Cara Mengatasi Filter IG Hilang di HP Android

Diposting pada

Salah satu hal yang membuat Instagram begitu disukai adalah karena adanya fitur filter di dalamnya. Namun masalahnya, terkadang filter di Instagram itu sering hilang. Lalu bagaimana cara mengatasi filter IG hilang?

Karena sering hilang tanpa sebab, banyak sekali pengguna aplikasi Instagram yang kebingungan mencari filter yang pernah mereka unduh. Lalu sebenarnya kenapa filter Instagram yang sudah anda unduh bisa hilang?

Jika anda ingin mengetahui apa penyebab dan juga bagaimana cara mengatasi filter IG hilang, anda bisa pelajari hal tersebut di dalam artikel ini.

Berbagai Faktor Penyebab Filter IG Hilang Tanpa Sebab

Seperti yang sudah disebutkan, memang saat ini banyak sekali filter Instagram yang tiba-tiba hilang tanpa sebab. Padahal anda sama sekali tidak menghapus filter tersebut.

Lalu sebenarnya apa yang menjadi penyebab filter Instagram tersebut bisa hilang tanpa sebab? Berikut ini adalah beberapa faktor yang menjadi penyebab hilangnya filter Instagram di dalam HP Android:

  • Aplikasi Instagram versinya sudah terlalu lama

Faktor pertama yang paling sering menjadi penyebab hilangnya filter Instagram adalah karena versi aplikasi yang sudah terlalu lama.

Jadi jika tiba-tiba filter yang sudah anda download hilang, anda bisa coba cek terlebih dahulu apakah ada pembaruan pada aplikasi Instagram di Playstore.

Jika memang ada pembaruan versi aplikasi di Playstore, segera perbarui versi aplikasi anda. Setelah memperbarui versi aplikasi Instagram, biasanya filter yang tadinya hilang akan muncul kembali.

  • Memori internal HP Android sudah terlalu penuh

Faktor lain yang juga bisa menjadi penyebab hilangnya filter Instagram secara tiba-tiba adalah karena memori internal HP Android sudah terlalu penuh.

Ketika memori internal HP Android anda sudah terlalu penuh, biasanya akan ada beberapa file yang secara otomatis akan dihapus oleh sistem.

Oleh sebab itu, jika anda memang tidak ingin koleksi filter di Instagram hilang tanpa sebab, ada baiknya pastikan memori internal HP anda jangan sampai penuh.

  • Filter memang dihapus oleh sistem Instagram

Faktor terakhir yang juga bisa menjadi penyebab hilangnya filter di Instagram adalah karena sistem Instagram yang menghapusnya.

Perlu anda ketahui, tidak semua filter buatan pengguna memang bisa selalu tersedia di dalam katalog Instagram. Terkadang, ada kalanya sistem keamanan Instagram menghapus filter tersebut karena berbagai macam alasan.

Jika sistem yang menghapus filter buatan pengguna, maka secara otomatis filter tersebut juga akan hilang dari akun Instagram anda.

Bagaimana Cara Mengatasi Filter IG Hilang?

Cara Mengatasi Filter IG Hilang

Setelah mengetahui apa saja faktor yang menyebabkan hilangnya filter yang sudah anda download di Instagram, sekarang anda bisa pelajari bagaimana cara mengatasi masalah tersebut.

Berikut ini merupakan beberapa cara mengatasi filter IG hilang yang bisa anda praktekkan secara langsung:

  1. Cari kembali filter yang hilang

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk mengatasi filter IG hilang adalah dengan mencarinya kembali di Instagram.

Pastikan terlebih dahulu bahwa sistem Instagram memang tidak menghapus filter tersebut. Jika memang filter tersebut masih anda temukan di katalog filter Instagram, maka anda bisa coba download kembali.

Setelah berhasil download filter tersebut lagi, anda bisa coba gunakan filternya sekali lagi. Jika filter sudah bisa anda gunakan, maka kemungkinan filter tersebut tidak akan hilang tanpa sebab lagi.

  1. Cek koneksi internet yang anda gunakan

Hal berikutnya yang juga bisa anda lakukan untuk mengatasi filter IG hilang adalah dengan cek koneksi internet anda.

Terkadang, filter IG hilang itu bukan benar-benar hilang. Terkadang koleksi filter anda terlihat hilang karena koneksi internet di HP Android anda sedang tidak stabil.

Karena koneksi internetnya tidak stabil, maka HP Android anda tidak bisa memunculkan koleksi filter yang sudah anda download sebelumnya.

  1. Coba logout dari akun Instagram

Jika filter Instagram yang sudah anda kumpulkan ternyata hilang tanpa sebab, maka solusi berikutnya yang bisa anda lakukan adalah coba logout dari akun Instagram anda.

Setelah berhasil logout, coba untuk login kembali. Terkadang hilangnya koleksi filter di akun Instagram anda itu karena adanya bug pada sistem Instagram.

Cukup banyak pengguna aplikasi Instagram yang berhasil mengembalikan koleksi filternya dengan logout dan login kembali ke dalam akun Instagramnya.

  1. Pasang ulang aplikasi Instagram di HP Android anda

Jika semua cara mengatasi filter IG hilang sebelumnya sudah anda lakukan namun tidak membuahkan hasil, maka cara berikutnya yang bisa anda coba gunakan adalah memasang ulang aplikasi Instagram.

Terkadang hilangnya koleksi filter di aplikasi Instagram ini bisa terjadi karena file aplikasi Instagram yang terpasang di dalam HP Android anda rusak atau corrupted.

Jika memang hal itu yang jadi penyebab hilangnya koleksi filter anda, maka biasanya koleksi filter anda akan muncul kembali setelah anda memasang ulang aplikasi Instagram di HP anda.

  1. Hapus cache aplikasi Instagram

Cara mengatasi filter IG hilang yang berikutnya yang juga bisa anda coba adalah dengan menghapus semua cache dari aplikasi Instagram yang terpasang di dalam HP Android anda.

Untuk menghapus cache dari aplikasi Instagram, anda bisa masuk dari menu Pengaturan>Aplikasi>Instagram. Setelah itu, tekan tombol Hapus Cache.

Dengan menghapus cache dari aplikasi Instagram ini, maka anda harus login kembali ke dalam akun anda.

Bagaimana? Dari 5 macam cara mengatasi filter IG hilang tersebut, manakah yang berhasil membuat koleksi filter anda muncul kembali?