Cara Mengatasi Shopee Gagal Login F13 di HP Android

Diposting pada

Karena begitu banyak jumlah pengguna, akhir-akhir ini banyak yang mengeluhkan tidak bisa login ke dalam akun Shopee miliknya. Dan saat tidak bisa login, muncul kode F13. Lalu bagaimanakah cara mengatasi Shopee gagal login F13 tersebut?

Jika saat ini anda juga tidak bisa login dan muncul kode F13 di dalam HP Android anda, tidak perlu bingung. Anda bisa pelajari lebih lanjut mengenai apa dan bagaimana cara mengatasi Shopee gagal login F13 di artikel ini.

Apa Penyebab Tidak Bisa Login ke Dalam Akun Shopee?

Cukup banyak alasan kenapa anda tidak bisa login ke dalam akun Shopee. Berikut ini adalah beberapa hal yang paling sering menjadi penyebab pengguna gagal login ke dalam akun Shopee:

  1. Username dan password tidak sesuai

Hal pertama yang jadi penyebab tidak bisa login ke dalam akun Shopee adalah karena username dan password tidak sesuai.

Masalah ini paling sering dialami oleh mereka yang memiliki lebih dari satu akun Shopee. Dan biasanya, sistem Shopee akan memberikan informasi bahwa username atau password yang anda input tidak sesuai.

  1. Tidak bisa melakukan verifikasi

Hal berikutnya yang juga menyebabkan pengguna tidak bisa masuk ke dalam akun Shopee yang mereka miliki adalah karena tidak bisa melakukan verifikasi.

Untuk menjaga keamanan akun, Shopee memang mengharuskan pengguna untuk melakukan verifikasi setiap kali akan login ke dalam akun yang mereka miliki.

Verifikasi ini biasanya melalui nomor HP yang sudah anda daftarkan. Masalahnya, jika nomor HP sudah hangus, maka anda sudah tidak bisa login kembali ke dalam akun anda.

  1. Akun sudah terblokir

Selain karena kesalahan anda sendiri, terkadang ada juga pengguna yang tidak bisa login ke dalam akun Shopee miliknya karena akun tersebut sudah terblokir.

Ada banyak sekali alasan kenapa sistem Shopee bisa memblokir akun milik penggunanya secara sepihak. Namun yang pasti, hal tersebut terjadi karena alasan penyalahgunaan aplikasi.

Apa Itu Shopee Gagal Login F13?

Setelah paham dengan apa saja faktor yang biasanya menjadi penyebab gagal login ke dalam akun Shopee, lalu apa maksud dari Shopee gagal login F13 itu?

Maksud dari Shopee gagal login F13 ini adalah tidak bisa masuk ke dalam akun Shopee karena adanya pemblokiran dari sistem.

Secara mudahnya, jika anda memang tidak bisa masuk ke dalam akun Shopee yang anda miliki dan muncul kode, maka hal tersebut adalah pertanda bahwa akun yang anda miliki sedang terblokir oleh sistem.

Apa Saja Penyebab Masalah Tidak Bisa Login Shopee Disertai Kode?

Setelah paham mengenai apa maksud dari Shopee gagal login F13, lalu apa saja yang menjadi penyebab masalah tersebut?

Sampai saat ini, sebenarnya belum ada informasi secara resmi dari Shopee mengenai apa yang menjadi penyebab akun sampai tidak bisa diakses dan muncul kode F13 tersebut.

Namun jika anda perhatikan dari pendapat banyak orang, ada beberapa hal yang memang bisa menyababkan masalah tersebut.

Berikut ini adalah beberapa hal yang menurut banyak orang menjadi penyebab masalah Shopee gagal login F13:

  • Penyalahgunaan akun Shopee

Kemungkinan pertama yang menjadi penyebab akun Shopee sampai tidak bisa anda akses dan muncul kode F13 adalah karena adanya penyalahgunaan akun.

Beberapa contoh penyalahgunaan akun yang membuat sistem melakukan pemblokiran adalah seperti menggunakan akun untuk menjual barang-barang terlarang.

Selain itu, memanfaatkan akun Shopee untuk memberikan penilaian palsu di toko online orang lain.

  • Adanya indikasi penggunaan HP Android yang sudah melalui proses root

Selain karena penyalahgunaan akun Shopee, akun yang tidak bisa anda akses dan muncul kode F13 itu juga bisa saja karena adanya indikasi penggunaan HP Android yang sudah anda root.

Perlu anda ketahui, aplikasi yang berhubungan dengan perbankan biasanya memang akan secara otomatis memblokir akun pengguna jika aplikasinya terpasang di HP Android yang sudah dalam kondisi root.

Kenapa? Hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga agar akun pengguna tidak sampai disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Bagaimana Agar Akun Shopee Tidak Sampai Gagal Login F13?

Lalu bagaimanakah caranya agar akun Shopee yang anda miliki tidak mengalami masalah seperti gagal login F13 tersebut?

Bagi anda yang tidak ingin mengalami masalah Shopee gagal login F13, maka anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini:

  1. Input KTP anda ke dalam sistem Shopee

Jika anda tidak ingin akun Shopee yang anda miliki sampai terblokir oleh sistem, maka hal pertama yang wajib anda lakukan adalah input KTP anda.

Dengan anda mengunggah data KTP anda, maka secara otomatis sistem Shopee akan memasukkan akun ke dalam daftar akun yang tidak berpotensi bermasalah.

  1. Sering gunakan akun untuk belanja

Selain mengunggah KTP, anda juga bisa mencegah sistem Shopee memblokir akun anda dengan cara sering menggunakannya untuk belanja.

Jika akun sering anda gunakan untuk belanja, maka sistem Shopee juga akan memasukkan akun anda ke dalam kategori akun yang aktif.

Cara Mengatasi Shopee Gagal Login F13

Cara Mengatasi Shopee Gagal Login F13

Lalu bagaimana jika saat ini akun anda sudah terlanjur terblokir dan tidak bisa anda akses lagi? JIka akun yang anda miliki sudah terlanjur tidak bisa anda akses, maka anda bisa mencoba melakukan beberapa cara mengatasi Shopee gagal login F13 berikut ini:

  • Minta bantuan langsung dari Shopee

Jika akun anda sudah terlanjur terblokir dan muncul kode F13 saat anda coba login, maka hal pertama yang bisa anda lakukan adalah menghubungi Shopee secara langsung.

Anda bisa menghubungi dan meminta bantuan dari Shopee melalui link https://help.shopee.co.id/portal. Dengan menghubungi Shopee secara langsung, ada kemungkinan akun anda bisa terbebas dari pemblokiran sistemnya.

  • Pasang ulang aplikasi di HP Android yang tidak anda root

Selain menghubungi pihak Shopee, anda juga bisa mencoba mengatasi Shopee gagal login F13 ini dengan memasang ulang aplikasi di HP Android yang belum anda root.

Setelah itu, coba login kembali ke dalam akun Shopee anda melalui HP tersebut. Biasanya, akun anda bisa anda akses kembali jika memang tidak bermasalah dengan penyalahgunaan.

Jadi bagaimana? Apakah anda sudah cukup paham mengenai apa dan juga bagaimana cara mengatasi Shopee gagal login F13?