Kenapa HP Tidak Ada Suara? Ini Beragam Penyebabnya

Beranda / Tips & Trik / Kenapa HP Tidak Ada Suara? Ini Beragam Penyebabnya

Semakin canggih teknologi di dalam HP, maka tidak heran jika makin banyak juga masalah yang bisa terjadi. Salah satu masalah yang paling sering terjadi adalah HP tidak mengeluarkan suara. Lalu kenapa HP tidak ada suara?

Sebenarnya ada banyak sekali hal yang bisa menjadi penyebab HP tidak bersuara. Dan masing-masing penyebabnya membutuhkan penanganan yang berbeda.

Oleh sebab itu, jika anda ingin mengetahui bagaimana cara menangani HP yang tidak bersuara, maka anda harus mengetahui terlebih dahulu apa saja penyebabnya.

Lalu apa sajakah penyebab HP sampai tidak bersuara? Jika anda ingin mengetahui mengenai hal tersebut, anda bisa pelajari macam-macam penyebabnya di artikel ini.

Macam-Macam Faktor Penyebab HP Tidak Ada Suara

Kenapa HP Tidak Ada Suara

Seperti yang sudah disebutkan, ada banyak sekali yang bisa menjadi penyebab HP tidak bersuara. Untuk anda yang ingin mengetahui kenapa HP tidak bersuara, berikut ini adalah beberapa faktor penyebabnya:

1. Volume terlalu kecil

Faktor pertama yang paling sering menjadi penyebab kenapa HP tidak bersuara adalah karena volume terlalu kecil.

Seringkali pengguna HP tidak sengaja menurunkan volume sampai maksimal. Ketika volume diturunkan sampai maksimal, maka sudah pasti HP tidak akan bersuara.

Selain tidak bersuara, biasanya HP yang volumenya terlalu kecil itu juga akan bergetar saat ada notifikasi masuk. Hal tersebut karena getaran akan menjadi pengganti dari suara di sebuah handphone.

2. Masih terhubung dengan speaker atau earphone Bluetooth

Selain karena tidak sengaja menurunkan volume hingga maksimal, handphone tidak mengeluarkan suara juga bisa jadi karena masih terhubung dengan speaker ataupun earphone Bluetooth.

Dengan makin banyaknya speaker ataupun earphone berteknologi bluetooth, banyak orang juga lebih memilih menggunakan speaker ataupun earphone Bluetooth tersebut.

Masalahnya, saat menghubungkan HP dengan speaker ataupun earphone Bluetooth, terkadang banyak orang lupa memutuskan hubungan dengan perangkat tersebut.

Ketika HP masih terhubung dengan perangkat speaker ataupun earphone Bluetooth, maka secara otomatis handphone tidak akan mengeluarkan suara.

3. Crash dengan aplikasi tertentu

Selain karena masih terhubung dengan speaker ataupun earphone Bluetooth dan juga tidak sengaja mengecilkan volume hingga maksimal, handphone tidak mengeluarkan suara juga bisa karena crash dengan aplikasi tertentu.

Ada beberapa aplikasi yang terkadang bisa menyebabkan HP tidak bersuara. Hal ini biasanya terjadi karena memang adanya file yang menyebabkan speaker HP tidak bekerja.

4. Crash dengan pembaruan sistem operasi

Selain karena crash dengan aplikasi tertentu, HP yang tidak mengeluarkan bunyi juga bisa karena crash dengan pembaruan sistem operasi.

Hal ini biasanya paling sering terjadi pada HP Android. Ketika selesai update sistem operasi, terkadang ada beberapa bug yang muncul pada HP.

Salah satu bug yang cukup sering muncul adalah bug pada bagian suara. HP Android yang mengalami bug biasanya tidak akan mengeluarkan bunyi meskipun volumenya sudah anda naikkan sampai maksimal.

5. Adanya kerusakan pada speaker HP

Alasan berikutnya kenapa HP tidak ada bunyi adalah karena memang ada kerusakan pada speaker HP. Kerusakan pada speaker HP ini biasanya terjadi karena beberapa alasan.

Beberapa hal yang paling sering menjadi penyebab kerusakan pada bagian speaker HP adalah karena terlalu sering menggunakan HP dengan volume maksimal. Selain itu, kerusakan tersebut juga bisa karena HP kemasukan air.

