Harga Motor 3 Silinder Resmi di Indonesia

Beranda / Otomotif / Harga Motor 3 Silinder Resmi di Indonesia

Selama ini memang kebanyakan pabrikan motor lebih sering meluncurkan motor dengan konfigurasi 1 silinder ataupun 2 silinder. Namun ternyata, ada juga motor dengan 3 silinder. Namun demikian, harga motor 3 silinder tersebut memang terbilang cukup mahal.

Meskipun harganya memang terbilang mahal, namun ada beberapa orang yang tertarik ingin memiliki motor dengan konfigurasi 3 silinder tersebut.

Apakah anda juga ingin mengetahui apa saja motor yang memiliki 3 silinder tersebut? Jika anda ingin mengetahui apa saja nama motor tersebut dan juga harganya, maka anda bisa baca penjelasannya di artikel ini.

Apa Keunggulan Motor 3 Silinder?

Meskipun kurang begitu populer, sebenarnya motor dengan 3 silinder itu ada banyak keunggulannya. Berikut merupakan beberapa contoh keunggulan dari motor dengan 3 silinder:

  • Tenaga jauh lebih besar dari motor 2 silinder

Keunggulan yang pertama dari motor dengan 3 silinder itu adalah tenaganya sudah pasti lebih besar dari motor dengan 2 silinder atau bahkan 1 silinder.

Hal tersebut bisa terjadi karena ada 3 piston yang bergerak secara bergantian. Dengan begitu, maka cukup wajar jika performa motor 3 piston ini akan jauh lebih besar dari motor dengan konfigurasi 2 piston.

  • Lebih irit daripada motor 4 silinder

Jika anda bandingkan dengan motor 4 silinder, motor yang memiliki 3 silinder tetap lebih unggul. Salah satu keunggulannya adalah di bagian efisiensi konsumsi bahan bakarnya.

Bila anda bandingkan, konsumsi bahan bakar motor dengan 3 silinder itu jauh lebih irit daripada motor 4 silinder. Namun menariknya, performa motor 3 silinder tidak begitu jauh dari motor 4 silinder.

  • Perawatan lebih mudah

Selain lebih irit konsumsi bahan bakarnya, perawatan motor dengan 3 silinder itu juga lebih murah daripada motor dengan 4 silinder. Hal tersebut karena mesin dengan 3 silinder menghasilkan panas yang lebih sedikit daripada motor dengan 4 silinder.

Karena tidak lebih panas dari mesin motor 4 silinder, maka motor dengan 3 silinder tidak membutuhkan perawatan ekstra.

Apa Kekurangan dari Motor 3 Piston?

Meskipun memiliki banyak keunggulan dari motor 2 silinder dan bahkan 4 silinder, ternyata motor dengan 3 silinder juga masih memiliki kekurangan.

Salah satu kekurangan terbesar dari motor dengan 3 silinder adalah di bagian getarannya. Jika anda bandingkan dengan motor 2 silinder dan 4 silinder, getaran pada motor 3 silinder itu jauh lebih besar.

Hal tersebut karena konfigurasi mesin dengan jumlah silinder ganjil memang memiliki kekurangan di getaran. Semua itu karena gerakan naik turun piston pada mesin 3 silinder terjadi secara tidak seimbang.

Berbeda halnya dengan mesin dengan jumlah silinder genap. Proses naik turunnya piston akan berlangsung secara seimbang. Oleh sebab itu, getarannya juga akan makin kecil.

Beragam Motor 3 Silinder yang Bisa Anda Beli di Indonesia

Harga Motor 3 Silinder

Terlepas dari keunggulan dan juga kekurangannya, motor dengan konfigurasi 3 silinder tetap banyak peminatnya. Hal tersebut bisa anda buktikan dengan banyaknya motor 3 silinder yang sudah dijual secara bebas di Indonesia.

Lalu apa sajakah motor 3 silinder yang bisa anda beli di Indonesia? Berapakah harga motor 3 silinder tersebut? Berikut ini adalah deretan motor 3 silinder yang bisa anda beli di Indonesia:

1. Yamaha MT 09

Motor 3 silinder pertama yang bisa anda beli di Indonesia adalah Yamaha MT 09. Secara sekilas, tampilan motor ini memang seperti MT 15 maupun MT 25. Sebenarnya, MT 15 maupun MT 25 memang dibuat berdasarkan desain dari MT 09 ini.

