Cara Menghidupkan Motor yang Mati Lama

Beranda / Otomotif / Cara Menghidupkan Motor yang Mati Lama

Apakah anda kesulitan menghidupkan motor yang sudah lama mati? Apakah anda sedang mencari bagaimana cara menghidupkan motor yang mati cukup lama?

Jika anda bandingkan dengan motor yang anda kendarai setiap hari, memang menghidupkan motor yang sudah lama tidak anda kendarai itu jauh lebih sulit.

Hal tersebut karena banyak bagian motor yang mungkin saja mengalami penurunan fungsi selama tidak anda gunakan.

Namun demikian, masih ada banyak cara untuk bisa menghidupkan kembali dan menggunakan motor tersebut lagi.

Bagaimana caranya? Untuk lebih jelasnya, anda bisa baca langkah-langkah untuk menghidupkan motor yang sudah lama mati di artikel ini.

Syarat Mesin Motor Bisa Hidup

Untuk mengetahui bagaimana cara menghidupkan motor yang mati, pertama-tama anda harus mengetahui terlebih dahulu mengenai apa saja syarat sebuah mesin motor bisa hidup.

Berikut ini adalah beberapa syarat yang harus ada:

1. Ada bahan bakar

Bahan bakar adalah salah satu komponen yang menjadi syarat agar sebuah mesin motor bisa anda hidupkan.

Biasanya, motor yang sudah lama tidak digunakan itu memiliki masalah pada bahan bakar. Bahan bakar yang tersimpan di dalam tangki bisa saja sudah kadaluarsa.

2. Ada pengapian

Selain bahan bakar, syarat berikutnya agar sebuah motor bisa hidup saat anda stater adalah adanya pengapian.

Pengapian ini bertugas untuk membakar bahan bakar yang sudah dikabutkan di dalam mesin.

Pada umumnya, motor yang sudah lama tidak anda gunakan sering mengalami masalah di bagian pengapian.

Hal tersebut karena berbagai macam komponen penunjang pengapian bisa saja mengalami penurunan fungsi selama tidak anda gunakan.

3. Ada kompresi

Syarat selanjutnya agar sebuah mesin motor bisa anda hidupkan adalah adanya kompresi. Bila motor sudah tidak memiliki kompresi, maka hampir tidak mungkin mesin tersebut bisa anda hidupkan kembali.

Hal tersebut karena kompresi sangat anda butuhkan untuk memadatkan bahan bakar di dalam mesin. Ketika kompresi sudah tidak ada, maka bahan bakar hanya akan menguap saja di dalam mesin.

4. Ada udara

Sebenarnya syarat yang terakhir ini hampir pasti ada. Hal tersebut karena udara sudah pasti ada di sekitar kita.

Hanya saja, untuk lebih pastinya, anda bisa cek kembali pada bagian filter udara motor. Pastikan filter udaranya tidak tersumbat oleh kotoran. Jika filter udara tidak tersumbat, syarat udara ini sudah pasti terpenuhi.

Langkah-Langkah Menghidupkan Motor yang Mati Lama

Cara Menghidupkan Motor yang Mati

Setelah mengetahui apa saja syarat agar sebuah mesin motor bisa anda hidupkan, sekarang anda bisa mempelajari bagaimana cara menghidupkan motor yang mati lama.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus anda lakukan untuk menghidupkan kembali motor yang sudah lama tidak anda pakai:

1. Cek terlebih dahulu bahan bakar

Hal pertama yang wajib harus anda lakukan adalah cek terlebih dahulu bahan bakarnya. Berikut ini adalah hal-hal yang harus anda lakukan untuk cek kondisi bahan bakar:

  1. Pastikan terlebih dahulu bahan bakar tidak kadaluarsa. Ciri-ciri bahan bakar yang kadaluarsa adalah berbau seperti thinner.
  2. Cek apakah bahan bakar turun dengan lancar dari tangki ke karburator atau injector.
  3. Setelah itu, cek juga apakah karburator atau injector bisa menyemburkan bahan bakar dengan optimal.

Bila semua hal tersebut dalam kondisi yang bagus, maka anda bisa lanjut melakukan pengecekan di bagian lain.

