Cara Menghilangkan Bekas Stiker di Motor Sendiri

Beranda / Otomotif / Cara Menghilangkan Bekas Stiker di Motor Sendiri

Apakah anda sedang kesulitan membersihkan bekas stiker yang menempel di bodi motor anda? Sebenarnya ada banyak sekali cara menghilangkan bekas stiker di motor yang bisa anda lakukan sendiri di rumah.

Dan menariknya, mayoritas bahan yang anda butuhkan untuk membersihkan bekas stiker yang menempel di bodi motor anda tersebut juga sudah ada di rumah anda.

Penasaran bagaimana cara untuk membersihkan bekas stiker yang sulit anda hilangkan di bodi motor anda? Lalu apa saja bahan yang anda butuhkan untuk membersihkan bekas stiker tersebut?

Untuk anda yang ingin mengetahui semua jawabannya, anda bisa baca penjelasan lengkap mengenai cara membersihkan bekas stiker tersebut di dalam artikel ini.

Cara Menghilangkan Bekas Stiker di Motor Dengan Deterjen

Seperti yang sudah disebutkan, ada banyak sekali cara menghilangkan bekas stiker di motor yang bisa anda lakukan di rumah. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan bantuan deterjen.

Cara Menghilangkan Bekas Stiker di Motor

Bisa dipastikan, mayoritas pasti memiliki deterjen bukan di rumah? Jika anda memiliki deterjen di rumah, anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk membersihkan bekas stiker di bodi motor kesayangan anda:

  1. Pertama, siapkan deterjen pakaian yang biasa anda gunakan di rumah.
  2. Setelah itu, campurkan deterjen tersebut dengan air sedikit saja.
  3. Jika sudah tercampur dengan air, anda bisa mulai mengoleskan campuran tersebut di bagian bekas stiker yang ingin anda bersihkan.
  4. Selanjutnya, usap berulang kali dengan menggunakan tangan ataupun kain bersih.
  5. Lakukan hal tersebut berulang kali hingga semua bekas stiker yang ada di bodi motor anda benar-benar bersih.

Jika sudah tidak ada lagi bekas stiker di bodi motor anda, maka anda hanya perlu membilas atau mencuci bodi motor anda dengan menggunakan air bersih. Terakhir, anda bisa mengoleskan coating ataupun lapisan pengkilap pada bodi motor anda secara merata.

Cara Menghilangkan Bekas Stiker di Motor Dengan Menggunakan Cuka

Bila anda gagal membersihkan bekas stiker di motor dengan menggunakan deterjen, anda bisa mencoba menggunakan bantuan cuka.

Cuka adalah salah satu cairan yang cukup efektif untuk membersihkan berbagai macam jenis noda, termasuk noda bekas stiker yang lengket.

Lalu bagaimana cara menghilangkan bekas stiker di motor? Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membersihkan bekas stiker di motor anda dengan menggunakan cuka:

  1. Siapkan air sebanyak 100 ml terlebih dahulu.
  2. Kemudian, teteskan 5 sampai 10 tetes cuka ke dalam air tersebut.
  3. Aduk hingga air dan cuka bercampur.
  4. Jika sudah tercampur, anda bisa celupkan kain bersih ke dalam larutan tersebut.
  5. Selanjutnya, oleskan kain yang sudah anda celupkan ke dalam larutan cuka ke bodi motor yang ingin anda bersihkan.
  6. Anda bisa usapkan berulang kali hingga bekas stiker di bodi motor anda benar-benar hilang.

Sama halnya seperti ketika anda membersihkan bekas stiker di motor dengan menggunakan deterjen, jika anda sudah selesai membersihkan bekas stiker menggunakan cuka, pastikan untuk mencuci motor anda.

Hal tersebut karena bekas larutan cuka yang tidak anda bersihkan bisa membahayakan beberapa bagian motor yang terbuat dari bahan metal atau besi.

Cara Membersihkan Bekas Stiker di Motor Menggunakan Bensin

Deterjen dan juga cuka bukan satu-satunya cairan yang bisa anda gunakan untuk membersihkan bekas stiker di bodi motor anda.

