Harga Nembak Sim A di Indonesia

Beranda / Otomotif / Harga Nembak Sim A di Indonesia

Menurut banyak orang, untuk mendapatkan SIM A secara resmi di Indonesia itu cukup sulit. Ada banyak sekali syarat yang harus anda penuhi. Oleh sebab itu, tidak mengherankan jika banyak orang bertanya mengenai berapa harga nembak Sim A.

Kebanyakan orang yang mempertanyakan mengenai hal tersebut memang lebih tertarik untuk menggunakan jalur khusus dalam pembuatan SIM A.

Lalu kenapa banyak orang lebih tertarik menggunakan jalur khusus untuk membuat SIM A tersebut? Selain itu, berapa biaya untuk pembuatan SIM A jalur khusus tersebut?

Untuk anda yang ingin mengetahui berapa harga nembak Sim A dan juga bagaimana prosesnya, anda bisa pelajari semua hal tersebut di dalam artikel ini.

Kenapa Banyak Orang Tertarik Nembak SIM A?

Sebelum membahas mengenai berapa harga nembak Sim A, pertama-tama anda perlu mengetahui terlebih dahulu alasan orang lebih memilih nembak SIM daripada mengurusnya secara resmi.

Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa banyak orang lebih memilih nembak SIM tersebut:

  • Lebih cepat prosesnya

Alasan pertama kenapa banyak orang lebih memilih nembak SIM daripada menjalani prosesnya secara resmi adalah karena lebih cepat.

Jika anda menjalani prosesnya secara resmi, maka kemungkinan besar anda harus kembali lagi di hari berikutnya. Hal tersebut karena cukup banyak orang yang antri untuk membuat ataupun memperpanjang SIM secara resmi.

  • Lebih mudah

Selain bisa lebih cepat prosesnya, nembak Sim A juga terbukti jauh lebih mudah daripada menjalani prosesnya secara resmi.

Yang pasti, anda sama sekali tidak perlu melakukan apapun selain datang untuk foto SIM saja saat nembak SIM. Berbeda halnya ketika anda membuat SIM dengan cara resmi.

Beragam Keuntungan Nembak SIM A

Seperti yang sudah sedikit dijelaskan, memang nembak SIM A itu bisa memberikan banyak sekali keuntungan. Namun apa saja sebenarnya keuntungannya? Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan jika nembak SIM A:

  • Tidak perlu mengikuti tes

Keuntungan yang pertama jika anda nembak SIM A adalah anda sama sekali tidak perlu mengikuti tes yang cukup sulit.

Jadi anda sama sekali tidak perlu melewati tes mengemudikan mobil, memarkirkan mobil, dan sebagainya. Yang anda perlu lakukan hanyalah datang ke kantor untuk foto SIM saja.

  • Tidak perlu antri

Keuntungan berikutnya jika anda memilih nembak SIM A daripada mengikuti proses resminya adalah anda juga tidak perlu antri.

Hal tersebut karena jalur untuk pembuatan SIM dengan cara khusus ini berbeda dari yang cara resmi. Oleh sebab itu, anda biasanya akan langsung foto jika sudah tiba di kantor.

  • Pasti jadi di hari itu juga

Berbeda dari cara resmi, kemungkinan besar SIM yang anda buat dengan cara khusus juga bisa langsung anda bawa di hari itu juga.

Hal ini kemungkinan sulit jika anda menggunakan jalur resmi. Semua itu karena mau tidak mau anda harus lulus terlebih dahulu dengan ujian SIMnya untuk bisa membawa pulang SIM anda.

Beragam Syarat Untuk Membuat SIM A Dengan Cara Tidak Resmi

Apakah anda tertarik juga untuk nembak SIM A? Jika anda tertarik, maka anda juga perlu mengetahui apa saja syarat yang harus anda persiapkan selain harga nembak Sim A. Berikut ini adalah beberapa syarat yang harus anda persiapkan untuk bisa nembak SIM A dengan mudah:

  • KTP

Syarat pertama yang harus anda persiapkan untuk bisa membuat SIM A dengan cara nembak adalah KTP. Pastikan anda sudah memiliki e-KTP yang terbaru agar proses pembuatan SIM bisa berjalan dengan lancar.

