Cara Mengaktifkan Dark Mode di MIUI 11 Terbaru

Beranda / Tips & Trik / Cara Mengaktifkan Dark Mode di MIUI 11 Terbaru

Selain fitur management screenshot, MIUI 11 juga memiliki fitur dark mode. Fitur dark mode ini adalah salah satu fitur yang paling dinantikan oleh pengguna smartphone dari Xiaomi. Namun sayangnya, banyak yang belum mengetahui cara mengaktifkan dark mode di MIUI 11.

Bagaimana dengan anda? Apakah anda sudah mengetahui bagaimana cara untuk mengaktifkan fitur dark mode di dalam MIUI 11 tersebut? Jika anda juga belum mengetahui caranya, maka anda bisa mempelajarinya di dalam artikel ini.

Macam-Macam Fitur Baru di MIUI 11

Sebelum membahas mengenai bagaimana cara mengaktifkan dark mode di MIUI 11, pertama-tama anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja fitur baru di MIUI 11 itu. Berikut ini adalah beberapa fitur baru yang bisa anda temukan di MIUI 11:

  1. Living display

Selain fitur dark mode, MIUI 11 juga sudah memiliki fitur living display. Apa itu living display? Fitur tersebut adalah fitur khusus yang bisa anda nikmati di smartphone Xiaomi yang sudah menggunakan layar tipe super AMOLED.

Dengan adanya fitur living display, maka smartphone Xiaomi dengan tipe layar super AMOLED sudah bisa menampilkan tema yang jauh lebih bagus saat mengaktifkan fitur always on display.

  1. Hide notch

Fitur berikutnya yang juga bisa anda nikmati di MIUI 11 adalah fitur hide notch. Apa itu hide notch? Fitur tersebut adalah fitur yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan atau lebih tepatnya menyamarkan notch di layar smartphone.

Dengan menggunakan fitur tersebut, maka layar HP anda akan terasa lebih luas dari ukuran normalnya. Hal tersebut karena di bagian notch tidak ditampilkan apapun.

  1. Monochrome power saving

Selain hide notch dan juga living display, MIUI 11 juga sudah memiliki fitur bernama monochrome power saving. Fitur satu ini sebenarnya berfungsi sebagai penghemat baterai.

Dengan mengaktifkan fitur monochrome power saving ini, maka anda bisa menghemat penggunaan baterai smartphone. Semua itu karena monochrome power saving ini bisa mematikan semua fitur yang tidak anda gunakan kecuali fitur telepon dan juga SMS.

  1. Unlock phone dengan voice command

Fitur yang berikutnya bisa anda temukan di dalam MIUI 11 adalah fitur unlock phone menggunakan voice command.

Jadi ketika layar smartphone anda dalam kondisi terkunci, maka anda hanya perlu mengucapkan keyword tertentu saja untuk membuka kuncian layarnya. Dengan adanya fitur ini, maka proses untuk membuka kunci layar menjadi lebih cepat dan juga praktis.

Cara Aktifkan Dark Mode di MIUI 11

Cara Mengaktifkan Dark Mode di MIUI 11

Lalu bagaimanakah caranya untuk mengaktifkan fitur dark mode di MIUI 11 itu? Jika anda ingin mengaktifkan fitur tersebut, maka pastikan smartphone anda sudah menggunakan MIUI 11 terlebih dahulu.

Untuk cek berapa versi MIUI yang saat ini terpasang di smartphone yang anda gunakan, anda bisa masuk ke dalam menu Pengaturan/Setting > About Phone/Tentang Ponsel. Di dalam menu tersebut, cari kolom Versi MIUI.

Bila smartphone anda sudah menggunakan versi MIUI 11, maka anda bisa ikuti panduan berikut ini untuk mengaktifkan fitur dark modenya:

  1. Pertama, masuk ke dalam menu Pengaturan atau Setting.
  2. Berikutnya, cari dan masuk ke menu Display atau Tampilan.
  3. Selanjutnya, cari opsi Dark Mode.
  4. Tekan tombol Aktifkan atau Activate.

Setelah anda menekan tombol tersebut, maka secara otomatis tampilan smartphone anda akan berubah menjadi ke mode gelap. Jika anda ingin mengembalikan tampilan smartphone anda seperti semula, anda bisa mematikan mode tersebut.

Cara Mengaktifkan Fitur Dark Mode Secara Otomatis

Jika anda perhatikan, cara mengaktifkan dark mode di MIUI 11 sebelumnya harus anda lakukan secara manual. Selain bisa anda aktifkan secara manual, sebenarnya fitur tersebut juga bisa anda aktifkan secara otomatis.

Lalu bagaimanakah caranya untuk mengaktifkan fitur dark mode tersebut secara otomatis? Berikut ini langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur dark mode secara otomatis:

  1. Pertama, masuk ke dalam menu Pengaturan atau Setting di smartphone yang sudah menggunakan MIUI 11.
  2. Berikutnya, masuk ke dalam menu Display atau Tampilan.
  3. Setelah itu, anda bisa pilih menu Dark Mode.
  4. Aktifkan terlebih dahulu fitur dark mode tersebut dengan menekan tombol Activate atau Aktifkan.
  5. Selanjutnya, cari dan pilih menu Schedule atau Jadwal.
  6. Kemudian, anda bisa memilih kapan fitur Dark Mode tersebut ingin anda aktifkan dan matikan. Isi jamnya sesuai dengan kolom yang tersedia.
  7. Jika sudah anda buat jadwalnya, maka anda bisa menutup halaman tersebut.

Catatan:

Untuk memastikan semua aplikasi bisa masuk ke dalam dark mode, pastikan untuk mencentang opsi Global Dark Mode di dalam menu pengaturannya.

Dengan mencentang opsi tersebut, maka semua aplikasi yang terpasang di dalam smartphone yang sudah mendukung fitur dark mode akan ikut mengaktifkan fitur tersebut sesuai jadwal yang sudah anda buat.

Cara Menggunakan Dark Mode Untuk Smartphone yang Tidak Mendapatkan MIUI 11

MIUI 11 memang membawa banyak sekali fitur menarik. Namun sayang, MIUI 11 tidak hadir untuk setiap tipe smartphone Xiaomi. Oleh sebab itu, tidak semua tipe smartphone Xiaomi bisa menikmati fitur dark mode dari MIUI 11.

Lalu adakah cara untuk bisa menggunakan fitur dark mode meskipun smartphone anda tidak mendapatkan update MIUI 11?

Untungnya, masih ada cara untuk tetap bisa menggunakan dark mode meskipun smartphone anda tidak mendapatkan update ke MIUI 11. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan OS Android Pie atau Android versi 9.

Di dalam OS Android versi 9 tersebut sudah terdapat fitur dark mode bawaan. Jadi meskipun smartphone yang anda gunakan tidak mendapatkan update MIUI 11, maka anda tetap bisa menggunakan fitur dark mode.

Bagaimana? Sudah cukup paham bukan bagaimana cara mengaktifkan dark mode di MIUI 11 itu? Cukup mudah bukan sebenarnya cara untuk mengaktifkan fitur dark mode itu?