Ganti Kampas Rem Mobil Sesuai Standard Pabrikan

Beranda / Otomotif / Ganti Kampas Rem Mobil Sesuai Standard Pabrikan

Selain memperhatikan area mesin, anda juga sebaiknya memperhatikan kondisi rem mobil. Untuk memastikan kondisi rem mobil anda tetap prima, anda harus rutin ganti kampas rem mobil tersebut.

Sayangnya, masih banyak pemilik mobil yang belum mengetahui kapan saatnya mereka harus ganti kampas rem mobil. Padahal, terlambat mengganti kampas rem juga bisa menyebabkan kerusakan yang makin parah.

Bagaimana dengan anda? Apakah anda juga belum mengetahui kapan anda harus mengganti kampas rem? Jika anda belum mengetahui mengenai hal tersebut, anda bisa pelajari semua hal tersebut di dalam artikel ini.

Beragam Kerusakan Akibat Terlambat Ganti Kampas Rem Mobil

Sebelum membahas mengenai kapan waktu yang tepat untuk ganti kampas rem mobil, anda harus mengetahui terlebih dahulu apa saja dampak jika anda terlambat mengganti kampas rem.

Berikut ini adalah berbagai macam kerusakan yang bisa terjadi jika anda terlambat mengganti kampas rem mobil anda:

1. Terkikisnya brake drum

Kerusakan pertama yang bisa terjadi jika anda terlambat mengganti kampas rem adalah terkikisnya komponen brake drum.

Brake drum ini adalah komponen yang digunakan pada mobil yang masih menggunakan sistem pengereman lama.

Brake drum bisa terkikis karena komponen tersebut beradu langsung dengan lempengan besi yang ada di bagian kampas. Hal tersebut bisa terjadi karena lapisan kampas rem sudah benar-benar habis.

Jika hal tersebut terjadi, maka kemungkinan besar anda harus mengganti satu set brake drum mobil anda.

2. Terkikisnya piringan cakram

Kerusakan berikutnya yang bisa terjadi jika anda terlambat mengganti kampas rem mobil anda adalah terkikisnya piringan cakram.

Hal ini bisa terjadi jika sistem pengereman mobil anda sudah menggunakan sistem yang baru yaitu menggunakan cakram.

Bila cakram anda sudah terkikis cukup dalam, maka mau tidak mau anda juga harus mengganti cakram tersebut. Dan perlu anda ketahui, harga piringan cakram original mobil itu cukup mahal.

Selain itu semua, sebenarnya masih ada risiko lain yang harus siap anda tanggung jika sampai terlambat mengganti kampas rem mobil. Risiko tersebut adalah pecahnya brake drum ataupun cakram mobil.

Jika hal tersebut terjadi, maka mobil anda bukan hanya berpotensi mengalami kerusakan namun juga berpotensi menyebabkan kecelakaan, terutama jika anda sering mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi.

Bagaimana Ciri-Ciri Jika Kampas Rem Mobil Sudah Waktunya Ganti?

Jika berbicara mengenai ganti kampas rem mobil, sebenarnya ada banyak sekali ciri yang akan anda alami jika kampas rem mobil anda sudah waktunya untuk diganti.

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri yang cukup sering muncul saat kampas rem mobil sudah mulai habis:

1. Rem terasa tidak pakem lagi

Ciri yang pertama jika kampas rem mobil anda sudah mulai habis adalah rem mobil terasa tidak pakem lagi.

Untuk memastikan, anda bisa mencoba untuk menginjak rem seperti biasa. Setelah itu, coba rasakan apakah mobil anda bisa berhenti dengan cepat setelah anda injak pedal rem.

Jika anda merasakan mobil tidak bisa langsung berhenti saat anda menginjak pedal rem, maka anda perlu cek bagaimana kondisi kampas rem mobil anda.

2. Minyak rem berkurang

Hal berikutnya yang juga bisa menjadi ciri jika kampas rem mobil anda sudah habis adalah dari volume minyak rem.

Jika volume minyak rem mobil anda berkurang dan tidak ada tanda-tanda kebocoran, maka anda wajib cek ketebalan dari kampas rem mobil anda.

Kenapa? Volume minyak rem yang berkurang tersebut karena mayoritas minyak rem harus menekan piston rem lebih dalam dari biasanya. Hal tersebut bisa terjadi karena ketebalan kampas rem sudah berkurang drastis.