Langkah-Langkah Untuk Cek Kenapa HP Tidak Ada Suara

Anda sudah mengetahui berbagai macam faktor yang bisa menjadi penyebab kenapa HP tidak bersuara. Namun masalahnya, bagaimana cara untuk mengetahui manakah faktor yang menjadi penyebab HP anda tidak mengeluarkan bunyi.

Untuk anda yang ingin mengetahui manakah faktor yang membuat HP anda tidak mengeluarkan bunyi, anda bisa coba lakukan pengecekan dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Jika HP anda tiba-tiba tidak mengeluarkan suara, maka pertama kali cobalah untuk menaikkan volumenya terlebih dahulu.
  2. Setelah anda naikkan volumenya, cek apakah suara sudah keluar.
  3. Bila suara HP masih belum keluar, maka coba cek apakah HP anda masih terhubung dengan speaker ataupun earphone Bluetooth.
  4. Jika HP anda masih terhubung dengan perangkat Bluetooth, segera putuskan hubungannya. Kemudian, coba putar lagu dan dengarkan apakah HP anda sudah mengeluarkan suara.
  5. Untuk HP yang masih belum bisa mengeluarkan suara, anda bisa coba hubungkan HP tersebut dengan speaker ataupun earphone.
  6. Selanjutnya, coba mainkan lagu di HP. Cek apakah suara sudah keluar dari speaker ataupun earphone yang anda hubungkan ke HP.
  7. Bila speaker ataupun earphone yang anda hubungkan ke HP juga tidak mengeluarkan suara, maka ada kemungkinan kenapa HP tidak ada suara dikarenakan ada crash pada sistem maupun aplikasi.
  8. Berikutnya, anda bisa coba uninstall aplikasi yang terakhir kali anda install di HP tersebut. Selain itu, anda juga bisa reset pengaturan HP ke pengaturan awal.
  9. Jika hal tersebut juga masih belum membuat HP anda bisa mengeluarkan suara, maka kemungkinan memang ada kerusakan pada speaker HP yang anda miliki.

Cara Mengatasi HP Tidak Ada Suara Dengan Aplikasi Bantuan

Untuk anda yang memiliki HP Android dan bermasalah dengan speaker bawaannya, maka anda tidak perlu bingung.

Selain mencoba berbagai macam cara yang sudah disebutkan di artikel ini, andapun bisa mencoba mengatasi HP yang tidak ada suaranya tersebut dengan menggunakan aplikasi khusus.

Aplikasi yang bisa anda gunakan untuk mengatasi HP Android yang tidak mengeluarkan suara adalah Speaker Tester and Cleaner.

Untuk anda yang masih mempertanyakan mengenai kenapa HP tidak ada suara dan ingin mengetahui bagaimana cara menggunakan aplikasi tersebut, anda bisa ikuti panduan berikut ini:

  1. Pertama, download dan install aplikasi Speaker Tester and Cleaner dari Playstore.
  2. Setelah aplikasi tersebut berhasil anda install, jalankan aplikasinya di HP anda.
  3. Jika sudah berhasil masuk ke dalam aplikasinya, anda bisa menekan tombol Start untuk memulai pengecekan.
  4. Setelah anda menekan tombol Start, maka speaker HP anda akan mengeluarkan suara jika memang tidak ada masalah. Namun jika speaker anda tidak mengeluarkan suara, maka anda bisa melanjutkan ke pengecekan berikutnya.
  5. Selain menekan tombol Start, anda juga bisa melakukan pengecekan dengan memilih kolom Clean. Dengan menekan tombol Clean, maka HP akan melakukan pembersihan otomatis dengan semua hal yang berhubungan dengan speaker HP anda.
  6. Jika proses pembersihan speaker sudah selesai, maka anda bisa tes kembali speaker HP anda dengan menekan tombol Start.

Jika memang aplikasi tersebut tidak bisa membuat HP anda kembali mengeluarkan suara, maka ada kemungkinan speaker internal di HP anda memang mengalami kerusakan.

Untuk lebih lanjutnya, anda bisa membawa HP anda ke service center resmi ataupun ke tempat servis HP terdekat dari rumah anda.

Jadi bagaimana? Sekarang anda sudah mengetahui bukan mengenai kenapa HP tidak ada suara? Kalau anda sendiri, apa yang menjadi penyebab HP anda tidak mengeluarkan suara lagi?