Jenis Jenis Motor Custom Paling Laris di Indonesia

Beranda / Otomotif / Jenis Jenis Motor Custom Paling Laris di Indonesia

Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki banyak aliran modifikasi motor. Namun demikian, tidak semua aliran modifikasi motor itu banyak peminatnya. Lalu apa saja jenis jenis motor custom yang paling banyak peminatnya di Indonesia?

Jika anda ingin mengetahui apa saja aliran modifikasi motor yang paling laris di Indonesia beserta dengan ciri-cirinya, maka anda bisa membaca penjelasan lengkapnya di dalam artikel ini.

Kenapa Banyak Orang Indonesia Suka Motor Custom atau Modifikasi?

Sebelum membahas mengenai apa saja jenis jenis motor custom yang paling laris peminatnya di Indonesia, anda perlu mengetahui terlebih dahulu mengenai kenapa banyak orang Indonesia yang suka dengan motor custom atau modifikasi.

Berikut adalah beberapa alasan kenapa orang lebih suka dengan motor custom daripada motor original bawaan pabrikan:

  • Tidak sama dengan motor milik orang lain

Meskipun satu aliran motor custom, hampir tidak mungkin ada yang memiliki bentuk yang sama persis. Itulah salah satu alasan kenapa banyak orang Indonesia suka dengan motor custom.

Dengan mengendarai motor custom, mereka benar-benar bisa mengendarai motor yang berbeda dari milik orang lain.

  • Bisa menyesuaikan dengan apa yang paling anda inginkan

Selain bisa merasakan mengendarai motor yang tidak dimiliki oleh orang lain, banyak orang Indonesia suka dengan motor custom karena mereka bisa membuat motor sesuai dengan apa yang mereka sukai.

Hal ini tidak mungkin bisa anda dapatkan dari motor bawaan pabrikan. Masing-masing motor pabrikan biasanya tetap memiliki bagian yang kurang anda sukai.

Berbeda halnya ketika anda mengendarai motor custom, semua bagian motor custom pasti sangat anda sukai. Kenapa? Karena motor tersebut memang dibuat sesuai dengan keinginan anda.

Jenis Jenis Motor Custom Paling Banyak Ditemukan di Indonesia

Jenis Jenis Motor Custom

Seperti yang sudah disebutkan, di Indonesia ada banyak sekali jenis motor custom. Dari sekian banyak jenis, ada beberapa yang memang cukup banyak peminatnya. Berikut ini adalah jenis jenis motor custom yang cukup banyak peminatnya di Indonesia:

1. Street cub

Jenis motor custom pertama yang cukup banyak jumlahnya di Indonesia adalah street cub. Sekilas, motor street cub ini memang tidak mendapatkan terlalu banyak ubahan dari motor bawaan pabrikan.

Karena tidak mendapatkan terlalu banyak ubahan, maka street cub ini adalah motor custom yang biaya pembuatannya paling murah.

Ciri-ciri:

  • Masih terlihat seperti motor bebek.
  • Menggunakan stang yang terbuka seperti halnya motor sport.
  • Spakbor belakang biasanya sudah tidak digunakan lagi.
  • Menggunakan kaki-kaki yang berukuran besar.

Motor custom seperti street cub ini biasanya dibuat dengan menggunakan motor keluaran lama seperti Honda Grand, Honda C70, dan juga Honda Prima.

2. Jap Style

Selain street cub, jenis motor custom berikutnya yang populasinya juga sangat banyak di Indonesia adalah jap style. Jap style ini adalah jenis motor custom yang terinspirasi dari negara Jepang.

Kenapa banyak orang menggunakan jap style? Hal tersebut karena jap style ini memiliki desain yang sangat minimalis. Karena begitu minimalis, maka tidak heran jika motor jap style sangat cocok untuk anda kendarai sehari-hari.

Ciri-ciri:

  • Menggunakan stang dengan desain semi hanger.
  • Ukuran spakbor di bagian depan dan belakang cukup minim.
  • ┬áJok biasanya menggunakan desain single seater.
  • Tangki bensin berukuran kecil.
  • Area mesin biasanya terlihat sangat bersih dari komponen.

