10 Cara Mengaktifkan Shopee PayLater, Syarat dan Cara Daftar 2021

Diposting pada

Shopee PayLater merupakan layanan yang diberikan oleh salah satu E-commerce Shopee kepada masyarakat dalam bentuk pinjaman dana. Namun, dana yang dipinjamkan tersebut hanya dapat diterima dan dinikmati oleh beberapa orang saja. Selain itu, ada beberapa cara mengaktifkan Shopee PayLater sebelum menggunakannya.

Metode pembayaran yang disediakan oleh Shopee PayLater hanya diberikan kepada pengguna aplikasi dan penjual yang memasarkan produknya di Shopee. Adapun tujuan Shopee PayLater ini untuk memberikan kemudahan kepada pelanggan memenuhi kebutuhan dan cara pembayaran yang praktis.

Layanan Shopee PayLater dapat digunakan untuk semua pengguna Shopee yang sering berbelanja di aplikasi tersebut namun juga mereka yang memiliki toko online di Shopee. Anda harus daftar dan mengaktifkannya terlebih dahulu sesuai dengan ketentuan dan syarat yang diberikan.

Seiring banyaknya pengguna Shopee, tidak sedikit dari mereka yang belum paham sistem pembayaran dengan Shopee PayLater. Bagi Anda yang masih bingung cara mengaktifkan Shopee PayLater sebaiknya baca hingga tuntas tutorialnya di bawah ini.

Cara Mengaktifkan Shopee PayLater

Cara Mengaktifkan Shopee PayLater

Apa Itu Shopee PayLater?

Sebelum membahas lebih lanjut cara mengaktifkan Shopee PayLater, ada baiknya mengetahui definisinya terlebih dahulu. Shopee PayLater merupakan fasilitas yang diberikan untuk pengguna Shopee berupa pinjaman dana untuk membayar dengan sistem angsuran atau membayar penuh di bulan berikutnya sesuai limit dan waktu pembayaran yang telah diberikan.

Shope PayLater hadir dengan bunga rendah dan sistem pembayaran yang dapat Anda lunasi di bulan berikutnya. Namun, perlu diketahui bahwa program cicilan dari Shopee ini memberlakukan sistem yang membatasi jumlah limit untuk transaksi Shopee PayLater.

Jumlah limit yang diberikan kepada pengguna cukup bervariasi. Limit Shopee PayLater dapat bertambah seiring waktu secara otomatis tergantung berapa seringnya limit digunakan dan perilaku pengguna menggunakan sistem pembayaran tersebut. Shopee PayLater sudah terjamin legalitasnya karena terdaftar serta diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan atau OJK.

Untuk menambah keamanan transaksi, OJK bahkan menggandeng PT Commerce Finance dan PT Lentera Dana Nusantara. Apabila ingin menikmati berbagai kenyamanan fasilitas dan kemudahan transaksi pembayaran Anda harus menginstall aplikasi Shopee dan mengaktifkan Shopee PayLater terlebih dahulu.

Bagi Anda yang belum tahu, banyak keuntungan yang akan diperoleh jika cara mengaktifkan Shopee PayLater dilakukan dengan benar. Untuk lebih lengkapnya berikut keuntungan menggunakan metode pembayaran Shopee PayLater.

  1. Mendapat bunga rendah dengan nominal cicilan yang beragam.
  2. Pengguna bisa mendapatkan barang dan membayar hingga tenggat waktu yaitu tanggal 5 di bulan berikutnya.
  3. Memperoleh pinjaman dana awal sebesar 0%.
  4. Dalam waktu 1×24 jam pengguna dapat memperoleh limit yang cukup besar yaitu sekitar Rp 1.800.000.

Syarat Daftar Shopee PayLater

Shopee PayLater tidak bisa diberikan kepada sembarang orang sehingga bagi Anda yang ingin menggunakan layanan tersebut harus mendaftar terlebih dahulu. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk daftar Shopee PayLater ini agar bisa diaktivasi dan lanjut ke cara mengaktifkan Shopee PayLater. Syarat-syarat daftar Shopee PayLater yang harus dipenuhi antara lain sebagai berikut.

  1. Pemohon Shopee PayLater merupakan penduduk Indonesia/WNI dan usia minimal 17 tahun.
  2. Mempunyai kartu pengenal diri dibuktikan dengan KTP.
  3. Akun Shopee setidaknya sudah 3 bulan digunakan terhitung sejak awal dibuat hingga pengajuan Shopee PayLater.
  4. Shopee PayLater aktif dan sudah diverifikasi.
  5. Rutin belanja dan transaksi menggunakan Shopee PayLater.
  6. Menggunakan atau upgrade ke aplikasi Shopee dengan versi terbaru.

