Indikator Bensin Motor Full Terus, Apa Penyebabnya?

Beranda / Otomotif / Indikator Bensin Motor Full Terus, Apa Penyebabnya?

Apakah anda pernah kehabisan bensin saat indikator di motor anda masih penuh? Jika anda pernah mengalami indikator bensin motor full terus, anda tidak sendiri. Hal tersebut merupakan masalah yang cukup umum terjadi.

Namun memang, biasanya masalah indikator bensin motor full terus itu hanya terjadi pada motor-motor yang usia pakainya sudah cukup lama. Pada umumnya, motor dengan usia pakai lebih dari 5 tahun adalah yang cukup berisiko mengalami masalah tersebut.

Lalu sebenarnya apa yang menjadi penyebab indikator bensin motor penuh terus seperti itu? Ada banyak sekali penyebabnya. Jika anda tertarik ingin tau apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya, anda bisa pelajari di dalam artikel ini.

Kenapa Indikator Bensin Motor Bisa Full Terus?

Indikator Bensin Motor Full Terus

Untuk anda yang penasaran kenapa indikator bensin motor full terus padahal aslinya kosong, berikut ini adalah beberapa hal yang sering menjadi penyebab masalah tersebut:

  • Pelampung bensin sudah rusak

Hal pertama yang paling sering menjadi penyebab indikator bensin motor full terus padahal aslinya sudah kosong itu adalah karena pelampung motor sudah rusak.

Apa itu pelampung? Pelampung adalah alat yang berfungsi sebagai detektor bensin di dalam tangki. Seperti namanya, fungsi dari alat ini adalah seperti pelampung.

Jika bensin di dalam tangki penuh, maka pelampung akan berada di bagian atas. Dan hal ini akan membuat indikator bensin menunjukkan penuh.

Sedangkan jika bensin di tangki mulai berkurang, maka pelampung akan ikut turun sesuai dengan ketinggian bensin. Dengan begitu, indikator bensin di speedometer juga akan ikut turun.

  • Aki motor sudah kehabisan tegangan

Selain bisa terjadi karena kerusakan pada pelampung, indikator bensin motor full terus ini juga bisa terjadi karena aki motor sudah kehabisan tegangan.

Lalu apa hubungannya antara indikator bensin dengan aki? Untuk motor keluaran baru, semua indikator di speedometer sudah menggunakan teknologi digital. Jadi kinerja indikator sudah tidak menggunakan mekanis lagi melainkan sensor.

Karena sudah menggunakan sensor, maka hal tersebut membutuhkan catu daya. Dan jika aki motor anda drop, maka sudah pasti sensor bensin tidak akan bisa berfungsi.

Selain 2 hal tersebut, biasanya indikator bensin motor full terus itu juga bisa terjadi karena adanya penumpukan kotoran yang cukup banyak di dalam tangki.

Kotoran tersebut bisa menyebabkan mekanisme pelampung ataupun sensor mengalami kerusakan atau terhambat. Dan jika sudah terhambat, maka akibatnya adalah indikator bensin akan penuh terus meskipun aslinya sudah hampir habis.

Cara Mengatasi Indikator Bensin Motor yang Error

Lalu bagaimana caranya mengatasi indikator bensin motor full terus tersebut? Apa yang harus anda perbaiki agar indikator bensin di motor anda bisa berfungsi seperti semula lagi?

Berikut ini merupakan hal-hal yang bisa anda lakukan untuk mengatasi indikator bensin yang penuh terus:

  • Turunkan posisi pelampung motor

Jika anda mulai merasakan indikator bensin di motor anda penuh terus, maka hal pertama yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menurunkan pelampungnya.

Hal ini bisa anda lakukan di motor-motor yang masih menggunakan sistem pelampung mekanis. Dengan menurunkan posisi pelampung, maka anda bisa membuat pelampung lebih sensitif pada kenaikan atau penurunan volume bensin di dalam tangki.