Selain 2 cairan tersebut, anda juga bisa membersihkan bekas stiker di bodi motor dengan menggunakan bantuan bensin. Makin tinggi oktan bensin yang anda gunakan, maka makin efektif untuk membersihkan bekas stiker.

Jika anda ingin mencoba membersihkan bekas stiker menggunakan bensin, anda bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama, siapkan terlebih dahulu wadah khusus untuk menuangkan bensin.
  2. Selain wadah, anda juga harus menyiapkan kain khusus.
  3. Selanjutnya, tuangkan bensin secukupnya ke dalam wadah yang anda persiapkan.
  4. Berikutnya, celupkan kain ke dalam bensin.
  5. Usapkan kain tersebut berulang kali di bagian yang memiliki bekas stiker.

Bila anda bandingkan dengan deterjen dan juga cuka, membersihkan bekas stiker menggunakan bensin ini memang jauh lebih efektif.

Namun demikian, anda juga harus siap menahan bau dari bensin itu sendiri. Dan setelah selesai melakukan pembersihan, pastikan untuk mencuci motor anda dengan bersih.

Bagaimana Cara Menghilangkan Bekas Stiker yang Sudah Lama di Motor?

Berbagai macam cairan yang sudah dibahas sebelumnya memang bisa anda gunakan untuk membersihkan bekas stiker yang belum begitu lama menempel di bodi motor anda.

Namun bagaimana caranya untuk menghilangkan bekas stiker yang sudah terlalu lama menempel di bodi motor anda?

Jika anda ingin membersihkan bekas stiker yang sudah cukup lama menempel di motor anda, maka anda bisa mencoba menggunakan beberapa cara berikut ini:

1. Dengan menggunakan cairan aseton

Jika yang ingin anda bersihkan adalah bekas stiker yang cukup lama, maka cairan yang bisa anda gunakan adalah cairan bernama aseton.

Apa itu aseton? Aseton sebenarnya adalah cairan yang biasa anda gunakan untuk membersihkan cat kuku atau nail polish remover.

Jika anda bandingkan dengan deterjen, cuka, dan juga bensin, aseton ini memang jauh lebih kuat untuk menghilangkan bekas stiker yang sudah cukup lama menempel di bodi motor anda.

Selain bisa membantu menghilangkan bekas stiker yang menempel di bodi motor, aseton ini sebenarnya juga sekaligus bisa anda gunakan untuk membersihkan kerak dan juga debu yang membandel.

2. Dengan menggunakan obat nyamuk oles

Selain menggunkan aseton, cara menghilangkan bekas stiker di motor yang sudah terlalu lama juga bisa anda lakukan dengan menggunakan bantuan obat nyamuk oles.

Sebagian besar dari anda mungkin masih bertanya-tanya kenapa obat nyamuk oles bisa anda gunakan untuk membersihkan bekas stiker. Hal tersebut karena obat nyamuk oles bisa menciptakan efek panas ketika anda oleskan di material tertentu.

Ketika tercipta panas, maka secara otomatis bekas stiker yang masih menempel di bodi motor lama kelamaan akan mulai kehilangan daya rekatnya.

Namun sayangnya, anda harus menyiapkan cukup banyak obat nyamuk oles jika ingin membersihkan area bodi motor yang cukup banyak.

3. Dengan menggunakan minyak kayu putih

Selain bisa anda gunakan untuk mengusir masuk angin, minyak kayu putih sebenarnya juga bisa anda gunakan untuk membersihkan bekas stiker yang sudah terlalu lama menempel pada bodi motor anda.

Sama halnya seperti aseton, minyak kayu putih ini juga sangat efektif untuk menghapus bekas stiker.

Biasanya anda hanya perlu mengoleskan beberapa tetes minyak kayu putih saja untuk membuat daya rekat stiker berkurang.

Bagaimana? Ada cukup banyak bukan cara menghilangkan bekas stiker di motor itu? Dari sekian banyak cara yang sudah dibahas, manakah cara yang menurut anda paling mudah dan juga paling murah?