari masing-masing rekening.

5. Verifikasi Nomor Handphone

Verifikasi Nomor Handphone BCA Online

Cara membuat rekening BCA online selanjutnya adalah melakukan verifikasi nomor telepon. Proses ini tepat setelah Anda memilih jenis tabungan yang diinginkan, dan jika prosesnya berhasil, maka akan ada kode akses yang masuk. Kode akses ini digunakan untuk melakukan login di bagian menu Buka Rekening Baru dan aplikasi BCA Mobile.

Kode akses ini cukup penting, sebab akan selalu digunakan dan dipaka untuk setiap transaksi yang nantinya akan dilakukan. Karena itu, pastikan Anda selalu mengingatnya untukĀ  menghindari hal yang tidak diinginkan.

6. Melengkapi Tabungan

Melengkapi Data Diri BCA Online

Setelah semua proses selesai dilakukan, cara membuat rekening BCA online selanjutnya adalah melakukan upload atau unggah dokumen syarat pembuatan rekening. Beberapa dokumen yang harus diunggah adalah foto kartu e-ktp asli, foto diri dengan memegang KTP tampak depan, serta foto tanda tangan di atas kertas bersama diri Anda.

Bagi yang memiliki NPWP, Anda bisa menggungahnya sekalian sebagai pelengkap dokumen. Jika semua file sudah terunggah dengan sempurna, silahkan klik Lanjut untuk membuat rekening BCA online berikutnya.

7. Mengisi Data Diri

Melengkapi Data Diri Buka Rekening BCA Baru Online

Pengisian data diri dan informasi penunjang dilakukan di tahap ini, dimana Anda akan mengisi data diri seperti nama lengkap, status perkawinan yang dimilik, status tempat tinggal dan yang lainnya. Anda diharapkan mengisi semua data dengan benar sesuai dokumen asli yang dimiliki.

8. Memilih Jenis Kartu Paspor atau Debit

Memilih Fasilitas Kartu BCA Online

Setelah semua proses dilakukan, berikutnya Anda hanya perlu memilih 3 jenis kartu yang disediakan Bank BCA, diantaranya adalah paspor platinum, blue dan gold yang masing-masing memiliki keunggulannya sendiri, yakni:

  • Untuk paspor platinum, limit yang dimilki adalah 10 ribu, dengan limit transfer mencapai 100 ribu. Cara membuat rekening BCA online cukup mudah dan biaya adminnya 19 ribu.
  • Paspor gold, merupakan paspor yang memiliki limit tarik tunai 10 ribu, limit transfer antar BCA 50 ribu dan biaya admin per bulan hanya 16 ribu.
  • Paspor blue, adalah paspor yang memiliki limit tunai 7 ribu, limit transfer antar BCA sebesar 25 ribu, sedangkan untuk biaya admin per bulannya adalah 14 ribu.

9. Pengambilan Kartu Debit

Kantor Cabang BCA Online

Untuk keperluan internet banking, Anda disarankan untuk memasukkan alamat email yang dimiliki. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memilih alamat kantor cabang yang ada di dekat tempat tinggal Anda untuk mengambil kartu debit.

Pengambilan kartu debit bisa Anda lakukan kapan saja, tidak harus di hari pendaftaran dilakukan. Jika Anda membutuhkan layanan transaksi segera, Anda bisa menggunakan layanan transaksi tanpa memakai kartu debit.

10. Verifikasi Data Via Video Call

Verifikasi Data Via Video Call BCA Online

Agar verifikasi yang dilakukan makin baik, maka cara membuat rekening BCA online berikutnya adalah verifikasi via video call. Apabila Anda sudah yakin dengan data diri yang dimiliki, silahkan lanjutkan verifikasi menuju CSO Hallo BCA. Anda bisa melakukan video call di jam kerja bank BCA, yakni dari pukul 6 pagi sampai 8 malam.

