Cara Transfer SMS Banking Mandiri Ke Sesama Bank dan Antar Bank

Diposting pada

Perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat hampir semua aktivitas bisa dilakukan dengan mudah hanya dengan satu sentuhan jari. Aktivitas perbankan misalnya, sangat terbantu dengan adanya layanan mbanking, internet banking dan sms banking. Fitur-fitur ini memudahkan nasabah untuk mengecek saldo, mengecek transaksi hingga mengirim uang. Pengguna layanan perbankan Bank Mandiri bisa memanfaatkan cara transfer SMS banking Mandiri untuk memudahkan transaksi pengiriman uang Anda.

Cara Daftar dan Aktivasi SMS Banking

Cara Daftar SMS Banking Mandiri

Dunia perbankan sudah mengalami banyak kemajuan, tidak seperti dulu yang harus mendatangi kantor cabang untuk melakukan transaksi. Kini, hanya dengan bantuan smartphone, segala transaksi bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Salah satunya melakukan transaksi melalui sms yang disebut dengan SMS Banking.

Layanan sms banking ini tidak hanya melayani transaksi sesama bank saja, namun juga antar bank. Maksudnya, jika Anda menggunakan Bank Mandiri misalnya, tidak hanya bisa digunakan untuk transaksi ke sesama Bank Mandiri saja, namun juga ke bank lain. Namun, sebelum menggunakan layanan sms banking ini Anda harus sudah daftar dan aktivasi dulu.

Sebelum mencoba cara transfer SMS Banking Mandiri, Anda harus daftar SMS Banking dan aktivasi dulu. Cara paling mudah adalah dengan datang ke kantor cabang dan membawa persyaratan dokumen yang dibutuhkan. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah langkah-langkah cara daftar dan aktivasi SMS Banking.

1. Siapakan Dokumen yang Dibutuhkan

Untuk mendaftar dan aktivasi SMS banking, nasabah datang ke kantor cabang Bank Mandiri dengan membawa dokumen persyaratan yang dibutuhkan. Dokumen yang dibutuhkan itu antara lain adalah KTP, buku tabungan, hp dan nomor yang didaftarkan dengan pulsa yang mencukupi.

2. Daftar Mobile Banking Mandiri di ATM

Sebelum mendaftar SMS Banking, nasabah harus sudah mendaftar mobile Banking Mandiri lebih dulu di ATM. Anda cukup masukkan ATM beserta PIN seperti biasa, kemudian pilih menu mobile banking. Setelah itu tekan menu ‘Lanjut’ lalu Anda akan diminta untuk memilih nomor rekening yang akan digunakan.

Setelah itu, dilanjutkan dengan memasukkan nomor hp yang akan didaftarkan. Jika sudah, Anda akan diminta untuk membuat PIN Mobile Banking. Ikuti instruksi yang diberikan selanjutnya.

3. Datang ke kantor Cabang Bank Mandiri Terdekat

Saat sudah sampai di kantor cabang Bank Mandiri, ambil nomor antrian untuk ke customer service. Tunggu sampai nomor antrian Anda dipanggil.

4. Katakan Tujuan Anda ke Petugas Customer Service

Setelah sampai di meja customer service, katakan tujuan Anda, yaitu ingin mendaftar dan mengaktivasi SMS Banking Mandiri. Ikuti petunjuk yang diberikan oleh petugas CS. Anda juga akan diberikan formulir untuk diisi. Isi fromulir tersebut sesuai data diri Anda dengan sebenar-benarnya.

Saat proses ini, Nasabah juga harus memiliki SIM Card dari nomor yang didaftarkan untuk SMS Banking. SIM card ini nantinya berfungsi untuk melakukan aktivasi transaksi SMS Banking.

5. Unduh Mobile Banking Mandiri

Setelah semua persyaratan sudah dipenuhi dan Anda sudah mengikuti petunjuk aktivasi yang diberikan oleh petugas CS, maka Anda akan mendapatkan PIN dari mobile banking. Setelah itu, sms banking akan diaktifkan oleh petugas CS dan Anda akan diminta untuk mengunduh aplikasi Mobile Banking Mandiri via PlayStore atau AppStore.

Nah, setelah sudah diaktifkan, kini Anda sudah bisa melakukan transaksi apapun, termasuk transfer melalui layanan sms Banking Mandiri ini. anda bisa menggunakannya untuk transfer ke sesama pengguna Bank Mandiri atau ke bank lain. Cara transfer SMS Banking Mandiri dijamin sangat mudah dan cepat.

Postingan Terkait

Cara Transfer SMS Banking Mandiri ke Sesama Mandiri

Cara Transfer SMS Banking Mandiri

Sudah disebutkan sebelumnya bahwa dengan layanan SMS Banking Mandiri Anda bisa melakukan transaksi ke sesama bank atau ke bank lain. Nah, kalau Anda ingin melakukan transfer ke sesama Bank Mandiri, caranya sangat mudah. Anda bisa melakukannya melalui layanan *141*6#. Untuk lebih jelasnya berikut adalah langkah-langkah cara transfer SMS Banking Mandiri ke sesama bank Mandiri yang bisa Anda ikuti.

