Cara Pasang Relay Lampu 4 Kaki di Motor

Beranda / Otomotif / Cara Pasang Relay Lampu 4 Kaki di Motor

Ketika akan memasang berbagai macam aksesoris yang berhubungan dengan kelistrikan di motor, kebanyakan orang akan menggunakan bantuan relay. Masalahnya, banyak orang belum mengetahui bagaimana cara pasang relay lampu 4 kaki di motor.

Meskipun terlihat cukup mudah, namun memang proses untuk memasang relay kaki 4 itu tidak bisa sembarangan. Jika anda pasang secara sembarangan, anda tidak hanya bisa merusak komponen yang akan anda hubungkan dengan relay saja, namun bisa merusak jalur kelistrikan.

Oleh sebab itu, jika anda memang belum paham bagaimana caranya, lebih baik pelajari terlebih dahulu langkah-langkah memasang relay kaki 4 tersebut di dalam artikel ini.

Apa Itu Relay Kaki 4?

Masih bingung dengan apa itu relay kaki 4? Maksud dari relay kaki 4 itu adalah sebuah komponen kelistrikan yang bekerja sebagai pengendali arus listrik.

Komponen satu ini biasa anda temukan di motor maupun mobil. Biasanya relay kaki 4 ini terdapat di antara jalur lampu, jalur klakson, dan juga jalur AC pada mobil.

Kenapa disebut dengan relay kaki 4? Hal tersebut karena komponen kelistrikan satu ini memang memiliki 4 buah kaki. 4 buah kaki pada relay tersebut adalah kaki 85, 86, 87, dan juga 30.

Nantinya, aliran listrik akan masuk melalui kaki bernomor 85 dan 86. Kemudian aliran listrik tersebut akan keluar dari kaki dengan nomor 87 dan juga 30.

Macam-Macam Fungsi dari Relay

Memang benar, relay 4 kaki itu memang paling sering terpasang di antara jalur sumber daya dengan jalur lampu di mobil.

Namun ternyata, relay 4 kaki ini juga sebenarnya memiliki fungsi lain. Jadi anda sebenarnya tidak hanya bisa menggunakannya di jalur lampu saja. Berikut ini adalah fungsi lain dari relay lampu 4 kaki tersebut:

  • Mengurangi hambatan arus listrik

Fungsi pertama dari relay kaki 4 itu adalah mengurangi hambatan arus listrik. Hal ini biasa terjadi di klakson maupun lampu.

Jika klakson ataupun lampu mobil atau motor anda redup tapi kondisi kelistrikan anda normal, maka solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan memasang relay kaki 4.

Dengan memasang relay kaki 4, maka anda bisa dengan mudah mengurangi hambatan arus listrik yang menjadi penyebab lampu ataupun klakson tidak bisa berfungsi dengan normal.

  • Menjadi sekring di jalur kelistrikan

Selain bisa berfungsi untuk mengurangi hambatan di sebuah jalur kelistrikan, relay 4 kaki ini juga bisa berfungsi sebagai sekring.

Saat ada lonjakan tegangan karena hubungan pendek, maka relay 4 kaki akan menstabilkan tegangan tersebut layaknya sebuah sekring. Dengan begitu, komponen kelistrikan yang ada di motor maupun mobil anda tidak akan mengalami kerusakan.

  • Meningkatkan arus listrik

Relay 4 kaki itu memiliki komponen elektromagnetik di dalamnya. Oleh sebab itu, secara tidak langsung relay 4 kaki juga bisa membantu meningkatkan arus listrik.

Karena bisa meningkatkan arus listrik, maka banyak sekali mobil maupun motor yang menggunakan komponen satu ini untuk meningkatkan pancaran cahaya lampu atau meningkatkan kekuatan suara klakson.

Macam-Macam Jenis Relay Untuk Motor dan Mobil

Sebelum mempelajari mengenai bagaimana cara pasang relay lampu 4 kaki, anda juga perlu mengetahui bahwa sebenarnya ada banyak sekali jenis relay.

