Cara Scan Barcode Google Maps dari HP

Beranda / Tips & Trik / Cara Scan Barcode Google Maps dari HP

Apakah anda mendapatkan undangan acara pernikahan yang di dalamnya terdapat barcode Google Maps? Masih bingung bagaimana cara scan barcode Google Maps tersebut?

Barcode atau QR Code memang saat ini cukup sering digunakan, terutama untuk membagikan sebuah lokasi di dalam Google Maps. Hal tersebut karena QR code tersebut bisa memberikan lebih banyak manfaat.

Masalahnya, belum banyak orang mengetahui bagaimana cara untuk scan barcode atau QR code tersebut. Padahal, ada banyak cara mudah untuk melakukannya. Jika anda juga belum mengetahui bagaimana cara scan barcode tersebut, anda bisa pelajari caranya di artikel ini.

Apa Manfaat Menggunakan QR Code Google Maps?

Seperti yang sudah disebutkan, memang QR code atau barcode Google Maps itu bisa memberikan banyak manfaat baik untuk penyelenggara acara maupun tamu undangan.

Lalu apa sajakah manfaat dari fitur QR code Google Maps tersebut? Berikut ini adalah beberapa manfaatnya:

  • Memudahkan memberi informasi lokasi

Manfaat pertama dari QR code Google Maps bagi penyelenggara acara adalah memudahkan untuk memberikan informasi lokasi acara kepada para tamu undangan.

Dengan menggunakan QR code Google Maps saja, maka penyelenggara acara sudah tidak perlu repot-repot menuliskan alamat tempat acara akan diselenggarakan. Informasi tersebut sudah bisa anda temukan di dalam QR code tersebut.

  • Memudahkan tamu undangan untuk mencari rute terdekat

Selain bermanfaat untuk penyelenggara acara, manfaat berikutnya dari QR code Google Maps juga bisa anda rasakan sebagai tamu undangan.

Dengan adanya QR code Google Maps, anda bisa langsung mencari rute terdekat untuk menuju ke tempat diselenggarakannya acara. Hal tersebut karena anda sudah tidak perlu lagi mengetikkan alamat acara di kolom pencarian Google.

Cara Scan Barcode Google Maps Dengan Aplikasi Barcode Scanner

Cara Scan Barcode Google Maps

Jika berbicara mengenai bagaimana cara scan barcode Google Maps, memang caranya ada banyak. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan aplikasi bernama Barcode Scanner. Aplikasi tersebut bisa anda unduh secara gratis di Playstore maupun App Store.

Lalu bagaimanakah cara untuk scan QR code Google Maps dengan menggunakan aplikasi Barcode Scanner tersebut? Jika anda masih bingung bagaimana caranya, anda bisa ikuti panduan berikut ini:

  1. Pertama, jalankan terlebih dahulu aplikasi Barcode Scanner yang sudah anda pasang di HP.
  2. Berikutnya, siapkan QR code Google Maps yang ingin anda scan.
  3. Jika aplikasi Barcode Scanner sudah terbuka, anda bisa arahkan kamera utama HP ke QR code Google Maps.
  4. Tunggu beberapa saat hingga aplikasi Barcode Scanner mendeteksi QR code.
  5. Bila aplikasi Barcode Scanner berhasil mendeteksi QR code, maka akan muncul link yang bisa anda klik.
  6. Klik link tersebut untuk masuk ke dalam aplikasi Google Maps yang sudah terpasang di HP anda.

Saat anda masuk ke dalam aplikasi Google Maps, maka anda akan langsung diarahkan ke lokasi yang tersimpan di dalam QR code.

Berikutnya, anda bisa memilih untuk mencari rute terdekat dari lokasi anda saat ini ataupun mencari informasi berapa lama perjalanan untuk menuju ke lokasi tersebut.

Cara Scan Barcode Google Maps Dengan Google Lens

Selain dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, sebenarnya anda juga bisa scan QR code Google Maps dengan memanfaatkan aplikasi buatan Google sendiri yang bernama Google Lens.

Aplikasi Google Lens ini sudah terpasang di kebanyakan HP Android keluaran terbaru. Oleh sebab itu, anda sudah tidak perlu repot-repot lagi memasangnya.

Namun jika HP anda masih belum terdapat aplikasi tersebut, maka anda bisa download Google Lens melalui Playstore ataupun App Store.

Lalu bagaimanakah cara untuk menggunakan Google Lens tersebut? Untuk anda yang belum paham cara scan barcode Google Maps dengan Google Lens, maka anda bisa pelajari caranya berikut ini:

  1. Pertama, jalankan terlebih dahulu aplikasi Google Lens yang sudah terpasang di HP anda.
  2. Untuk anda pengguna iPhone maupun iPad bisa membuka aplikasi Google untuk mengakses fitur Google Lens.
  3. Setelah berhasil mengakses Google Lens, arahkan kamera utama perangkat anda untuk scan QR code Google Maps yang anda miliki.
  4. Tunggu beberapa saat sampai Google Lens berhasil mendeteksi QR code.
  5. Jika QR code sudah berhasil terdeteksi, maka aplikasi Google Maps yang terpasang di HP anda akan langsung terbuka.
  6. Dan lokasi yang ada di dalam QR code akan muncul di Google Maps.

Jika semua hal tersebut sudah anda lakukan, maka anda bisa melanjutkan untuk mencari rute menuju ke lokasi tersebut dari lokasi anda saat ini.

Kenapa QR Code Google Maps Tidak Bisa Anda Scan?

Meskipun cukup mudah untuk anda lakukan, namun terkadang ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab QR code Google Maps tidak bisa anda scan.

Jadi selain mempelajari bagaimana cara scan barcode Google Maps, anda juga perlu mempelajari apa saja penyebab QR code Google Maps gagal anda scan. Berikut adalah beberapa hal penyebabnya:

  • QR code cacat

Alasan pertama kenapa QR code gagal anda scan adalah karena QR codenya cacat. Hal ini biasa terjadi pada QR code dalam bentuk cetak.

Ketika QR code tidak tercetak secara sempurna, maka sudah pasti QR code tidak akan bisa anda scan. Hal tersebut karena ada bagian QR code yang tidak sesuai dengan aslinya.

  • Salah dalam proses membuat QR code

Jika bukan karena cacat, QR code juga bisa gagal anda scan karena alasan proses pembuatannya salah. Ketika proses pembuatan QR code salah, maka ada kemungkinan kodenya tidak berisi informasi apapun.

Karena di dalamnya tidak terdapat informasi apapun, maka tidak heran jika kode tersebut tidak bisa anda scan sama sekali.

Jadi itulah berbagai macam cara scan barcode Google Maps beserta apa saja yang membuatnya gagal untuk anda scan. Dari 2 cara tersebut, manakah yang paling sering anda gunakan?