Cara Mengatasi Lampu Motor Redup Tanpa ke Bengkel

Beranda / Otomotif / Cara Mengatasi Lampu Motor Redup Tanpa ke Bengkel

Jika tiba-tiba lampu motor anda menjadi redup, anda tidak perlu bingung. Hal tersebut bisa anda tangani sendiri tanpa perlu ke bengkel. Cara mengatasi lampu motor redup itu sebenarnya cukup mudah.

Yang terpenting itu sebenarnya adalah anda harus bisa melakukan pengecekan pada beberapa komponen yang menjadi penyebab lampu motor menjadi redup.

Lalu apa sajakah komponen motor yang perlu anda cek? Bagaimana juga cara cek komponen motor tersebut? Untuk lebih lengkapnya, anda bisa pelajari di dalam artikel ini.

Faktor Penyebab Lampu Motor Redup

Seperti yang sudah disebutkan, ada banyak sekali hal yang bisa menjadi faktor penyebab kenapa lampu motor anda tiba-tiba menjadi redup. Berikut ini adalah beberapa faktor yang paling sering menjadi penyebab masalah tersebut:

  • Spul mulai melemah

Hal pertama yang paling sering menjadi penyebab kenapa lampu motor anda sekarang menjadi redup adalah spulnya sudah melemah.

Perlu anda ketahui, spul ini adalah komponen yang berfungsi sebagai generator atau pembangkit listrik di dalam motor.

Oleh sebab itu, jika spul ini sudah mulai melemah, maka sistem kelistrikan di dalam motor akan terganggu. Salah satunya adalah fungsi dari lampu depan motor.

  • Regulator sudah tidak berfungsi optimal

Selain karena spul yang sudah melemah, hal berikutnya yang juga bisa menjadi penyebab lampu depan motor tiba-tiba menjadi redup adalah karena regulator sudah tidak berfungsi optimal lagi.

Regulator itu adalah komponen yang berfungsi untuk mengatur tegangan listrik di dalam motor. Jika regulator sudah tidak berfungsi optimal lagi, biasanya tegangan listrik dari spul bisa naik turun.

Dan jika sudah mengalami hal tersebut, maka efeknya biasanya akan sangat terasa pada lampu di bagian depan.

  • Aki motor sudah drop tegangannya

Selain bisa karena regulator dan spul yang sudah tidak berfungsi optimal lagi, hal berikutnya yang juga bisa menjadi penyebab lampu depan motor makin redup adalah karena aki motor sudah drop.

Ketika aki sudah drop, maka lampu depan motor tidak mendapatkan suplai arus listrik yang memadai. Karena itu, lampu tidak bisa menyala dengan terang.

Penyebab Lampu Motor Redup dari Tipe Kelistrikannya

Anda sudah mengetahui apa saja faktor yang paling sering menjadi penyebab lampu motor redup. Namun demikian, faktor-faktor tersebut masih terbagi lagi sesuai dengan tipe kelistrikan motor.

Lalu apa saja penyebab lampu motor menjadi redup menurut tipe kelistrikannya tersebut? Berikut adalah beberapa penyebabnya:

  • Tipe kelistrikan AC dan DC Halfwave

Untuk anda yang memiliki motor dengan tipe kelistrikan AC dan juga DC halfwave, biasanya lampu depan motor yang makin redup itu terjadi karena spul sudah tidak berfungsi dengan optimal.

Kenapa? Hal tersebut karena di motor dengan sistem kelistrikan AC dan DC halfwave, lampu bagian depan langsung mendapatkan suplai listrik dari spul melalui regulator.

Jadi jika lampu motor anda meredup, kemungkinan besar hal tersebut karena spul yang sudah tidak bekerja optimal.

  • Tipe kelistrikan DC Fullwave

Sedangkan jika motor anda sudah menggunakan sistem kelistrikan DC fullwave, redupnya lampu depan biasanya karena aki yang sudah mulai drop.

Ketika aki sudah mulai drop, maka aki sudah tidak bisa memberikan suplai arus listrik ke lampu depan motor. Biasanya hal ini juga berlaku untuk semua lampu dan juga klakson.