  • Foto

Selain KTP, anda juga harus siap untuk mengikuti sesi foto di kantor. Jadi anda tidak menyiapkan foto sendiri.

Anda harus melakukan foto di kantor. Hal tersebut karena background SIM menggunakan background khusus. Oleh sebab itu, mau tidak mau anda harus datang ke kantor.

Berapa Harga Nembak SIM A di Indonesia?

Harga Nembak Sim A

Setelah mengetahui apa saja syarat yang harus anda persiapkan untuk nembak SIM A, pastinya anda juga tertarik ingin mengetahui berapa harga nembak Sim A tersebut.

Sebenarnya harga yang harus anda bayar untuk nembak SIM A ini berbeda-beda dari satu kota dengan kota lainnya. Selain itu, ada banyak faktor yang juga mempengaruhi biayanya.

Berikut ini merupakan beberapa faktor yang paling sering menjadi faktor penentu harga nembak Sim A:

  • Jalur yang anda gunakan

Hal pertama yang menentukan berapa harga nembak Sim A adalah jalur yang anda gunakan. Seperti yang anda ketahui, ada banyak sekali jalur yang bisa anda gunakan untuk membuat SIM A dengan cara tidak resmi.

Anda bisa menghubungi petugas langsung ataupun menggunakan jasa. Jika anda menggunakan jalur petugas langsung, maka biaya yang harus anda bayar biasanya jauh lebih murah daripada ketika anda menggunakan jasa.

  • Kelengkapan data

Faktor berikutnya yang juga mempengaruhi berapa harga nembak Sim A adalah dari kelengkapan data yang anda miliki.

Semakin lengkap data yang anda butuhkan untuk membuat SIM A, maka biaya yang harus anda bayarkan akan makin murah. Namun jika ada data yang kurang lengkap, maka biasanya ada biaya tambahan yang harus anda bayar.

Lalu berapakah kisaran biaya yang harus anda bayar jika ingin nembak SIM A? Untuk kisaran harga nembak Sim A adalah antara Rp 800.000 sampai Rp 1.500.000.

Langkah-Langkah Untuk Membuat SIM A Dengan Cara Tidak Resmi

Setelah anda mengetahui kisaran harga nembak Sim A, hal berikutnya yang harus anda ketahui adalah bagaimana langkah-langkah untuk membuat SIM A dengan cara nembak tersebut. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat SIM A dengan cara nembak:

  1. Datang langsung ke kantor.
  2. Kemudian, tanyakan kepada petugas yang berada di depan.
  3. Setelah itu, anda bisa melakukan negosiasi harga dengan petugas.
  4. Jika sudah sesuai dengan kesepakatan, maka anda bisa mulai memberikan semua persyaratan untuk membuat SIM A.
  5. Berikutnya, anda bisa masuk ke ruang foto.
  6. Terakhir, anda hanya perlu menunggu SIM anda dicetak.

Bagaimana jika anda ingin menggunakan jasa pembuatan SIM A? Jika anda ingin menggunakan jasa pembuatan SIM A, maka anda bisa datang langsung ke tempat penyedia jasa pembuatan SIM A.

Setelah itu, anda bisa bertanya langsung mengenai berapa harga nembak Sim A di tempat tersebut. Jika anda memang setuju dengan harganya, maka anda bisa langsung memberikan data-data yang dibutuhkan.

Kemudian, anda hanya perlu menunggu informasi jadwal anda untuk foto SIM dari penyedia jasa. Biasanya, penyedia jasa akan memberikan informasi jadwal foto SIM 1 hari sebelumnya.

Bagaimana? Kalau anda sendiri, anda lebih suka membuat SIM A dengan cara resmi atau dengan menggunakan cara tidak resmi?

Namun terlepas dari kemudahannya, sebenarnya anda tetap lebih disarankan untuk membuat SIM A dengan cara resmi. Kenapa? Karena biaya yang harus anda bayarkan jauh lebih murah dari harga nembak Sim A.