Jadi relay lampu 4 kaki bukanlah satu-satunya jenis relay yang bisa anda gunakan di motor maupun mobil. Berikut ini adalah jenis relay yang bisa anda gunakan di motor maupun mobil:

  • Relay 3 kaki

Seperti namanya, relay 3 kaki ini memang hanya memiliki 3 kaki saja. 3 kaki tersebut memiliki nomor 86,87, dan juga 30.

Namun menariknya, pada terminal nomor 30, sebenarnya terdapat 2 terminal. Jadi sebenarnya relay 3 kaki ini masih memiliki konfigurasi yang sama seperti pada relay 4 kaki.

  • Relay 5 kaki

Selain relay 4 kaki dan 3 kaki, masih ada relay dengan 5 kaki. Seperti namanya, jumlah terminal pada relay 5 kaki adalah sebanyak 5 buah.

Terminal yang ada di relay 5 kaki adalah terminal nomor 85, 86, 87, 87A, dan juga 30. Terminal dengan nomor 85, 86, 87, dan juga 30 memiliki fungsi yang sama seperti pada relay 4 kaki.

Yang berbeda hanyalah pada terminal nomor 87A. Fungsi dari terminal 87A tersebut adalah untuk menuju ke output yang memiliki tegangan ganda. Relay kaki 5 ini biasanya terpasang di alat-alat kelistrikan yang memiliki aliran arus listrik yang cukup besar.

  • Relay 8 kaki

Jenis relay yang berikutnya adalah relay dengan 8 kaki. Fungsi dari relay 8 kaki ini sebenarnya adalah bisa memberikan 2 arahan sekaligus.

Jadi secara mudahnya, relay 8 kaki ini sama halnya seperti anda memasang 2 relay 4 kaki. Namun sayangnya, relay jenis ini sudah sangat sulit untuk anda temukan di motor maupun mobil keluaran terbaru.

Langkah-Langkah Pasang Relay Lampu 4 Kaki di Motor

Cara Pasang Relay Lampu 4 Kaki

Jika anda sudah cukup paham dengan apa saja jenis relay, maka sekarang anda bisa mempelajari bagaimana cara pasang relay lampu 4 kaki pada motor anda.

Berikut adalah langkah-langkah untuk memasang relay dengan 4 kaki pada jalur kelistrikan lampu di motor anda:

  1. Pertama, cari terlebih dahulu kabel negatif (ground), kabel positif dari aki, dan juga kabel lampu.
  2. Setelah menemukan kabel-kabel tersebut di jalur kelistrikan motor anda, berikutnya mulailah mempersiapkan soket relay 4 kaki.
  3. Masukkan kabel negatif dari motor anda ke soket yang terhubung dengan terminal relay nomor 86.
  4. Setelah itu, hubungkan juga kabel negatif ke soket yang terhubung ke terminal relay nomor 85.
  5. Berikutnya, masukkan kabel positif dari aki ke dalam soket yang terhubung ke terminal relay nomor 30.
  6. Terakhir, masukkan kabel yang menghubungkan lampu motor anda ke dalam terminal relay nomor 87.

Catatan:

Penggunaan relay 4 kaki pada lampu motor ini hanya bisa untuk lampu jauh atau lampu dekat saja. Jadi jika anda ingin meningkatkan pancaran baik untuk lampu dekat dan lampu jauh, maka anda harus menggunakan 2 relay dengan 4 kaki.

Masing-masing relay 4 kaki tersebut bisa anda pasang di jalur lampu dekat dan juga jalur lampu jauh motor anda.

Bagaimana Cara Pasang Relay 4 Kaki di Klakson Motor?

Lalu bagaimana jika anda ingin memasang relay 4 kaki tersebut di klakson motor? Sebenarnya cara pasang relay lampu 4 kaki di klakson itu juga sama. Yang terpenting, terminal nomor 87 anda hubungkan dengan jalur klakson.

Selain itu, sisa 3 terminal lainnya anda pasang sama seperti ketika anda memasang relay 4 kaki untuk jalur lampu.

Jadi bagaimana? Cukup mudah bukan sebenarnya cara pasang relay lampu 4 kaki itu? Apakah anda berani untuk memasangnya sendiri di motor anda?