3. Muncul suara saat anda mengerem mobil

Ciri berikutnya jika kampas rem mobil anda sudah mulai habis adalah akan muncul suara setiap kali anda mengerem mobil.

Hal tersebut bisa terjadi karena mungkin plat besi yang menjadi alas kampas rem sudah bergesekan langsung dengan brake drum ataupun cakram mobil anda.

Selain itu, munculnya suara setiap kali anda mengerem mobil itu juga bisa terjadi karena kampas rem sudah tidak rata lagi permukaannya.

4. Velg dan ban penuh dengan debu

Ciri yang selanjutnya jika kampas rem mobil anda mulai habis adalah velg dan juga ban mobil anda penuh dengan debu berwarna hitam pekat. Debu tersebut merupakan serbuk dari kampas rem mobil anda.

Makin banyak jumlah debunya, maka anda juga harus segera melakukan penggantian kampas rem.

Selain itu semua, masih ada satu lagi ciri yang cukup sering dirasakan ketika kampas rem mobil sudah mulai habis. Ciri terakhir tersebut adalah pedal rem terasa makin dalam ketika anda injak.

Hal ini bisa terjadi karena ketebalan kampas rem mobil anda sudah makin tipis. Oleh sebab itu, anda membutuhkan tenaga yang lebih untuk bisa melakukan pengereman.

Jadwal Ganti Kampas Rem Mobil Sesuai Standard Pabrikan

Selain memperhatikan ciri-ciri yang sudah dijelaskan, sebenarnya ganti kampas rem mobil itu sudah ada jadwalnya dari pabrikan.

Dengan mengikuti jadwal penggantian kampas rem dari pabrikan tersebut, sebenarnya anda bisa mengurangi risiko terjadi kerusakan di banyak sistem pengereman mobil anda.

Lalu kapan jadwal penggantian kampas rem mobil yang disarankan oleh pabrikan itu? Menurut standard pabrikan, pemilik mobil sebaiknya melakukan penggantian kampas rem di kilometer 40.000.

Namun demikian, ada juga beberapa mobil yang baru disarankan untuk melakukan penggantian kampas rem ketika sudah menginjak kilometer 70.000.

Hanya saja, untuk lebih amannya, anda tetap perlu melakukan pengecekan kondisi kampas rem setiap kali melakukan service mesin.

Berapa Biaya Ganti Kampas Rem Mobil?

Ganti Kampas Rem Mobil

Lalu berapakah biaya yang harus anda bayarkan jika anda ingin melakukan penggantian kampas rem mobil?

Untuk biaya ganti kampas rem mobil sendiri sangat bervariasi dari bengkel yang anda pilih dan juga penggunaan suku cadangnya.

Jika anda memilih untuk melakukan penggantian kampas rem mobil di bengkel resmi, maka kisaran biaya yang harus anda bayarkan antara Rp 300.000 sampai Rp 600.000. Biaya tersebut sudah termasuk suku cadang dan biaya penggantian.

Lalu apakah penggantian kampas rem mobil di bengkel umum jauh lebih murah? Hal ini belum tentu juga. Semua itu kembali lagi dari suku cadang kampas rem apa yang ingin anda gunakan.

Jika anda menggunakan kampas rem yang kualitasnya bagus, maka biaya yang harus anda bayar untuk ganti kampas rem mobil di bengkel umum juga bisa jadi jauh lebih mahal.

Mana yang Lebih Bagus, Kampas Rem Mobil Original atau Aftermarket?

Berbicara mengenai ganti kampas rem mobil, pastinya ada juga dari anda yang bertanya mana yang lebih baik antara kampas rem original dan aftermarket.

Secara garis besar, sebenarnya anda tetap disarankan untuk menggunakan kampas rem original dari pabrikan mobil anda.

Namun jika anda ingin menggunakan kampas rem aftermarket, anda lebih baik pilih yang mereknya sudah terkenal seperti Akebono, Bosch, Bendix, dan juga Birkens.

Hal tersebut karena merek-merek tersebut sudah terbukti kualitasnya sedikit lebih baik dari kampas rem original.

Jadi bagaimana? Apakah anda sudah cek lagi kondisi kampas rem mobil anda? Kira-kira berapa lama lagi anda harus ganti kampas rem mobil anda?