Cara Mengaktifkan Shopee PayLater

Jika syarat-syarat pendaftaran sudah dipenuhi, maka Anda bisa melanjutkan ke proses berikutnya yaitu mengaktifkan Shopee PayLater. Cara mengaktifkan Shopee PayLater ini sebenarnya cukup mudah karena tidak membutuhkan syarat yang rumit dan cukup ikuti intruksi langkah-langkah berikut ini.

  1. Pertama, buka aplikasi Shopee di handphone Anda dan pastikan tersambung dengan koneksi internet. Jika belum mempunyai aplikasi tersebut, silahkan download di Playstore atau Apps Store.
  2. Jika sudah masuk ke halaman awal atau Beranda, pilih menu ‘saya’ di bagian pojok kanan bawah. Pada menu ‘Saya’ terdapat beberapa menu lainnya di bawahnya, lalu pilih menu ‘Shopee PayLater’ untuk mengaktifkannya.Cara Aktifkan Shopee PayLater
  3. Berikutnya beralih ke cara mengaktifkan Shopee PayLater. Caranya klik menu ‘Aktifkan Sekarang’ pada halaman Shopee PayLater. Pada halaman tersebut biasanya akan muncul poin-poin kebijakan dan ketentuan untuk saat mengaktifkan Shopee PayLater. Jika berhasil mengaktifkan Anda akan memperoleh limit otomatis sebanyak Rp 750.000.Cara Aktivasi Shopee PayLater
  4. Kemudian Anda akan menerima kode verifikasi dari pihak Shopee melalui SMS, WA atau telepon sesuai dengan pilihan awal. Lalu masukkan kode tersebut ke kolom yang disediakan dan klik ‘Lanjut’ untuk lanjut ke proses berikutnya.Cara Menggunakan Shopee PayLater
  5. Setelah itu, Anda akan dialihkan ke halaman selanjutnya dan melakukan proses verifikasi KTP. Ambil foto KTP sesuai dengan posisi frame, pastikan foto terlihat jelas kemudian unggah. Selanjutnya isi identitas diri dengan menulis NIK dan Nama, lalu klik ‘Konfirmasi’.Verifikasi KTP Shopee PayLater
  6. Cara mengaktifkan Shopee PayLater selanjutnya Anda harus mengisi informasi data diri tambahan hingga lengkap. Adapun informasi yang harus diisi yaitu berupa nama ibu kandung, pendidikan terakhir, pekerjaan, penghasilan dan nomor yang bisa dihubungi ketika kondisi darurat. Apabila data sudah diisi dengan lengkap klik kolom ‘Konfirmasi’.Cara Daftar Shopee PayLater
  7. Cara mengaktifkan Shopee PayLater berikutnya yakni memverifikasi wajah. Caranya Anda harus mengunggah foto dan memegang KTP asli dengan presisi dan jelas. Posisikan wajah berada di bawah dagu dan menghadap ke depan. Ambil foto sesuai dengan garis dan frame supaya bisa dikenali.Verifikasi Wajah Shopee PayLater
  8. Selanjutnya tunggu proses verifikasi wajah. Jika berhasil pengajuan Shopee PayLater akan diproses selambat-lambatnya 2 hari pada jam kerja setelah diajukan.Proses Aktivasi Shopee PayLater
  9. Jika proses dan cara mengaktifkan Shopee PayLater berhasil, Anda akan memperoleh notifikasi yang menyatakan bahwa pengajuan diterima dan Shopee PayLater berhasil diaktifkan.Aktivasi Shopee PayLater Disetujui
  10. Anda akan menerima besaran limit awal yang dapat digunakan untuk membayar barang belanjaan di Shopee.

Anda dapat mengikuti tata cara mengaktifkan Shopee PayLater yang disebutkan di atas supaya pengajuan dapat segera diaktivasi oleh pihak Shopee. Isi data dengan benar sesuai dengan kartu identitas dan nomor yang bisa dihubungi. Proses pengajuan ini bisa memakan waktu maksimal 2 hari pada hari kerja terhitung setelah proses diajukan. Sebaliknya jika pengajuan aktivasi ditolak Anda dapat mencoba kembali.

Limit Shopee PayLater

Jika pengajuan dilakukan sesuai dengan cara mengaktifkan Shopee PayLater besar kemungkinan aktivasi diterima. Apabila berhasil Anda akan memperoleh limit transaksi Shopee Patlater yang langsung bisa digunakan untuk membayar belanja baik dengan sistem pembayaran cicilan atau dilunasi di bulan berikutnya.

Jumlah limit yang diberikan ini tergantung dari kebijakan pihak Shopee sehingga Anda tidak bisa menentukan besaran limit sendiri. Adapun limit untuk pengguna baru biasanya akan memperoleh sekitar 700 ribuan.

