Cara Mencuci Helm Bogo Supaya Tidak Bau

Beranda / Otomotif / Cara Mencuci Helm Bogo Supaya Tidak Bau

Helm bogo memang sedang tren. Banyak sekali anak-anak muda yang mengenakan helm bogo. Karena banyak penggunanya, pastinya juga banyak yang mencari bagaimana cara mencuci helm bogo tersebut.

Seperti halnya helm lain, helm bogo itu juga perlu anda rawat. Jika tidak rutin anda rawat, maka tampilan helm tersebut juga tidak akan aestetik lagi.

Salah satu cara untuk merawat helm bogo adalah dengan mencucinya. Namun masalahnya, jika anda menggunakan cara yang salah saat mencuci, helm bogo justru akan mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Oleh sebab itu, jika anda memiliki helm bogo dan ingin mencucinya sendiri, anda bisa pelajari bagaimana cara mencuci helm bogo tersebut di dalam artikel ini.

Apa yang Menyebabkan Helm Jadi Bau Setelah Dicuci?

Sebelum membahas mengenai bagaimana cara mencuci helm bogo, hal pertama yang perlu anda ketahui adalah apa yang menjadi penyebab helm justru jadi bau setelah anda cuci.

Berikut ini adalah beberapa hal yang paling sering menyebabkan helm jadi bau setelah anda cuci:

  • Tidak bersih ketika mencuci helm

Faktor pertama yang membuat helm justru makin bau setelah anda cuci adalah karena anda mencucinya tidak bersih.

Ketika anda tidak mencuci helm dengan bersih, maka bakteri justru akan makin banyak tumbuh di helm. Dan akibatnya, helm justru akan mengeluarkan bau yang tidak sedap.

  • Tidak mengeringkan helm dengan maksimal

Selain tidak mencuci helm dengan bersih, hal berikutnya yang juga menjadi penyebab helm justru makin bau setelah anda cuci adalah karena tidak anda keringkan secara maksimal.

Ketika helm masih dalam kondisi setengah basah dan langsung anda kenakan, maka hal tersebut akan memicu pertumbuhan bakteri.

Selain bisa menyebabkan helm jadi makin bau, mengenakan helm yang masih setengah basah itu juga bisa memicu tumbuhnya jamur di dalam helm.

Bagaimana Cara Mencuci Helm Bogo Agar Tidak Berbau?

Cara Mencuci Helm Bogo

Anda sudah mengetahui apa saja yang bisa menyebabkan helm jadi makin bau setelah anda cuci, sebenarnya dari hal tersebut saja, anda sudah bisa mempelajari bagaimana cara mencuci helm bogo yang benar.

Namun jika anda masih belum paham, maka anda bisa ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mencuci helm bogo yang benar:

  1. Pertama, siapkan terlebih dahulu deterjen.
  2. Setelah itu, basahi terlebih dahulu bagian dalam helm bogo.
  3. Berikutnya, taburi deterjen pada bagian yang sudah anda basahi.
  4. Jika sudah anda taburi dengan deterjen, mulailah menyikat busa di dalam helm bogo secara merata.
  5. Pastikan untuk menyikat bersih seluruh busa di dalam helm bogo.
  6. Setelah selesai di bagian dalam, anda juga bisa mulai mencuci permukaan dari helm bogo.
  7. Untuk bagian permukaannya, anda bisa mencucinya dengan menggunakan shampoo motor ataupun mobil.
  8. Bila semua hal tersebut sudah anda lakukan, berikutnya siram dan bilas helm bogo sampai benar-benar bersih dari sabun.

Untuk anda yang sudah menjalankan semua langkah-langkah tersebut, maka hal terakhir yang perlu anda lakukan hanyalah mengeringkan saja bagian luar dan bagian dalam dari helm bogo.

Dan pastikan jangan mengenakan helm tersebut sebelum bagian dalamnya sudah benar-benar kering sempurna.

Cara Mempercepat Pengeringan Helm Bogo Setelah Mencucinya

Bagaimana caranya agar setelah anda selesai mencuci helm bogo itu bisa lebih cepat kering? Sebenarnya ada banyak sekali cara untuk mempercepat pengeringan helm bogo setelah anda cuci.