2. Cek pada bagian pengapian

Setelah memastikan bahwa bagian bahan bakar sudah dalam kondisi yang bagus, hal berikutnya yang perlu anda cek adalah bagian pengapian.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk melakukan pengecekan pada bagian pengapian mesin motor:

  1. Cek apakah busi masih menyala. Cara cek busi dengan melepas dari head dan menempelkannya pada bodi motor. Setelah itu engkol motor. Bila ada percikan pada ujung busi, maka itu artinya busi masih menyala.
  2. Berikutnya, cek tegangan aki pada motor yang sudah menggunakan sistem pengapian full DC. Pastikan aki masih memiliki tegangan 12 Volt.

Bila sistem pengapian sudah terbukti tidak mengalami masalah, maka anda bisa cek pada hal lain.

3. Cek kompresi dan filter udara motor

Jika anda sudah cek bagian bahan bakar dan juga pengapian, maka hal terakhir yang perlu anda cek adalah kompresi dan juga filter udara motor. Berikut langkah-langkah untuk melakukan pengecekan pada 2 hal tersebut:

  1. Bongkar box filter udara di motor anda. Cek apakah filter udara dalam kondisi kotor. Jika anda menemukan filter dalam kondisi kotor, anda bisa membersihkannya terlebih dahulu.
  2. Selain itu, cek kompresi dengan engkolan mesin. Jika engkolan terasa berat, itu artinya mesin masih memiliki kompresi.

Bila semua hal tersebut sudah anda lakukan, maka anda bisa mencoba menghidupkan motor yang mati sekali lagi.

Selain cek semua hal tersebut, pastikan juga untuk menguras terlebih dahulu karburator motor anda. Hal ini karena biasanya bahan bakar yang tersimpan di dalam karburator akan mengalami kerusakan.

Dan karena bahan bakar yang ada di dalam karburator inilah mesin motor anda tidak mau anda hidupkan meskipun semua sistemnya dalam kondisi normal.

Setelah anda buang bahan bakar yang tersimpan di dalam karburator, anda juga bisa membersihkan main jet dan juga pilot jet karburator. Dengan begitu, maka karburator bisa berfungsi secara optimal lagi.

Bila memang semua sistem masih berfungsi dengan baik, biasanya motor akan langsung bisa anda hidupkan setelah karburatornya anda bersihkan.

Tips Untuk Menyimpan Motor Dalam Waktu Lama

Salah satu alasan kenapa anda mencari cara menghidupkan motor yang mati adalah karena menyimpan motor anda terlalu lama.

Sebenarnya menyimpan motor tanpa anda kendarai dalam waktu yang lama itu tidak masalah. Hanya saja, memang ada beberapa hal yang harus anda lakukan agar motor bisa langsung anda hidupkan kembali ketika anda butuhkan.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda ikuti untuk menyimpan motor dalam waktu yang lama tanpa anda perlu anda panasi mesinnyasetiap hari:

1. Isi tangki bahan bakar sampai penuh

Hal pertama yang wajib harus anda lakukan jika ingin menyimpan motor dalam waktu yang lama adalah isi penuh tangki bahan bakarnya.

Kenapa? Hal tersebut agar tangki bahan bakar motor anda tidak mengalami korosi saat tidak anda gunakan.

2. Cabut sekring aki

Selain mengisi penuh tangki bahan bakar, hal berikutnya yang juga harus anda lakukan adalah mencabut sekring aki.

Hal ini perlu anda lakukan agar aki tidak terus menerus terhubung dengan sistem kelistrikan motor. Dengan begitu, anda bisa menghemat voltase aki.

3. Matikan kran bensin dan kuras karburator

Setelah mencabut sekring aki, hal berikutnya yang perlu anda lakukan sebelum menyimpan motor dalam waktu lama adalah mematikan kran bensin.

Selanjutnya, pastikan juga untuk menguras karburator hingga tidak ada bahan bakar yang tersimpan di dalamnya.

Dengan cara ini, anda bisa mengurangi risiko karburator tersumbat kotoran dari bahan bakar yang kadaluarsa.

4. Tutup lubang knalpot dengan plastik

Hal terakhir yang juga wajib anda lakukan adalah menutup lubang knalpot dengan plastik. Menutup lubang knalpot dengan plastik ini bisa mencegah masuknya hawa lembab ke dalam liner mesin.

Jika knalpot motor anda biarkan tidak tertutup dalam jangka waktu lama, maka kemungkinan besar liner akan berkarat. Dan inilah yang paling sering menjadi penyebab motor kehilangan kompresi saat tidak anda gunakan dalam waktu lama.

Bagaimana? Sekarang anda sudah sangat paham bukan mengenai bagaimana cara menghidupkan motor yang mati? Menurut anda, apakah caranya cukup mudah untuk anda ikuti?