Karena jap style ini juga mengusung tema minimalis seperti layaknya street cub, maka hampir semua tipe motor sport keluaran lama bisa anda ubah menjadi motor jap style.

Dan menariknya lagi, biaya untuk pembuatan motor jap style ini juga sangat terjangkau. Hal tersebut karena motor jap style tidak menggunakan terlalu banyak komponen tambahan.

3. Chopper

Untuk anda yang suka dengan motor Harley Davidson, maka anda juga pasti suka dengan motor custom dengan nama chopper.

Jika anda perhatikan, motor custom chopper ini memiliki desain yang sama persis seperti kebanyakan motor Harley Davidson.

Ciri-ciri:

  • Menggunakan stang yang melengkung mendekati pengendara.
  • Memiliki suspensi depan yang sangat panjang dan biasanya memiliki sudut hampir 45 derajat.
  • Kebanyakan motor chopper juga tidak menggunakan suspensi.
  • Posisi riding biasanya sangat rendah.
  • Menggunakan knalpot dengan suara yang menggelegar.

Dari sekian banyak motor custom, chopper ini adalah salah satu motor custom yang cukup sulit pembuatannya. Hal tersebut karena dalam proses pembuatan perlu melakukan kalibrasi dengan orang yang akan mengendarainya.

Jika proses kalibrasi ini dilewatkan, maka kemungkinan besar pengendara justru tidak akan bisa menikmati kenyamanan saat mengendarai motor choppernya nanti.

Lalu motor apakah yang paling banyak digunakan sebagai basic pembuatan motor chopper ini? Hampir semua motor bisa anda gunakan sebagai basic motor chopper. Namun biasanya, kebanyakan orang hanya menggunakan mesin motornya saja.

Sedangkan untuk rangka biasanya akan sepenuhnya dibuat secara custom menyesuaikan dengan kebutuhan dari pengendara.

4. Scrambler

Jenis motor custom berikutnya yang juga cukup banyak jumlahnya di Indonesia adalah scrambler. Jika anda perhatikan, scrambler ini memang terlihat mirip dengan tracker.

Namun sebenarnya, tracker dan scrambler ini memiliki banyak perbedaan. Hal yang paling membedakan antara scrambler dan tracker adalah di ground clearance. Motor scrambler ground clearancenya yang lebih tinggi.

Ciri-ciri:

  • Biasanya menggunakan ban tipe dual purpose.
  • Memiliki tangki yang bentuknya membulat.
  • Lampu depan juga biasanya dipilih yang memiliki bentuk bulat.
  • Untuk bagian stang biasanya menggunakan jenis fatbar.
  • Knalpot berada di bagian atas mendekati jok.
  • Jok biasanya hanya untuk satu orang saja dan berbentuk datar.

Seperti halnya motor chopper, motor custom scrambler ini juga bisa anda buat menggunakan basic motor sport apapun.

Namun karena motor scrambler ini banyak mengubah bentuk, maka sudah pasti proses pembuatannya juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Selain itu, motor scrambler ini juga membutuhkan banyak komponen tambahan mulai dari velg, ban, lampu depan, dan bahkan tangki custom.

5. Cafe Racer

Selain scrambler, cafe racer juga menjadi salah satu jenis motor custom yang banyak peminatnya di Indonesia. Seperti namanya, motor ini memang menggunakan desain seperti halnya motor balap pada masa lalu.

Karena menggunakan desain motor balap, maka sudah pasti posisi berkendara motor cafe racer ini tidak akan senyaman motor-motor custom lainnya.

Ciri-ciri:

  • Menggunakan stang jenis underyoke.
  • Tangki bahan bakar biasanya memanjang.
  • Di bagian buritan menggunakan desain seperti tawon.

Selain itu semua, cafe racer ini juga terdiri dari 2 macam jenis. Ada cafe racer yang tidak menggunakan fairing dan ada juga yang menggunakan fairing.

Untuk proses pembuatannya, cafe racer ini bisa anda buat menggunakan basic motor sport apapun. Dan menariknya, proses pembuatan cafe racer ini sebenarnya cukup mudah karena hanya perlu melakukan pemotongan rangka saja.

Jadi bagaimana? Dari sekian banyak jenis jenis motor custom yang sudah dibahas, manakah yang paling anda sukai?