1. Mandiri SMS *141*6#

Cara transfer SMS Banking Mandiri ke sesama pengguna Mandiri bisa melalui layanan Mandiri SMS di *141*6#. Yang perlu Anda ketahui adalah layanan ini hanya bisa diakses oleh jaringan Telkomsel, Indosat dan XL saja. Berikut langkah-langkahnya.

  • Pilih menu telpon atau menu dial. Ketikkan *141*6#
  • Untuk melakukan transfer, pilih nomor 3 dengan menu “Transfer”.
  • Selanjutnya pilih menu “Antar Rekening” di pilihan menu nomor 2.
  • Masukkan nomor rekening Mandiri tujuan transfer.
  • Setelah memasukkan nomor rekening, selanjutnya Anda akan diminta untuk memasukkan nominal uang yang akan ditransfer. Masukkan jumlah nominal yang akan Anda transfer.
  • Selanjutnya Anda akan diminta untuk memasukkan 2 digit PIN. Masukkan sesuai urutan yang sudah diminta dalam SMS yang dikirimkan ke nomor HP Anda.
  • Transfer SMS Banking Mandiri Jika sudah berhasil, Anda akan mendapatkan notifikasi melalui sms bahwa transaksi transfer Anda sudah berhasil.

2. Format SMS Banking Mandiri Sesama

Selain melalui menu dial, cara transfer SMS Banking Mandiri ke sesama Mandiri juga bisa dilakukan dari menu sms dengan format tertentu ke nomor 3355. Untuk cara ini membutuhkan kode rekening. Kode rekening 1 artinya pilihan nomor rekening milik Anda.

Nah, jika Anda memiliki lebih dari satu rekening, pilih rekening yang akan digunakan. Misal kode 1 untuk rekening pertama, 2 untuk kode rekening kedua begitu seterusnya. Untuk lebih memudahkan, berikut langkah-langkahnya.

  • Langkah pertama cara transfer SMS Banking Mandiri sesama bank adalah masuk ke menu sms dari hp Anda.
  • Ketik SMS dengan format: TRT <Kode rekening Anda> <rekening tujuan> <jumlah nominal transfer>. Contoh: TRT 1 24567548 200000.
  • Kirim pesan tersebut ke nomor 3355.
  • Setelah transaksi berhasil, Anda akan mendapatkan notifikasi bahwa transfer sudah berhasil dilakukan.

Cara Transfer SMS Banking Mandiri Antar Bank

Cara Transfer SMS Banking Mandiri Ke Bank Lain

1. Mandiri SMS *141*6#

Layanan sms *141*6# tidak hanya digunakan untuk transfer sesama rekening Mandiri saja. Layanan ini juga bisa menjadi transfer SMS Banking Mandiri ke bank lain atau antar bank juga, mulai dari ke Bank BNI, BRI, BCA, CIMB Niaga atau bank lain. Cara transfernya juga sama-sama mudah. Berikut langkah-langkahnya.

  • Ketik *141*6# pada menu dial di handphone Anda.
  • Setelah itu pilih menu nomor 3 untuk “Transfer”.
  • Pilih menu 1 untuk transfer “Antar Bank”.
  • Masukkan 3 digit kode bank.

2. Cara SMS Banking Mandiri Antar Bank

Sama seperti saat transfer ke antar bank melalui ATM, transfer SMS Banking Mandiri beda bank juga membutuhkan kode bank. Maka dari itu, pastikan Anda tahu dulu berapa kode bank tujuan transfer Anda. Setelah itu, Anda bisa mengikuti langkah berikut.

  • Masuk ke menu sms hp Anda.
  • Buat sms dengan format: TRB <kode rekening> <kode bank> <nomor rekening tujuan transfer> <nominal uang yang akan ditransfer>. Contoh: TRB 1 002 356716754 500000.
  • Kirim sms tersebut ke nomor 3355.
  • Tunggu sampai Anda mendapat balasan berupa identitas penerima transfer, mulai dari nama pemilik rekening, nama bank dan jumlah uangnya. Sms balasan tersebut juga berisi PIN yang akan Anda gunakan untuk melanjutkan transaksi berikutnya.
  • Apabila informasi yang dikirimkan sudah sesuai, cara transfer SMS Banking Mandiri ke bank lain selanjutnya balas sms tersebut dengan format: PIN yang Anda dapatkan digit ke-3 atau ke-4 sesuai yang diperintah melalui sms balasan tersebut.
  • Setelah sms balasan sudah Anda kirim, tunggu sampai Anda mendapat pemberitahuan bahwa transaksi sudah berhasil.

Postingan Terkait

Hadirnya layanan SMS Banking Mandiri ini adalah untuk memudahkan transaksi yang dilakukan oleh nasabah. Dengan begitu Anda tidak perlu lagi datang ke ATM untuk transfer uang. Namun, sebelum menggunakan layanan ini Anda harus mendaftar dan aktivasi dulu ke kantor cabang Bank Mandiri terdekat. Selain itu, Anda juga harus tahu bagaimana cara transfer SMS Banking Mandiri ke sesama dan antar bank seperti yang sudah dijelaskan di atas.