Cara Merekam Layar di Samsung Tanpa Aplikasi Khusus

Diposting pada

Apakah anda ingin merekam layar HP anda? Jika anda pengguna HP Samsung, anda sudah tidak perlu repot-repot memasang aplikasi tambahan. Anda hanya perlu mempelajari bagaimana cara merekam layar di Samsung tanpa aplikasi.

Hal tersebut karena Samsung memang menyematkan fitur perekam video di dalam HP terbarunya. Oleh sebab itu, anda sudah tidak perlu lagi repot-repot mencari dan memasang aplikasi tambahan.

Lalu apakah anda sudah mengetahui bagaimana cara merekam layar di Samsung tanpa aplikasi tersebut? Bila anda masih belum paham bagaimana cara melakukannya, anda bisa pelajari hal tersebut di dalam artikel ini.

Apa Keunggulan Merekam Layar Langsung Dengan Fitur HP Samsung?

Sebagian besar dari anda mungkin masih mempertanyakan apakah merekam layar langsung dengan fitur HP Samsung itu cukup bagus kualitasnya.

Dari banyak orang yang sudah pernah mencobanya, mereka menyatakan bahwa ada cukup banyak keunggulan yang justru bisa anda dapatkan dari fitur perekam layar bawaan dari HP Samsung tersebut.

Lalu apa saja keunggulan menggunakan fitur perekam layar bawaan dari HP Samsung tersebut? Berikut ini adalah beberapa keunggulannya:

  • Bisa langsung anda akses tanpa perlu repot memasang aplikasi terlebih dahulu

Karena sudah menjadi satu paket di dalam sistem HP Samsung, maka sudah pasti keunggulan pertama adanya fitur perekam layar HP ini adalah bisa langsung anda akses tanpa harus repot memasang aplikasi terlebih dahulu.

Bahkan menariknya, fitur perekam layar ini bisa anda akses langsung dari interface menu HP Samsung.

  • Tidak akan mengalami crash

Karena merupakan fitur bawaan dari HP Samsung, maka sudah pasti fitur perekam layar ini tidak akan mengalami crash.

Jika anda sudah pernah menggunakan aplikasi perekam layar, anda pasti sudah mengetahui bukan bahwa ada potensi aplikasi tersebut mengalami crash.

Hal tersebut bisa terjadi biasanya karena adanya ketidakcocokan antara aplikasi dengan sistem UI yang digunakan di dalam sebuah HP.

  • Tidak mengalami penurunan performa

Hal berikutnya yang menjadi keunggulan dari adanya fitur perekam layar di HP Samsung adalah anda tidak akan merasakan adanya penurunan performa saat melakukan perekaman layar.

Perlu anda ketahui, saat anda menjalankan aplikasi perekam layar pihak ketiga, biasanya performa HP akan mengalami penurunan.

Hal ini memang wajar karena antara pengembang UI HP Samsung dan pengembang aplikasi perekam layar pihak ketiga sama sekali tidak terkait satu sama lain.

Karena tidak saling terkait, maka tidak ada optimasi yang dilakukan untuk mengoptimalkan kinerja aplikasi perekam layar.

Beda halnya ketika anda menjalankan fitur perekam layar bawaan di HP Samsung. Karena merupakan buatan Samsung, maka anda jelas tidak akan merasakan adanya penurunan performa HP saat menggunakan fitur tersebut.

  • Fiturnya cukup lengkap

Meskipun merupakan fitur bawaan, bukan berarti fitur perekam layar yang ada di dalam HP Samsung ini minim fitur.

Justru fitur yang ada di dalam perekam layar bawaan HP Samsung ini bisa dikatakan cukup lengkap dan sudah sangat cukup untuk mendukung kebutuhan anda yang ingin menjadi seorang Youtuber gaming mobile.

Syarat Untuk Bisa Menggunakan Fitur Perekam Layar Bawaan HP Samsung

Sebelum mempelajari mengenai bagaimana cara merekam layar di Samsung tanpa aplikasi, anda perlu mengetahui terlebih dahulu bahwa tidak semua HP Samsung terdapat fitur perekam layar bawaan.

Oleh sebab itu, untuk anda yang ingin mempelajari dan juga mencoba cara merekam layar di Samsung tanpa aplikasi, maka anda harus memenuhi syarat terlebih dahulu.

Salah satu syarat yang harus anda penuhi adalah HP Samsung yang anda gunakan saat ini harus sudah menjalankan sistem operasi Android versi 12 dengan One UI versi 4.0.

Jika HP Samsung yang anda gunakan belum menjalankan sistem operasi tersebut, maka anda tidak akan menemukan fitur perekam layar tersebut.

Langkah-Langkah Merekam Layar di Samsung Tanpa Aplikasi

Cara Merekam Layar di Samsung Tanpa Aplikasi

Jika HP Samsung yang saat ini anda gunakan sudah menjalankan sistem operasi Android versi 12 dan juga One UI versi 4.0, maka anda bisa mengikuti cara merekam layar di Samsung tanpa aplikasi berikut ini:

  1. Pertama-tama, gulirkan status bar HP Samsung anda ke bagian bawah hingga muncul Quick Panel.
  2. Setelah muncul Quick Panel, cari dan pilih menu Perekam Layar.
  3. Jika anda sudah menekan menu Perekam Layar, seharusnya akan muncul opsi untuk memilih Pengaturan Suara. Anda bisa memilih merekam layar HP tanpa suara, dengan suara media, ataupun suara media dan juga microphone.
  4. Setelah anda memilih Pengaturan Suara, maka layar HP akan menunjukkan hitungan mundur dari 3. Anda bisa memilih tombol Lewati Hitungan Mundur jika ingin langsung merekam layar HP sekarang juga.
  5. Saat fitur perekam layar sudah berjalan, anda akan bisa melihat ada 2 opsi bergambar Swafoto dengan Pensil dan menu Stop dengan Pause.
  6. Menu Swafoto dengan Pensil tersebut bisa anda gunakan untuk mengaktifkan kamera depan dan mencorat coret layar HP anda.
  7. Sedangkan untuk menu Stop dengan Pause adalah untuk menghentikan sementara perekaman ataupun selesai merekam layar HP.

Bila anda sudah menekan tombol Stop, maka hasil rekaman layar HP tersebut secara otomatis bisa anda temukan di dalam Gallery HP.

Anda bisa langsung mengunggah hasil rekaman layar HP Samsung anda tersebut ataupun melakukan editing dengan menggunakan aplikasi khusus.

Jadi seperti itulah cara merekam layar di Samsung tanpa aplikasi. Bagaimana menurut anda? Cukup mudah bukan sebenarnya cara untuk merekam layar HP Samsung tanpa menggunakan aplikasi tambahan itu?