Motor ini merupakan motor Yamaha dengan mesin berkapasitas 847 cc berkonfigurasi 3 silinder inline crossplane. Dengan menggunakan konfigurasi tersebut, MT 09 bisa mengurangi getaran mesin dengan sangat efektif.

Keunggulan:

  • ┬áMotor 3 silinder dengan getaran paling rendah.
  • Memiliki desain motor touring yang sangat nyaman untuk anda kendarai.
  • Mesin termasuk dingin karena menggunakan sistem pendingin cair beserta angin.

Lalu berapakah harga motor 3 silinder dari Yamaha ini? Untuk anda yang berminat memiliki motor Yamaha MT 09 ini, anda bisa memiliknya dengan kisaran harga Rp 290.000.000.

2. MV Agusta F3

Jika anda menganggap motor Yamaha MT 09 kurang begitu spesial, maka anda bisa memilih MV Agusta F3. Motor ini juga masuk salah satu motor 3 silinder yang bisa anda beli di Indonesia.

Salah satu hal menarik dari MV Agusta F3 ini adalah tampilannya yang begitu sporty dan agresif. Dan selain itu, unit dari MV Agusta F3 ini juga sangat jarang di Indonesia.

Keunggulan:

  • Sudah bisa anda miliki di Indonesia dengan kondisi full paper.
  • Menggunakan mesin 3 silinder tipe inline dengan kapasitas 675 cc.
  • Terdapat sistem 12 valve canggih yang mengatur keluar masuknya bahan bakar.

Dengan menggunakan mesin 3 silinder inline tersebut, MV Agusta F3 ini bisa mencapai kecepatan maksimal 250 kilometer per jam.

Jika anda ingin memiliki motor ini, anda bisa mendapatkannya dengan kisaran harga mulai dari Rp 230.000.000 hingga di Rp 600.000.000 untuk versi paling lengkap.

3. MV Agusta Superveloce 800

Selain MV Agusta F3, masih ada lagi motor MV Agusta 3 silinder yang bisa anda beli langsung di Indonesia. Seri MV Agusta 3 silinder lainnya tersebut adalah Superveloce 800.

Jika anda bandingkan dengan MV Agusta F3, jelas MV Agusta Superveloce 800 ini jauh lebih bertenaga. Hal tersebut karena motor ini mengusung mesin 3 silinder inline dengan kapasitas 798 cc.

Keunggulan:

  • Sudah menggunakan mesin tipe DOHC dengan 12 valve.
  • Memiliki teknologi electronic quick shift.
  • Mesin 3 silindernya juga mampu mencapai putaran 13.000 RPM.

Karena teknologi yang terdapat di dalam motor MV Agusta Superveloce 800 ini lebih banyak, maka tidak heran jika harga motor 3 silinder satu ini juga lebih mahal dari MV Agusta F3.

Untuk bisa membawa pulang motor ini, anda harus menyiapkan dana sekitar Rp 300.000.000. Dan jangan khawatir, harga termasuk sudah OTR di Jakarta.

4. Triumph Rocket 3

Pabrikan motor yang memiliki produk motor dengan 3 silinder bukan hanya Yamaha dan MV Agusta saja. Selain 2 pabrikan tersebut, Triumph juga memiliki cukup banyak produk motor 3 silinder.

Salah satu unggulan dari Triumph adalah Triumph Rocket 3. Motor ini juga sudah masuk secara resmi di Indonesia. Anda bisa mendapatkan motor ini melalui PT. Garda Andalan Selaras.

Keunggulan:

  • Menggunakan mesin 3 silinder dengan kapasitas mesin 2.458 cc.
  • Sudah terdapat fitur cruise control, traction control, stability control dan masih banyak lagi.
  • Terdapat 3 mode berkendara bawaan pabrikan dan 1 mode yang bisa diatur sesuai keinginan pengendara.

Karena memiliki kapasitas mesin yang paling besar, maka sudah pasti harga motor 3 silinder Triumph Rocket 3 ini yang paling mahal dari semua motor 3 silinder. Triumph Rocket 3 ini bisa anda dapatkan dengan kisaran harga termurah Rp 750.000.000.

Bagaimana? Kalau menurut anda, apakah harga motor 3 silinder itu jauh lebih mahal daripada motor dengan 4 silinder?