Cara Mengirim Lamaran Lewat Email di HP Android

Beranda / Teknologi / Cara Mengirim Lamaran Lewat Email di HP Android

Tidak dipungkiri lagi, internet memang memudahkan segala hal, bahkan sampai melamar pekerjaan. Sekarang, anda bisa melamar pekerjaan secara online. Cara mengirim lamaran lewat email di HP juga sangat mudah.

Oleh sebab itu, banyak orang mulai beralih dari mengirimkan surat lamaran kerja melalui Pos menjadi menggunakan email.

Hanya saja, memang alur pembuatan hingga pengiriman surat lamaran melalui email itu berbeda ketika anda menggunakan Pos.

Oleh sebab itu, jika anda belum pernah melakukannya, anda perlu mempelajari terlebih dahulu bagaimana cara mengirim lamaran lewat email di HP yang benar agar surat lamaran anda diterima oleh perusahaan.

Jika anda ingin mempelajari bagaimana cara mengirimkan lamaran pekerjaan melalui email, maka anda bisa mempelajari hal tersebut di dalam artikel ini.

Apa Kelebihan Mengirim Lamaran Lewat Email di HP?

Cara Mengirim Lamaran Lewat Email di HP

Sebelum menjelaskan mengenai bagaimana cara mengirim lamaran lewat email di HP, pertama-tama anda perlu mengetahui terlebih dahulu kenapa banyak orang memilih mengirimkan surat lamaran melalui email saat ini.

Ada banyak kelebihan yang bisa anda dapatkan jika mengirimkan surat lamaran pekerjaan melalui email. Berikut adalah beberapa kelebihannya:

  • Jauh lebih hemat

Kelebihan pertama mengirimkan surat lamaran pekerjaan melalui email adalah jauh lebih hemat. Dengan menggunakan email, anda sudah tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk membeli amplop, print surat, dan juga biaya kirim di kantor Pos.

Yang anda butuhkan hanyalah kuota internet saja, yang mana memang sudah pasti anda miliki di masa sekarang. Jadi sebenarnya, mengirimkan surat lamaran pekerjaan melalui email itu tidak menambahkan biaya apapun pada anda.

  • Jauh lebih cepat

Kelebihan berikutnya dari mengirimkan surat lamaran pekerjaan melalui email adalah jauh lebih cepat.

Sekarang, anda tidak perlu lagi menunggu berhari-hari hingga surat lamaran pekerjaan anda datang ke alamat tujuan. Dengan menggunakan email, sekali tekan tombol Kirim, maka surat lamaran anda sudah sampai di email perusahaan.

  • Jauh lebih efektif untuk mendapatkan pekerjaan

Selain 2 kelebihan tersebut, mengirimkan surat lamaran pekerjaan menggunakan email juga membuat proses melamar pekerjaan menjadi jauh lebih efektif.

Ketika menggunakan email, pihak perusahaan bisa dengan mudah mengetahui apakah syarat-syarat melamar pekerjaan anda sudah lengkap atau belum.

Dengan begitu, maka pihak perusahaan akan jauh lebih cepat memberikan keputusan mengenai siapa saja yang bisa melanjutkan ke sesi interview.

Hal yang Anda Butuhkan Untuk Mengirimkan Lamaran Lewat Email

Meskipun bisa lebih mudah mengirimkan surat lamaran, namun ada beberapa hal yang harus anda persiapkan jika ingin mengirimkan surat lamaran melalui email.

Jika anda tidak mempersiapkan hal-hal tersebut, kemungkinan besar surat lamaran yang anda kirimkan tidak akan mendapatkan respon positif dari pihak perusahaan.

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus anda persiapkan jika ingin mengirimkan surat lamaran kerja dari email:

  1. Alamat email yang profesional

Jika anda ingin mengirim lamaran lewat email di HP, sudah pasti hal pertama yang wajib anda persiapkan adalah sebuah alamat email yang profesional.

Apa maksud dari alamat email yang profesional itu? Maksud dari alamat email yang profesional itu adalah yang tidak berisi kata-kata berlebihan.