Berikut ini adalah beberapa cara mudah mempercepat pengeringan helm bogo, terutama di bagian dalam:

  • Gunakan hair dryer

Cara agar helm bogo yang sudah anda cuci bisa lebih cepat kering adalah dengan menggunakan hair dryer. Anda bisa menggunakan hair dryer dengant tingkat kepanasan sedang.

Dengan menggunakan hair dryer, anda bisa memanaskan bagian dalam helm bogo. Dengan bisa anda panaskan, maka secara otomatis helm bogo akan jauh lebih cepat kering.

  • Gunakan kipas angin

Jika anda tidak memiliki hair dryer, anda masih bisa mempercepat pengeringan helm bogo setelah anda cuci dengan menggunakan kipas angin.

Anda bisa menggantungkan helm bogo yang sudah anda cuci di depan kipas angin. Setelah itu, anda hanya perlu menyalakan kipas angin dengan menghadap ke helm bogo.

Lama kelamaan hembusan udara dari kipas angin akan mempercepat proses pengeringan helm bogo.

  • Gunakan kain bersih dan kering

Untuk anda yang tidak memiliki kipas angin dan juga hari dryer, anda juga bisa mempercepat pengeringan helm bogo dengan menggunakan bantuan kain bersih dan kering.

Cara untuk mengeringkan helm bogo dengan menggunakan kain adalah dengan memasukkan sebanyak mungkin kain bersih dan kering ke dalam helm bogo yang masih basah.

Nantinya, kain bersih dan kering tersebut akan menyerap kelembaban di dalam helm bogo. Dengan begitu, maka helm bogo akan jauh lebih cepat kering.

Tips Mencegah Helm Bogo Mengeluarkan Bau Menyengat

Setelah mengetahui bagaimana cara mencuci helm bogo yang benar, pastinya banyak dari anda yang juga penasaran mengenai bagaimana caranya agar helm bogo yang anda miliki tidak sampai mengeluarkan bau yang menyengat.

Sebenarnya ada banyak sekali cara yang bisa anda gunakan untuk mencegah helm bogo menjadi bau. Berikut ini adalah beberapa caranya:

  • Menggunakan helm deodorant

Selain mencuci helm bogo, sebenarnya anda juga bisa menghilangkan bau menyengat dari dalam helm dengan menggunakan deodorant.

Saat ini anda bisa membeli helm deodorant di marketplace. Ada banyak sekali toko yang menjual helm deodorant dalam bentuk spray maupun kemasan khusus.

Fungsi dari helm deodorant ini adalah untuk menyerap kelembaban di dalam helm yang menjadi penyebab munculnya bau tidak sedap.

  • Rutin menjemur helm

Selain menggunakan helm deodorant, anda juga bisa menghilangkan bau di dalam helm bogo dengan cara menjemurnya di bawah terik sinar matahari.

Dengan rutin menjemur helm, maka anda tidak hanya bisa menghilangkan bau tidak sedap. Selain itu, anda juga bisa membunuh berbagai bakteri yang bisa memicu masalah di kulit wajah anda.

Namun sayangnya, anda juga harus berhati-hati saat menjemur helm. Pastikan jangan menjemur terlalu lama. Karena jika anda jemur terlalu lama, cat helm bisa rusak dan mengalami retak-retak.

  • Menggunakan balaclava

Cara berikutnya yang bisa anda lakukan untuk menjaga kebersihan helm bogo yang anda miliki adalah dengan menggunakan balaclava.

Dengan menggunakan balaclava sebelum anda mengenakan helm, maka busa helm tidak akan bersentuhan langsung dengan kulit wajah anda. Dengan begitu, maka kemungkinan tumbuhnya bakteri di busa helm akan makin kecil.

Bagaimana? Sangat mudah bukan sebenarnya cara mencuci helm bogo agar tidak mengeluarkan bau yang tidak sedap itu? Kalau anda sendiri, biasanya anda mencuci helm berapa bulan sekali? Dan bagaimana cara anda mencuci helm?