Jalur Kiprok Mio M3 Asli dari Pabrikan

Beranda / Otomotif / Jalur Kiprok Mio M3 Asli dari Pabrikan

Salah satu komponen kelistrikan pada motor Yamaha Mio M3 yang cukup sering mengalami kerusakan itu adalah kiprok atau regulator. Oleh sebab itu, jika anda pemilik motor tersebut, maka mau tidak mau anda harus paham dengan jalur kiprok Mio M3.

Jika anda paham dengan jalur dari kiproknya, maka anda bisa dengan mudah mengatasi jika sewaktu-waktu komponen tersebut mengalami kerusakan.

Lalu seperti apakah jalur kiprok Mio M3 asli dari pabrikan itu? Untuk anda yang ingin mempelajari jalur dari kiprok motor Yamaha Mio tersebut, anda bisa pelajari jalurnya di dalam artikel ini.

Berbagai Faktor Penyebab Kerusakan Pada Kiprok

Seperti yang sudah disebutkan, memang jalur kiprok Mio M3 sangat sering mengalami kerusakan. Sebenarnya apa yang paling sering menjadi penyebab kerusakan tersebut?

Berikut ini adalah beberapa hal yang biasanya paling sering menjadi penyebab kerusakan pada kiprok motor Yamaha Mio M3:

  • Usia pakai

Faktor pertama yang memang paling sering menjadi penyebab kerusakan pada komponen kiprok pada motor Yamaha Mio M3 adalah karena usia pakai.

Motor Yamaha Mio M3 bukanlah motor yang tergolong baru lagi. Oleh sebab itu, tidak heran jika motor tersebut banyak mengalami kerusakan di bagian kiprok.

Pada umumnya, motor memang akan mulai perlu melakukan penggantian kiprok setelah anda kendarai selama kurang lebih 5 tahun.

  • Penggunaan bohlam lampu yang tidak standard

Selain karena usia pakai, kerusakan kiprok pada Yamaha Mio M3 juga bisa terjadi karena faktor penggunaan bohlam lampu yang tidak sesuai dengan standard.

Saat ini, ada banyak orang menggunakan lampu halogen ataupun lampu LED. Meskipun lampu tersebut bisa meningkatkan pencahayaan saat malam hari, namun lampu-lampu tersebut akan membebani kiprok.

Jika anda terus menerus membebani kiprok, maka lama kelamaan kiprok juga akan mengalami kerusakan karena overheat.

Beragam Dampak Kerusakan Pada Kiprok

Setelah mengetahui apa saja faktor yang menjadi penyebab kerusakan pada kiprok motor Yamaha Mio M3, tentunya anda juga ingin mengetahui bukan dengan apa saja dampak dari kerusakan kiprok itu?

Ketika kiprok motor anda rusak, maka berikut ini adalah beberapa dampak yang akan anda alami:

  • Lampu tidak menyala dengan terang

Saat kiprok motor anda mulai bermasalah, maka dampak yang pertama kali akan anda rasakan adalah lampu motor tidak akan menyala dengan terang.

Hal ini memang tidak selalu terjadi karena kerusakan pada kiprok saja. Kondisi seperti ini juga terkadang bisa terjadi karena kerusakan pada spull.

  • Lampu depan sering putus

Selain tidak menyala dengan terang, lampu di bagian depan juga akan sering putus jika kiprok motor anda bermasalah.

Hal ini terjadi karena tegangan listrik dari spull sudah tidak teregulasi lagi oleh kiprok. Karena tidak ada yang membatasi, maka tegangan listrik dari spull langsung masuk ke lampu depan.

Lama kelamaan, lampu depan motor Yamaha Mio M3 yang anda miliki akan putus karena mendapatkan aliran tegangan listrik yang melebihi batasan.

  • Double starter tidak bisa anda gunakan

Dampak berikutnya jika kiprok motor Yamaha Mio M3 mengalami kerusakan adalah double starter tidak bisa anda gunakan.

Hal tersebut karena aki motor soak. Ketika aki soak, maka double starter tidak akan bisa anda gunakan. Jadi mau tidak mau anda harus menghidupkan mesin motor Yamaha Mio M3 dengan cara manual.