Contoh alamat email yang profesional adalah seperti rizkyaditia29@gmail.com. SedangkanĀ  contoh alamat email yang tidak profesional adalah seperti rizkyganteng199@gmail.com.

Kenapa harus menggunakan alamat email yang profesional? Jika anda menggunakan alamat email yang terkesan kurang profesional, secara tidak langsung surat lamaran pekerjaan anda sudah terlihat tidak niat sejak awal.

  1. Nomor HP yang bisa dihubungi sewaktu-waktu

Selain alamat email yang profesional, anda juga membutuhkan nomor HP yang bisa dihubungi sewaktu-waktu jika ingin mengirim lamaran lewat email di HP.

Terkadang, pihak perusahaan akan langsung menghubungi anda melalui nomor HP yang anda berikan jika memang mereka tertarik untuk merekrut anda.

Oleh sebab itu, pastikan untuk menyiapkan nomor HP yang bisa dihubungi baik menggunakan Whatsapp maupun non Whatsapp.

  1. Scan dokumen penting

Hal penting berikutnya yang juga wajib anda persiapkan jika ingin mengirim lamaran lewat email di HP adalah scan dokumen penting.

Kenapa harus mempersiapkan scan dokumen penting? Hal tersebut karena semua dokumen tersebut akan anda kirimkan dalam bentuk digital melalui email.

Oleh sebab itu, untuk bisa anda kirimkan dalam bentuk digital, pastikan untuk scan dokumen-dokumen tersebut.

Sebisa mungkin, hindari mengubah dokumen fisik dalam bentuk digital dengan cara difoto menggunakan kamera ataupun HP. Hal tersebut akan membuat lamaran kerja anda terlihat tidak profesional.

  1. Daftar riwayat hidup beserta dengan surat lamaran

Hal selanjutnya yang juga wajib anda persiapkan jika ingin mengirim lamaran lewat email di HP adalah daftar riwayat hidup (CV) dan juga surat lamaran itu sendiri.

Karena nantinya akan anda kirim secara digital melalui email, maka anda harus mempersiapkan terlebih dahulu file CV dan juga surat lamaran anda.

Untuk mempersiapka CV dan surat lamaran tersebut, anda bisa menggunakan aplikasi Word di dalam HP anda.

Langkah-Langkah Mengirim Lamaran Lewat Email di HP Android

Jika anda sudah menyiapkan semua hal penting tersebut, maka anda bisa mulai mengikuti cara mengirim lamaran lewat email di HP berikut ini:

  1. Pertama-tama, buka aplikasi Email yang terpasang di dalam HP Android anda.
  2. Jika anda tidak menemukan aplikasi email, maka anda bisa membuka alamat email anda melalui browser.
  3. Setelah bisa membuka akun email anda, maka piliha menu Tulis yang berada di pojok kiri atas (pada antarmuka Gmail).
  4. Jika sudah, masukkan terlebih dahulu alamat email HR perusahaan pada kolom penerima email.
  5. Setelah itu, jangan lupa untuk mengisikan kolom subyek email dengan informasi lamaran kerja ataupun sesuai dengan persyaratan dari perusahaan.
  6. Kemudian, copy dan paste surat lamaran yang sudah anda buat di aplikasi Word sebelumnya pada body email.
  7. Jika sudah, mulai unggah dokumen-dokumen pendukung seperti SKCK, pas foto, scan KTP, scan dokumen ijasah, scan dokumen sertifikat, dan tentu saja file CV yang sudah anda buat sebelumnya.
  8. Bila sudah terunggah semua, cek sekali lagi isi dari surat lamaran anda. Selain itu, cek juga apakah dokumen yang anda unggah sudah lengkap.
  9. Terakhir jika anda sudah yakin, anda hanya perlu menekan tombol Kirim saja.

Sangat mudah bukan sebenarnya cara mengirim lamaran lewat email di HP Android itu? Jadi perusahaan apa saja yang rencananya ingin anda lamar lewat email nanti?