  • Bersihkan pelampung motor

Jika setelah anda menurunkan pelampung juga tetap tidak mengubah indikator bensin, maka hal berikutnya yang bisa anda lakukan adalah membersihkan pelampung motor anda.

Anda bisa membongkar pelampung motor melalui tangki bagian atas. Pastikan pelampung bensin tersebut bisa bergerak dengan bebas.

Bila pelampung tersebut sudah bisa bergerak bebas, maka anda bisa mencoba memasangnya kembali di dalam tangki bensin.

  • Cek apakah pelampung terhubung dengan panel indikator

Jika setelah anda membersihkan pelampung motor, indikator di speedometer masih tetap penuh, maka hal berikutnya yang bisa anda lakukan adalah cek apakah pelampung tersebut sudah terhubung dengan indikator di speedometer.

Selain karena pelampung tidak bisa bergerak, sebenarnya indikator bensin motor penuh terus juga bisa terjadi karena pelampung di dalam tangki bensin tidak bisa terhubung dengan indikator di speedometer.

Hal ini biasanya terjadi karena adanya kerak yang menempel di kutub positif dan negatifnya. Anda bisa mencoba membersihkan kutub positif dan negatif tersebut dengan amplas.

Setelah itu, coba pasang kembali. Jika memang penyebabnya adalah karena kutub positif dan negatifnya tidak bisa terhubung, maka seharusnya sekarang indikator bensin sudah bisa menyesuaikan dengan volume bensin di dalam tangki.

  • Ganti pelampung dengan yang baru

Lalu bagaimana jika semua hal tersebut sudah anda lakukan dan tidak bisa mengatasi masalah indikator bensin motor penuh terus? Jika hal tersebut yang anda alami, maka anda bisa mencoba mengganti pelampung dengan yang baru.

Jika semua hal sudah anda lakukan dan tidak membuahkan hasil, maka kemungkinan besar hal tersebut karena pelampung motor anda sudah benar-benar rusak.

Tips Mencegah Indikator Bensin Error

Setelah mengetahui bagaimana cara mengatasi masalah indikator bensin motor penuh terus, lalu apakah ada cara untuk mencegah agar hal tersebut jangan sampai terjadi?

Sebenarnya ada cukup banyak cara untuk mencegah agar indikator bensin di motor anda tidak mengalami masalah. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan:

  • Rutin menguras tangki bensin

Tips pertama yang bisa anda lakukan jika ingin mencegah masalah indikator bensin motor penuh terus adalah rutin menguras tangki bensin.

Kenapa anda harus rutin menguras tangki bensin? Dengan rutin menguras tangki bensin, maka secara tidak langsung anda bisa mengurangi penumpukan kotoran yang ada di dalam tangki.

Dengan begitu, maka kinerja pelampung bensin di motor anda tidak akan mengalami gangguan. Lalu kapan anda harus menguras tangki bensin motor anda? Anda bisa menguras tangki bensin motor anda setiap 1 tahun sekali.

  • Bersihkan pelampung secara rutin

Selain membersihkan tangki secara rutin, anda juga sebaiknya rutin membersihkan pelampung bensin. Jadi ketika anda menguras tangki, ada baiknya anda sekaligus membersihkan bagian pelampung.

Dengan membersihkan pelampung, maka mekanisme pelampung tidak akan bermasalah lagi. Dan jika memang bermasalah, anda bisa langsung menggantinya dengan yang baru.

  • Rutin cek tegangan aki

Bukan hanya rutin menguras tangki dan membersihkan pelampung saja, untuk anda yang tidak ingin mengalami masalah seperti indikator bensin motor full terus, maka anda juga wajib harus rutin cek tegangan aki.

Pastikan aki motor anda memiliki tegangan minimal 12V. Jika tegangan aki sudah kurang dari 12V, ada baiknya segera charge ulang atau ganti dengan yang baru.

Dengan melakukan semua tips tersebut, maka seharusnya indikator bensin di motor anda tidak akan bermasalah lagi. Bagaimana? Sebenarnya tidak sulit bukan mengatasi dan mencegah indikator bensin motor full terus itu?