Jalur Kiprok Mio M3 Sesuai Dengan Standard Pabrikan

Jalur Kiprok Mio M3

Jika memang kiprok motor Yamaha Mio M3 yang anda miliki terindikasi mengalami kerusakan, maka mau tidak mau anda harus melakukan pengecekan terlebih dahulu.

Untuk bisa melakukan pengecekan, maka anda wajib harus mengetahui jalur kiprok Mio M3. Berikut ini adalah penjelasan mengenai jalur dari kiprok motor Yamaha Mio M3 tersebut:

Pin nomor 1

Pin nomor 1 yang ada di kiprok Yamah Mio M3 merupakan jalur pengisian aki kutub positif. Pin nomor 1 ini menghubungkan langsung antara kiprok dengan aki menggunakan kabel warna merah.

Pin nomor 2

Kemudian pin nomor 2 yang berada tepat di samping kanan pin nomor 1 adalah jalur untuk lampu depan atau lampu utama. Pin nomor 2 ini terhubung dengan jalur lampu depan menggunakan kabel yang berwarna kuning.

Pin nomor 3

Setelah itu pin nomor 3 yang berada tepat di bawah pin nomor 2 adalah jalur massa. Pin nomor 3 ini berfungsi sebagai ground atau kutub negatif.

Pin nomor 4

Terakhir adalah jalur pada pin nomor 4 yang berada di bawah pin nomor 1. Pin ini adalah jalur pengisian dari spull ke aki motor. Jalur pengisian dari spull ini terhubung dengan menggunakan kabel berwarna putih.

Beragam Persamaan Kiprok Mio M3

Seperti halnya kebanyakan pabrikan motor, Yamaha tidak membuat kiprok khusus untuk motor tipe Mio M3. Oleh sebab itu, sebenarnya kiprok dari Yamaha Mio M3 ini juga digunakan di tipe lain.

Karena juga terpakai di tipe motor lain, maka anda sebenarnya bisa mengganti kiprok Mio M3 yang rusak dengan kiprok yang sejenis. Berikut ini adalah persamaan kiprok untuk Mio M3 tersebut:

  • Mio J
  • Mio Soul GT

Jadi jika anda kesulitan mendapatkan kiprok original untuk motor Mio M3, maka anda bisa menggantinya dengan kiprok untuk Mio Soul GT ataupun Mio J.

Apakah Mio Karbu Juga Menggunakan Kiprok yang Sama Dengan Mio M3?

Cukup banyak orang menganggap bahwa jalur kiprok Mio M3 juga sama dengan Mio karburator atau Mio lama. Namun sayangnya, kiprok untuk Mio lama ternyata berbeda dengan Mio M3.

Jika anda perhatikan, jumlah pin pada kiprok Mio lama dengan Mio M3 memang sama yaitu ada 4 pin. Hanya saja, penempatan atau jalur kiprok Mio lama itu berbeda dengan tipe M3.

Pada Mio lama, pin nomor 1 merupakan jalur untuk massa. Sedangkan jalur nomor 2 adalah jalur untuk pengisian aki. Kemudian jalur nomor 3 adalah jalur untuk lampu bagian depan. Dan terakhir jalur nomor 4 adalah jalur pengisian aki kutub positif.

Jadi meskipun jumlah pin pada kiprok Mio versi lama itu sama dengan Mio M3, kiproknya tidak akan berfungsi jika anda gunakan. Hal tersebut karena jalurnya tidak sama.

Tips Mengganti Kiprok Motor Mio M3 yang Rusak

Untuk anda yang mengalami masalah pada bagian kiprok di motor Yamaha Mio M3, maka anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini jika ingin menggantinya:

  • Ganti dengan yang original

Jika anda ingin mengganti kiprok Mio M3 yang rusak, pastikan untuk menggantinya dengan yang original. Kenapa? Hal tersebut karena kiprok original itu terbukti jauh lebih awet daripada kiprok aftermarket.

  • Ganti dengan tipe yang sama

Bila anda memang tidak bisa mendapatkan kiprok original milik Mio M3, maka setidaknya gunakan kiprok dari tipe motor lain yang original. Meskipun tidak satu tipe, setidaknya anda masih menggunakan kiprok original pabrikan.

Bagaimana? Cukup mudah bukan sebenarnya untuk memahami jalur kiprok Mio M3 itu? Kalau anda sendiri, apakah anda sudah pernah mengganti kiprok pada motor Yamaha Mio M3 yang anda miliki?