Hal tersebut karena motor dengan sistem kelistrikan DC fullwave ini menggunakan aki sebagai sumber arus listrik. Sedangkan spul hanya berfungsi sebagai pengisi tegangan aki saja.

Cara Cek Penyebab Lampu Motor Tidak Menyala Terang

Setelah mengetahui apa saja penyebab lampu motor menjadi redup, anda masih harus mengetahui bagaimana cara memastikan apa penyebab utamanya di motor anda.

Lalu bagaimana cara memastikan apa penyebab lampu motor anda redup itu? Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk memastikan penyebabnya:

  • Cek tegangan aki motor

Untuk anda yang memiliki motor dengan sistem kelistrikan DC fullwave, maka hal pertama yang bisa anda lakukan ketika lampu motor mulai redup adalah cek tegangan akinya.

Pastikan aki motor anda memiliki tegangan lebih minimal 12V. Anda bisa melakukan pengetesan tegangan aki tersebut dengan menggunakan alat multitester.

Lalu bagaimana jika anda tidak memiliki alat tersebut? Jika anda tidak memiliki alat multitester, anda bisa mencoba menghubungkan kutub positif dan negatif aki dengan menggunakan kabel.

Jika saat anda hubungkan muncul percikan api, maka itu artinya tegangan aki cukup besar. Namun jika tidak muncul percikan api, itu tandanya aki motor anda sudah drop.

  • Cek nyala lampu saat anda meningkatkan putaran gas

Jika anda memiliki motor dengan sistem kelistrikan DC halfwave dan juga AC, maka anda bisa cek dengan cara menyalakan lampu depan motor sambil meningkatkan putaran gas motor.

Bila nyala lampu makin terang saat anda naikkan putaran gas motor, maka itu artinya spul andalah yang memang sedang bermasalah dan menyebabkan lampu depan motor menjadi redup.

Cara Mengatasi Lampu Motor Redup Dengan Mudah

Cara Mengatasi Lampu Motor Redup

Setelah anda melakukan pengecekan dan memastikan bahwa lampu motor anda yang redup memang karena adanya permasalah di sistem kelistrikan motor, lalu bagaimana cara mengatasi lampu motor redup tersebut?

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi lampu motor redup sesuai dengan faktor penyebabnya:

  • Lilit ulang atau ganti spul dengan yang baru

Untuk anda yang menggunakan motor dengan sistem kelistrikan AC dan DC halfwave, anda bisa mengatasi lampu depan yang redup dengan cara melilit ulang kawat tembaga spul.

Melilit ulang kawat tembaga ini terbilang cukup murah biayanya. Hanya saja, anda memang butuh pengalaman dan juga ketelitian.

Untuk anda yang tidak memiliki pengalaman dan tidak mau repot, anda bisa langsung mengganti spul motor dengan yang sama tipenya. Mengganti spul dengan yang baru adalah cara mengatasi lampu motor redup yang paling cepat dan mudah.

  • Charge aki lama atau ganti dengan aki baru

Jika motor yang anda miliki itu sistem kelistrikannya adalah DC fullwave, maka hal yang bisa anda lakukan untuk mengatasi lampu motor yang redup adalah dengan charge ulang aki lama.

Namun jika aki lama anda sudah tidak bisa dicharge, maka mau tidak mau anda harus mengganti aki motor dengan yang baru.

Setelah anda charge ataupun ganti dengan yang baru, lampu motor anda akan kembali menyala dengan terang lagi.

Bagaimana Jika Lampu Motor Anda Sering Mati?

Lalu bagaimanakah jika lampu motor anda tidak hanya redup namun sering mati total? Jika lampu motor anda sering mati, maka kemungkinan besar itu disebabkan karena aliran listriknya terlalu tinggi.

Selain itu, lampu depan yang sering mati itu juga bisa menjadi pertanda bahwa ada konsleting di sistem kelistrikan motor anda.

Jadi seperti itulah cara mengatasi lampu motor redup maupun mati total. Bagaimana? Cukup mudah bukan sebenarnya untuk anda tangani sendiri tanpa harus pergi ke bengkel?