Limit akan naik secara otomatis tergantung dari banyaknya transaksi dan perilaku pengguna. Sebaiknya bayar tagihan tepat waktu sebelum jatuh tempo supaya besaran limit bisa naik perlahan. Notifikasi tagihan ini umumnya muncul di tanggal 25 tiap bulan serta tanggal 5 saat tagihan jatuh tempo. Maka dari itu, pastikan menggunakan cara mengaktifkan Shopee PayLater yang benar dan nikmati layanan satu ini.

Suku Bunga Shopee PayLater

Saat belanja menggunakan Shopee PayLater pastikan besaran limit cukup untuk membayar belanjaan dengan melihatnya di halaman utama menu Shopee PayLater. Setelah mengetahui cara mengaktifkan Shopee PayLater dan besaran limitnya, Anda perlu tahu bahwa metode pembayaran ini memberlakukan suku bunga untuk transaksi pembayaran.

Suku buka Shopee PayLater yang diberlakukan yaitu sekitar 2,95%, dimana ia berlaku mulai tanggal 28 April 2020 lalu. Namun suku bunga ini sewaktu-waktu bisa berubah baik berkurang atau bertambah sesuai dengan kebijakan perusahaan. Untuk sementara ini suku bunga yang diberlakukan hanya 2,95% dengan cicilan yang bisa diangsur dalam 2, 3 hingga 6 bulan.

Adapun bunga pada Shopee PayLater ini juga berlaku untuk sistem pembayaran ‘Beli Sekarang Bayar Nanti’ dimana pembayaran harus lunas dalam kurun waktu 1 bulan. Selain itu, Anda akan dikenakan biaya admin sebesar 1% untuk setiap transaksi jika menggunakan metode pembayaran Shopee PayLater ini.

Sementara itu, jika Anda terlambat membayar tagihan akan dikenakan denda yang lumayan tinggi sekitar 5%. Oleh karena itu, pastikan Anda membayar tagihan tepat waktu maksimal dan ikuti tata cara mengaktifkan Shopee PayLater di atas.

Syarat dan Ketentuan Pembayaran

Setelah mengetahui informasi seputar cara mengaktifkan Shopee PayLater, Anda juga harus tahu syarat dan ketentuan pembayaran pada Shopee PayLater ini. Adapun syarat dan ketentuannya seperti di bawah ini.

  1. Checkout tidak terbatas selama limit Shopee Pay mencukupi.
  2. Pengguna tidak dapat membatalkan pesanan dan mengganti metode pembayaran saat limit Shopee PayLater bertambah.
  3. Limit tidak dapat digunakan untuk memberi produk dengan kategori voucher seperti pulsa, tiket dan tagihan.
  4. Limit tidak berlaku untuk pembayaran produk digital.

Kesimpulan

Jika dilihat secara garis besar, cara mengaktifkan Shopee PayLater bisa dikatakan cukup mudah. dengan menggunakan metode pembayaran mencicil tanpa kartu kredit sangat layak untuk dicoba para pengguna Shopee. Untuk informasi dan pertanyaan lebih lanjut simak ulasan FAQ berikut ini.

Apa Itu Shopee PayLater?

  • Shopee PayLater adalah fasilitas untuk pelanggan Shopee berupa pinjaman dana dengan sistem pembayaran cicilan dengan jangka 2, 3, dan 6 bulan. Shopee PayLater juga bisa digunakan untuk ‘Beli Sekarang Bayar Nanti’.

Apakah Shopee PayLater Aman?

  • Aman karena sudah terdaftar dan diawasi langsung oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Apakah Shopee PayLater Dapat Dicairkan?

  • Tidak, karena limit hanya digunakan untuk pembelian di Shopee saja.

Mengapa Tidak Bisa Mendaftar Shopee PayLater?

  • Kemungkinan akun masih baru karena untuk daftar Shopee PayLater akun minimal harus berusia 3 tahun.

Bagaimana Cara Daftar Shopee PayLater?

  • Daftar Shopee PayLater dapat dilakukan di aplikasi Shopee. Kemudian Anda akan memperoleh limit Shopee PayLater.

Berapa Limit Shopee PayLater?

  • Besaran limit awal sekitar Rp 750.000.

Apakah Limit Bisa Dinaikkan?

  • Bisa, karena limit akan naik secara otomatis tergantung perilaku dan konsumsi pengguna. semakin sering menggunakan Shopee PayLater untuk transaksi dan membayar tepat waktu maka limit akan cepat naik

Berapa Suku Bunga Shopee PayLater?

  • Suku bunga sebesar 2,95% sementara biaya tiap transaksi sebanyak 1%.

Berapa Denda Keterlambatan Pembayaran Shopee PayLater?

  • Pembeli dikenakan denda sebesar 5% jika terlambat membayar.

Nah, itulah informasi yang dilansir dari Help Center Shopee. Semoga informasi seputar cara mengaktifkan Shopee PayLater dapat membantu Anda membeli barang dengan sistem pembayaran Beli Sekarang bayar Nanti dan cicilan.