11. Aktivasi Mobile Banking

Aktivasi Mobile Banking BCA Online

Jika sudah selesai verifikasi data yang dilakukan, maka Anda tinggal melakukan aktivasi mobile banking yang dimiliki. Caranya mudah, cukup dengan melakukan klik aktivasi yang ada di dalam aplikasi, maka prosesnya akan berjalan secara otomatis.

12. Aktivasi E-Banking BCA

Cara Buat ATM BCA Online

Selanjutnya Anda bisa mengaktivasi dengan e-banking BCA dengan membuat pin dan mengulanginya sampai berhasil. Jika sudah berhasil, akan terlihat pemberitahuan yang mengatakan bahwa nomor rekeing yang dimiliki sudah aktif. Apabila sudah demikian, silahkan lanjutkan ke menu selanjutnya untuk melakukan setoran awal.

13. Melakukan Setoran Awal

Setoran Awal BCA Online

Bagian akhir dari rangkaian membuka rekening BCA online adalah dengan mengisi rekening dengan setoran awal sesuai dengan jenis tabungan yang sudah Anda pilih sebelumnya. Beberapa metode disediakan untuk memudahkan nasabah, diantaranya adalah menggunakan internet banking, ATM BCA, datang ke kantor cabang dan memakai ATM bank lain.

Kesimpulan

Cara membuat rekening BCA dengan cara daring ternyata tidak sulit untuk dilakukan. Apalagi dengan hadirnya aplikasi BCA mobile, Anda tidak perlu datang ke kantor untuk sekedar mendaftar sebagai nasabah dan bisa melakukannya sendiri di rumah.

Meski demikian, untuk mendapatkan kartu debit, Anda tetap dianjurkan untuk datang ke kantor cabang BCA terdekat di kota Anda. Namun Anda yang belum sempat mengambilnya tetap bisa melakukan berbagai transaksi tanpa menggunakan kartu ATM.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan terkait dengan cara membuat rekening BCA online, berikut ini adalah halaman FAQ yang akan membantu Anda. Untuk informasi yang lebih lengkap, Anda bisa menghubungi Halo BCA di kontak 1500888.

Apakah membuat rekening BCA dapat dilakukan secara daring?

  • Bisa, Anda bisa menggunakan aplikasi BCA mobile untuk membuat dan mengaktifkan rekening. Anda bisa mendapatkan aplikasi tersebut di App Store maupun Play Store.

Apa saja syarat untuk membuat ATM BCA Online?

  • Foto identitas yang dimiliki, foto diri, membayar setoran awal, dan terakhir adalah foto diri dengan tanda tangan.

Berapa setoran awal yang dibutuhkan untuk membuat rekening BCA?

  • Setoran awal yang digunakan sebagai cara membuat rekening BCA online dapat disesuaikan dengan jenis tabungan yang dipilih.

Apakah nasabah tetap mendapatkan buku tabungan?

  • Anda yang membuat rekening BCA secara daring tetap dapat memiliki kartu tabungan, namun Anda harus mengambil di kantor cabang BCA.

Apakah nasabah mendapatkan ATM?

  • Anda tetap akan mendapatkan ATM dengan datang langsung ke kantor cabang BCA.

Apakah membuat rekening BCA online gratis?

  • Proses pembuatan rekening BCA secara daring tidak dipungut biaya apapun, namun Anda tetap harus melakukan setoran awal sebagai aktivasi rekening.

Apakah pembuatan rekening harus menggunakan NPWP?

  • Akan ada opsi yang bisa dipilih nasabah, Anda diperbolehkan untuk tidak mencantumkannya.

Apakah internet dan mobile banking akan langsung aktif?

  • Kedua fasilitas tersebut akan langsung aktif dan dapat dilakukan untuk berbagai transaksi.

Demikianlah informasi mengenai cara membuat rekening BCA online, keuntungan, dan syarat yang lengkap, semoga bisa memudahkan calon nasabah yang ingin mendaftar. Dengan kemudahan tersebut, kini Anda bisa membuat rekening dengan lebih mudah.