Cara Mengatasi Kamera WhatsApp Ngezoom Sendiri

Diposting pada

Akhir-akhir ini, ada banyak pengguna WhatsApp yang mengeluhkan masalah kamera yang zoom otomatis setiap kali digunakan. Padahal, pengguna sama sekali tidak mengaktifkan fitur zoom. Lalu bagaimana cara mengatasi kamera WhatsApp ngezoom sendiri tersebut?

Meskipun menjadi salah satu aplikasi messenger paling banyak pengguna di Indonesia, WhatsApp memang tidak lepas dari bug. Ada banyak sekali bug yang sudah cukup sering pengguna laporkan.

Salah satu bug yang paling sering muncul memang adalah pada bagian kameranya. Setiap kali mengaktifkan fitur kamera di dalam aplikasi WhatsApp, kamera selalu dalam mode zoom.

Jika anda juga mengalami masalah tersebut, maka anda sudah datang ke tempat yang tepat. Di dalam artikel ini, anda bisa menemukan solusi untuk mengatasi kamera WhatsApp ngezoom sendiri tersebut.

Apa Maksud Kamera WhatsApp Ngezoom Sendiri Itu?

Sebagian dari anda mungkin masih merasa bingung mengenai kamera WhatsApp yang ngezoom sendiri.

Bagi anda yang belum mengalami bug tersebut, semoga anda tidak pernah mengalami masalah tersebut. Namun demikian, anda tetap perlu mengetahui apa maksud dari bug tersebut.

Maksud dari kamera WhatsApp ngezoom sendiri tersebut adalah kamera yang otomatis masuk mode zoom ketika anda jalankan dari dalam aplikasi WhatsApp.

Jadi ketika anda ingin mengambil foto langsung dari aplikasi WhatsApp, kamera akan otomatis masuk mode zoom. Dengan masuk mode zoom, maka obyek yang akan anda abadikan akan terlihat lebih besar dari ukuran sebenarnya.

Apa Kerugian Adanya Bug Pada Kamera WhatsApp?

Lalu apa sebenarnya kerugian dari kamera WhatsApp yang ngezoom sendiri tersebut? Meskipun terlihat tidak begitu merugikan, namun sebenarnya ada banyak sekali kerugian dari bug tersebut.

Berikut ini adalah beberapa macam kerugian dari adanya bug pada kamera aplikasi WhatsApp tersebut:

  • Tidak bisa mengabadikan foto langsung dari aplikasi WhatsApp

Kerugian pertama dari bug pada kamera WhatsApp tersebut jelas adalah anda sama sekali tidak bisa langsung mengabadikan foto dari aplikasi WhatsApp.

Mau tidak mau, anda harus mengabadikan foto menggunakan aplikasi kamera terlebih dahulu. Setelah itu, anda baru mengirimkan foto tersebut melalui fitur galeri dari WhatsApp.

Jadi, proses untuk mengirimkan foto menjadi lebih panjang jika bug di dalam kamera WhatsApp ini tidak anda atasi.

  • Menghabiskan lebih banyak kuota internet

Tidak banyak dari pengguna WhatsApp yang mengetahui jika aplikasi WhatsApp sudah dilengkapi dengan fitur kompresi file.

Salah satu fitur tersebut ada di dalam kamera WhatsApp. Jadi setiap foto maupun video yang anda abadikan langsung dari kamera WhatsApp akan memiliki ukuran file lebih kecil.

Jadi jika kamera WhatsApp anda sedang mengalami bug seperti ngezoom sendiri, maka secara otomatis ukuran file foto maupun video yang anda kirimkan tidak akan terkompresi.

Jika ukuran file foto dan videonya tidak terkompresi, maka secara otomatis kuota internet anda akan lebih cepat habis.

Berbagai Macam Penyebab Bug Pada Kamera WhatsApp

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengatasi kamera WhatsApp ngezoom sendiri, anda harus mengetahui terlebih dahulu soal apa penyebab kamera WhatsApp ngezoom sendiri.

Berikut ini adalah beberapa hal yang biasanya menjadi penyebab kamera WhatsApp bisa masuk mode zoom saat anda aktifkan:

  • Versi aplikasi WhatsApp sudah terlalu usang

Hal pertama yang paling sering jadi penyebab kamera WhatsApp masuk mode zoom sendiri saat anda aktifkan adalah karena versi WhatsApp yang anda gunakan sudah terlalu usang.

Jika versi aplikasi yang anda gunakan sudah terlalu usang, memang biasanya akan ada beberapa fiturnya yang mengalami gangguan fungsi. Pada aplikasi WhatsApp, fitur yang paling sering mengalami gangguan fungsi adalah bagian kameranya.

  • Ada bug di versi WhatsApp yang anda gunakan

Jika bukan karena versi WhatsApp sudah terlalu usang, maka masalah kamera WhatsApp yang ngezoom sendiri juga bisa terjadi karena adanya bug di versi WhatsApp yang anda gunakan.

Meskipun merupakan aplikasi yang sudah banyak penggunanya, bukan berarti aplikasi WhatsApp adalah aplikasi yang sempurna. Terkadang, versi terbarunya juga memiliki bug.

  • Ada malware di dalam smartphone anda

Masalah kamera WhatsApp yang masuk ke dalam mode zoom setiap kali anda aktifkan ini juga bukan hanya karena aplikasi WhatsAppnya saja.

Terkadang masalah tersebut juga bisa terjadi karena adanya malware di dalam smartphone anda. Cukup banyak jenis malware yang bisa mengganggu fungsi perangkat keras seperti kamera di dalam smartphone.

  • Adanya firmware smartphone yang crash dengan aplikasi WhatsApp

Selain karena adanya malware, masalah kamera WhatsApp yang sering masuk mode zoom saat anda aktifkan ini juga bisa terjadi karena crash dengan firmware smartphone anda.

Hal ini biasanya sering terjadi pada pengguna smartphone yang baru saja memperbarui firmwarenya.

Bagaimana Cara Mengatasi Kamera WhatsApp Ngezoom Sendiri?

Cara Mengatasi Kamera WhatsApp Ngezoom Sendiri

Setelah mengetahui apa saja hal yang bisa menjadi pemicu bug pada kamera WhatsApp, lalu bagaimana cara mengatasi kamera WhatsApp ngezoom sendiri?

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi kamera WhatsApp ngezoom sendiri yang bisa anda coba lakukan:

  • Uninstall dan install kembali WhatsApp

Jika aplikasi WhatsApp yang anda miliki mengalami bug di bagian kamera, maka cara pertama untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan uninstall dan install kembali aplikasi Whatsap.

Biasanya, hal ini bisa menghilangkan bug yang terjadi pada kamera WhatsApp. Namun pastikan hanya memasang aplikasi WhatsApp dari platform resmi saja seperti Playstore maupun App Store.

  • Restart smartphone ke pengaturan awal

Jika anda sudah memasang ulang aplikasi WhatsApp namun tidak ada perubahan, maka hal terakhir yang bisa anda lakukan untuk mengatasi kamera WhatsApp ngezoom sendiri adalah dengan restart smartphone ke pengaturan pabrik.

Dengan begitu, maka smartphone anda akan kembali ke pengaturan awal dan dapat dipastikan tidak akan ada lagi masalah seperti kamera WhatsApp yang ngezoom sendiri.

Bagaimana? Tidak sulit bukan sebenarnya cara mengatasi kamera WhatsApp ngezoom sendiri itu?